ASI

ASI manusia mengandungprotein whey60% dan casein40%.  Ini merupakan perbandingan yg pas agar mudah dicerna usus. Beda dgn susuformula yg berasal dari susu sapi, lbh banyak caseinnya shg lbh sulit dicerna

Dalam ASI terdapat zat lactoferrin : menghambat pertumbuhan bakteri yg tgt dgn zat besi pada sal. Pencernaan.

Dalam ASI tdp secretory IgA : yg merupakan anti infeksi, dan anti alergi.

Dalam ASI tdp Lysozyme : yg membalance adanya flora baik dalam sal pencernaan dan mencegah peradangan

Dalam ASI tdp Bifidus factor : meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

ASI mengandung lemak yg cukup, diperlukan unt perkembangan otak, kesehatan bayi, dan sebagai sumber kalori

ASI mengandung vitamins yang baik dan mencukupi kebutuhan bayi

ASI mengandung karbohidrat cukup $kandungannya mampu menyehatkan pencernaan bayi, dan optimal dalam menyerap zat2 yg diperlukan tubuh

Dalam ASI terdapat sel hidup yang baik yg dapat melawan berbagai jenis penyakit yg tdk dapat digantikan oleh formula apapun

lactogenesis (pembentukan ASI) dibagi menjadi 3 tahapan. Tahap 1 saat mid term kehamilan, tahap 2 biasanya 30-40 jam pasca bersalin.

Bila >72jam lactogenesis 2 belum terjadi, dikatakan delayed walaupun banyak terjadi dimasyarakat. Sebabnya : kurang efektifnya latchOn, persalinan lama, persalinan sulit, ada penyakit penyerta (seperti ibu darah tinggi, diabetes), kelainan hormon, dll.

Kandungan ASI bervariasi, tiap individu. Tergantung usia kehamilan, fase laktasi, asupan saat kehamilan dll.

Contoh : Pada ibu vegetarian, pada ASI nya, kandungan vitamin B12 lebih rendah sedikit dr ibu non vegetarian , walau masi normal ya

ASI mengandung colostrum hanya sampai 2 minggu pasca persalinan

Warna ASI colostrum pun bermacam-macam. Bisa jernih, Berwarna kuning terang, Putih,

Bahkan Oranye/merah muda : karena adanya darah kering pada saluran PD, yang terbilas ASI saat awal keluar. Masi boleh diminum bayi karna tidak membahayakan, jadi ga perlu dibuang ya

Coklat muda dengan warna yang makin muda coklatnya karna saluran PD makin terbilas.

Bayi berkemungkinan meminum ASI yg lebih bervariasi warnanya, namun kita tdk dapat melihatnya kecuali saat ibu memerah

Makanan-minuman, vitamin, obat, apapun asuoan ibu dapat mempengaruhi warna ASI namun hal ini tidaklah membahayakan bayi

ASI dapat diperah secara manual lalu diberikan pada bayi baru lahir dgn sendok/pipet bila bayi tdk dapat menyusu langsung.

Walau jumlah ASI awal ini sedikit, tp berarti besar untuk bayi. Jumlah yang ini diberikan 8-10x/hari sudah mencukupi kebutuhan bayi.

ASI pada ibu pasca bersalin hari ke3, warna kekuningannya adalah warna khas masa transisi.

ASI makin memutih pada hari-hari setelah melahirkan karena kadar colostrum lebih banyak di produksi pada ASI awal.

Yang dimaksud dengan ASI awal (foremilk) yang didapat saat awal2 bayi menyusu, dan ASI akhir (hindmilk) didