Tanya: Baby 4bulan minum ASIP 3bulan yg lalu bagaimana?

Malam dok…

Mohon informasinya… Jika bayi usia 4 bulan, bolehkah minum stok asip 3 bulan lalu (pompa pada saat bayi usia 1 bulan)  apa efek pada pertumbuhanya? Mohon dijawab ya dok. Terima kasih :)

Jawab:

Hai Ibu..
Boleh-boleh saja kok.. efeknya apa?.. mm memang sih sebaiknya ASI langsung paling baik, bila ga ada, ASIP terdekat umur masi gapapa, ga ada lagi, ASIP jauh umur pun gapapa. Cuma ya kandungan gizi dikit2 ada yg berkurang, tapi tenang, ASIP jauh umur sekalipun, masih jauuuuuuuuuuhhhhhhhh lebih bagus daripada babynya dapat susuformula untuk segi kandungan gizi yah…

Semoga bermanfaat

Relaktasi

Relaktasi itu adalah mm.. menyusui kembali istilahnya.

Casenya ga hanya dari payudara yang sudah tidak ada ASInya.. tapi istilah ini juga berlaku untuk case bayi bingungputing.

Yah, seperti kita tau jahatnya DOT/kempeng makanya smp dilarang sama WHO dan dicantumkan dalam butir 9 dalam 10 langkah menuju keberhasilan menyusui. Karena si DOT/kempeng nyotnyot ini yang bikin bingungputing 8-9 dari 10 bayi yang ngeDOT. Nah loo…banyak kaaannn…

jadi kalau dimasyarakat ada yang ngASI nya hanya 7-8bulan, Ibu bekerja, trus dikatakan bayinya ga mau nyusu lagi, atau ASInya abis padahal baru ngASI 10bulanan atau kurang bahkan… nahh inilah si bingungputing. Lengkapnya bingungputing baca disini yaa

Ok, forget the past..sekarang mikirin how to how to nya … stepnya :

1. Stop DOT

yaiyalaaahh..penyebabnya gara2 DOT, ya DOTnya distop…buang aja robek2..jangan kasi ketetangga..nyelakain anak tetangga namanya…kita ga mau anak kita ngeDOT eh kasi ke tetangga…

Trus kasi ASIPnya gimana ?

pilihannya adalah cupfeeding …tapi kalo proses relaktasi kita bantu dengan suplementasi…

tapi sebelum suplementasi, ada langkah

no  1,5 kali yaaa sebelum 2 yaitu…

dekap erat bayi dan ibu, intim, tanpa orang lain…agar bayi mau tempelan lagi sama ibu. Bayi udah mau tempelan…yuk bantu suplementasi

2. Suplementasi.

kenapa suplementasi ? …

Remind dikit tentang anfis menyusui.

Jadi, yang merangsang produksi ASI adalah kenyotan bayi ..terutama dengan latchOn yang bener (means latchOn bayi ga pernah kenal DOT). Karena : latchOn adalah bayi kenalnya lidah perah-perah areola, lidah gerak-gerak baru bisa dapat ASI…

kalo ngeDOT : lidah diem aja, taunya mulut membuat suasana vaccum (sedot) agar bayi dapat susu..

Sungguh suatu mekanisme yang sangat-sangat berbeda…

Nah..balik lagi, yang bisa merangsang produksi ASI adalah kenyotan bayi latchOn bener yaa..jadi ceritanya, kita harus “paksakan” bayi kembali bisa kenyot2 dengan latchOn bener..dengan cara terus dijejelin PD ibu.

Nah, sekarang uda mau nempel-nempel , uda mau jilat-jilat, uda mau isep-isep PD ibu lagi..ga ada isinya…atau isinya kurang deres…bayinya ngamuuukk…

Jadi untuk memberi kesan bayi tidak ngisep “percuma”…dipasangkanlah suplementasi ini…

Isinya ? ASIP bagus bangeett…tp kalo ga ada..dan menolak donor, ya mau ga mau susuformula…

Jadi Bayi ga ngamuk, karena PD nya ada isinya, walau berasal dari selang.

Kalo uangnya banyak…hohoho..boleh pake medela suplementer kita bilang, kaya ini :

medela suplementerharganya sekitaran 700-800ribu ya..

Tapi aku suka ajarin pasien pake cara yg murahan (kurleb ga sampe 50ribu 1 setnya), yaitu :

Beli 1. NGT (naso gastric tube) atau feeding tube (selang untuk makanan bayi) no 5FR 40cm. Musti tepat yaaa…ada yg no 8FR 40cm ada yang 5FR 100cm …ati2…jadi jangan sampai salah

kaya gini nih

ngt 5fr 40cm2. Beli syringe (spuit) atau suntikan 50cm ga usah pake jarumnya.

Nah, lalu ujung NGT (yang warna hijau) dimasukan ke ujung spuit tadi..

kaya gini : (terlihat difoto ini sudah diisi susu)

spuit dan syringeSebelum dituang susu, lekatkan ujung NGT pada pas ujung puting bagian tengah sisi PD ya (sisi dalam) dan benar2 pas dengan ujung puting…

saran jangan kelebihan, jangan terlalu dekat ke areola…jd usahakan yg pas ya…

pasang di sisi dalamLalu rekatkan dengan plester putih ini , aku bilang micropore namanya, entahlah ada yg bilang namanya 3m (belanjaan yang ke3 beli yg ukuran 1/2 inci).

1 dilekatkan di areola (keisep-isep bayi gapapa)..pake plester ini kalo nyopot ga sakit, ga kaya plester coklat

1 lagi lekatkan didada ibu…

Ujung spuit, bisa dipegangin (minta bantuan orang) atau ujungnya kasi tali..bisa dikalungin..jadi kaya medela suplementer juga kan…

Heuheuheu…well, ga semua org bisa beli itu alat 700ribu kaann…minimal sebaiknya punya 2 set lagi, 1 di pakai, 1 dicuci misalkan… Seminggu kira-kira membutuhkan 2 syringe dan 3 selang NGT

Trus bersihkannya cukup dengan cuci bersih, boleh dengan sabun botol, lalu bilas air matang panas yaa (air dispenser)…ga perlu disteril gpp. Ujuang suntikannya tetap dipasang agar suasana vaccum. Bila bayi sudah baik menghisapnya, akan turun sendiri batas kehitaman suntikan, bila kurang bisa, dapat dibantu dorong sedikit-sedikit agar ASI keluar

suplementasi3. step 3 adalah dibantu obat. Bisa dengan domperidon, biasanya awal diberikan 3x3tab. Belinya yg generik saja, efeknya sama, harganya murah, karena consumednya akan banyak. Minumnya awal 2 minggu, lalu turun bertahap 1 tablet setiap minggu. Dan saran dibawah pengawasan dokter.

Ini fungsinya adalah petugas pengusir apapun yang menghalangi produksi hormon prolaktin atau hormon yang bertanggung jawab dalam memproduksi ASI.

tapi yg harus diingat, domperidon ini bukan short cut…minum domperidon doang tapi ga di kenyot2…sama aja boong…

Dia kan cuma petugas pengusir, sementara petugas dapur ngebulnya adalah tetep kenyotan bayi…

naaahhh, paham gak analoginya.

….

Suplementasi bisa turun bertahap beberapa hari sekali, ikut produksi ASI dari PD ibu. Bila produksi ASI ibu meningkat, lama2 bayi sudah kenyang dapat ASI dr PD ibu…suplementasi tidak diperlukan lagi.

dan ibu pun kembali bisa menyusui bayi seperti semula…

hasil akan sangat berpengaruh tiap individu yaaa.. tapi selama perjalananku handle relaktasi, bayi <6bulan positif banget hasilnya 98% ALhamdulillah berhasil. Yang 2 % gagal karena, maaf..keluarga bayi tidak sabar dan menyerah..

Relaktasi bayi terbesarku bayi usia 9bulan, hanya pernah nyusu 1bulan..dengan kegigihan keluarga bayi..Alhamdulillah berhasil juga, dan lepas suplementasi ga sampai 2bulan..

see, positif kaaannn…walau dengan perjalanan panjang

Jadi kesimpulannya untuk relaktasi : stop DOT, dekap erat, cupfeeding, nyotkenyot, suplementasi, domperidon..

untuk lebih jelasnya, consult sama konselor laktasi nya yah…tapi kurang lebih seperti ini penatalaksanaannya..

sekian, semoga bermanfaat

Tanya : Simpan ASIP di Plastik Gimana ?

Dear Dokter Rani,

Sy Ibu N,, mamanya A usia 2mo3wk, sy working mom, sdh menyimpan asip utk stok saat msk kerja nanti (dr bln Okt,sy msk Jan). Tp asip sy freezerkan di Natur breastmilk storage bag, ada tulisannya BPA free tp tdk ada gbr segitiga dalemnya angka 5. Is it okay dok? Sy tdk simpan d botol kaca krn pertimbangan tempat penyimpanan aja, natur bs muat byk asi n tdk mkn t4.

Mhn pencerahan ya dok…

Jawab :

Hai Ibu N ..
Senangnya dengar pertanyaan ini dari sesama pejuang ASI..
Tidak apa kok bila penyimpanan dengan plastik apapun sebetulnya bahkan plastik gula kiloan sekalipun. Walaupun untuk amannya menggunakan plastik foodgrade atau PP5 ya. Permasalahan itu plastik yang non food grade adalah bila terkena pemanasan, dikawatirkan partikel-partikel plastik akan ikut terlarut. Jadi yang harus dilakukan adalah, sebelum nanti dipanaskan, pindahkan ke botol atau gelas kaca yaaa…

Step nya :
1. sebelum digunakan, plastik berisi ASIP diturunkan dari freezer ke chiller (kulkas bawah) selama 24 jam.
2. Plastik isi ASIP mau digunakan, dikeluarkan dan direndem air dingin..sampai bekuannya hilang semua.
3.ASIP yang sudah cair tadi dalam plastik dituang ke gelas atau botol kaca.. nah baru direndem air panas/hangat untuk menghangatkannya , baru diberikan ke baby bila suhu sudah cukup.. saran sih jangan kepanasan juga ya..

Semoga info ini dapat membantu dan bermanfaat ya

Cupfeeding

Jadi, 8 dari 10 bayi ngeDOT/kempeng akan bingungputing. Nah lo, kalo ibu kerja jadi kasi ASIPnya gimana?.. yg disaranin sih pakai cangkir kecil, atau ngetrend dgn nama cupfeeding (pemberian asupan/makanan dengan cawan).

Nanti keselek, anaknya rewel jadi susah, ASIPnya tumpah-tumpah … Ini keluhan atau kekawatiran yang sering kutemukan atau kendala bila aku saranin teman2 melakukan cupfeeding. Kenapa ga pakai sendok aja ?

Yah, jangan mikir susahnya duluuuu… karena semua ada caranya biar cupfeeding berhasil. Pakai sendok gapapa sih, tapi akan ketemu kendala juga dikemudian hari seiring dengan bayi bertambah besar.

Knapa cupfeeding ??..

Jadi gini, inget kan mekanisme menyusui : menyusui itu lidah bayi perah-perah areola.. baru setelah ASInya ada barulah ASI dihisap dan ditelan.

Jadi mekanisme awalnya lidah bayi perah-perah areola itu mirip sama kaya liat kucing minum.. lidahnya gerak2 julurin dengan sedikit dilengkungkan untuk mendapatkan air.

Cara cupfeeding pun mirip, kita akan biarkan bayi julur-julurin lidahnya.

Jadi, bayi posisi setengah duduk, lalu letakkan, pinggir cupfeeder diatas bibir bawah bayi, dibawah lidah.. inget yaaa dibawah lidah.. jadi ASI akan mengalir sedikit2 melalui pinggir lidah ke tenggorokan bayi. Sehingga mencegah bayi tersedak.

cupfeeding3

Setelah meletakkan bibir cangkir dibawah lidah, lalu tunggu sampai bayi menjulurkan lidahnya.. percis spt kucing tadi, baru ASIp disejajarkan dengan lidah.. jadi seperti dituang perlahan.

cupfeeding4

Bila saat bayi menjulurkan lidah, ASIPnya ga ada, bisa marah lho bayinya..

Inilah kejadian repotnya kalo pake sendok..tangan masi ambil ASIP, bayinya uda ga sabar deh..

Dengan cupfeeding kejadian ambil ASIP lagi kalo pake cangkir 30cc, kebutuhan bayi 60cc cm 1x jeda ambil ASIP

Beda sekali dengan spoonfeeding yang harus berulang kali ambil ASIP dr gelas. Dan mekanisme jilat-jilat/julur lidah tdk begitu ada

Bila bayi menarik lidahnya, cangkirpun diturunkan. Disini benar-benar perhatikan, kaptennya bayi ya. Bila saat lidah ditarik oleh bayi, dan kita masi mensejajarkan/menuang sedikit ASIP, ASIP akan tumpah kemana-mana.

Begitu seterusnya..

Oh iya, saran sih berikan susu saat bayi belum lapar benar. Karena bila sudah lapar benar, sudah mengamuk dan menangis, akan jauh lebih sulit memberikan cupfeeding ini. Jadi, misalkan bayi biasanya menyusu setiap 2-2,5jam sekali. Nah, bayi sebaiknya sudah diberikan ASIP setiap 1-1,5jam.

Kalau sudah terlanjur ngamuk gimana?..

Bisa lakukan finger feeding sesaat. Ingat harus jari bersih ya..jd biasakan mencuci tangan bersih sebelum memberikan cupfeeding pada bayi.

jd biasakan mencuci tangan bersih sebelum memberikan asupan pada bayi baik dengan cupfeeding, spoonfeeding, apalagi mau fingerfeeding

Celupkan jari kelingking kira-kira 1 ruas jari, lalu biarkan bayi mengenyotnyotnyot sesaat, sesudah tenang.. cobakan cupfeeding lagi.

Ngamuk lagi, begitu terus sampai tenang sambil terus diberi tau bahwa Ibu bayi sedang pergi, ade’ minum pakai cangkir yaaa.. nanti ibu pulang, ade’ nen ibu lagi…seperti itu.. itu sedikit tehnik pada hypnobreastfeeding.

Butuh penyesuaian ? pasti… tetapi bayi yang tidak pernah kenal DOT/kempeng akan jauh lebih mudah karena bayi hanya mengenal “mekanisme julur lidah dulu baru dapat ASI” dibanding bayi ngeDOT yg juga kenal “mekanisme bikin mulut vakum saja baru dapat ASI” ..

Penyesuaian 2-3 hari ya..tergantung tiap individu, kekonsistenan dan kesabaran keluarga bayi.

Sebetulnya pada bayi sejak usia 3hari saja sudah bisa pake cupfeeding ini misal pada wellbaby yg karena kuning or else, dan tidak bisa menyusu langsung pada ibu.

Dan disarankan pada Ibu bekerja yang  kurang sebulan lagi mau masuk, yuk coba latih dan biasakan bayi minum dengan cupfeeding ini.

1 catatan yg harus diingat, yg melakukan cupfeeding bukan ibu bayi ya.. boleh ayah, eyang, pengasuh dll. Dan ibu bayi ngumpet aja deh jauh-jauh

Karena yang kita tanamkan kepada bayi adalah : bila ibu ada, de’bayi nen langsung sm ibu, bila ibu tidak ada, de’bayi minum dengan cangkir ya..

Ini videonya :

Sekian, bila terus menemui kesulitan, ketemu KL/ke klinik laktasi ya..semoga bermanfaat.

Bingungputing – Cupfeeding

Ada alasannya tentu kenapa WHO dan pemerintah kita bikin peraturan dari 10LMKM dibutir 9 menyarankan ga kasi dot dan empeng pada bayi yg masi dapat ASI

alasannya ga lain dan bukan karena bisa bikin bayi ASI #bingungputing

bingungputing ini macam2 ya typenya. Walaupun yang dimasyarakat tau sayangnya hanya yg nursing strike aja / ga mau menyusu langsung sama sekali

Type bingungputing : 1) PD ibu ASI statis ga berkesudahan, uda di mik langsung, perah, massage, bolakbalik kambuh itu gerenjelan di PD, sampai tjd mastitis

Pada bingungputing 2) lama2 produksi ASI ibu turun, diketahui mulai dari bayi sls mik lgs walau sdh 2 PD spt masi lapar. Lalu ASI tdk panjang, krn sdh habis

Pada bingungputing 3) bayi menyusu lepas2 pdl sdh dikondisikan dgn baik (ibu intim dg bayi ga bb-an, nonton tv, bayi tdk sambil diajak main org lain spt ayah/eyang)

bingungputing 4) nursing strike. Bayi benar2 tdk mau menyusu lgs dr PD ibu.

Awal2 mungkin ga sepenuhnya bingungputing (terjadi pada type 1-3) ini karena bayi mulai dgn latchOn yg aga meleset, hingga benar2 sepenuhnya nursing strike (type 4)

Semua bingungputing ini sebabnya sama. Bayi lupa akan mekanisme latchOn yg benar, sehingga pengosongan PD pun tdk sepenuhnya.

Bila PD tdk bisa kosong benar dg kenyotan bayi bingungputing ada ASI yg tersisa, &tdk dpt dikosongkan dgn perah/pompa, t.u didaerah sulit spt dkt ketiak/PD bag bawah

Padahal prod ASI prinsipnya sesuai kebutuhan. Hr ini prod 100cc, bila dihabiskan hanya 80 (krn ada ASI sisa), bsk diprod 80, bgitu seterusnya, lama2 habis.

Berlaku sebaliknya, di prod 100, dihabiskan smua, bsknya bisa di prod 110, krn tubuh berfikir jgn2 ASI 100, krg unt bayi

Knapa tjd bingungputing ? ini karena mekanisme kenyotan yg berbeda total, antara menyusu dgn latchOn yg benar dan ngedot atau ngempeng

Saat latchOn yg benar, bayi memerah areola (daerah kehitaman PD) dgn lidah,

ASI didapat, baru dihisap sama bayi dan ditelan. Sehingga pipi bayi cembung saat menyusu.

Menyusu itu membutuhkan gerakan lidah, dan kordinasi semua otot mulut bayi.

Bedakan dgn ngedot, yg hanya membuat suatu keadaan vakum (hampa udara) agar susu keluar dan ditelan bayi. Makanya saat ngedot pipi bayi cekung.

Kalo ngempeng.. nah , bayi itu kepuasannya dgn ngenyot ya. Kalau kepuasan ini sudah terpenuhi dgn ngempeng, bikin bayi males ngenyot PD.

Kalau bayi mau ditinggal trus gimana biar ga bingungputing ?

Gampang kok, pakai sendok/cangkir, cupfeeder/softcupfeeder kecil buat kasi ASIP.

Ini disarankan cangkir kecil drpd sendok, karena mekanismenya mirip menyusu cupfeeding

Saat cupfeeding, unt mendapatkan ASIP, bayi harus menggunakan lidahnya (kaya kucing kalo minum air) lalu menelannya. Tdk dituang lgs ya

Jadi cupfeeding ini mekanisme yg paling mirip dg menyusu.

Check out this cup feeding video

Ingat ya, bayi kepuasannya adalah dengan mengenyot, jadi kalau selama ibu pergi kerja misalnya, bayi minum ASIP dg cup, pas ketemu ibu, akan mengenyot dgn lbh baik.

Sehingga ASI sisa yg tdk terperah/pompa selama ibu kerja bisa dihabiskan dgn kenyotan bayi yg uda seharian ga dpt kenyotan ini.

Produksi ASI terjaga, Ibu bebas ASI statis – mastitis, byebye bingungputing dan keberhasilan ASI makin panjang deh.

Sekian, semoga bermanfaat ya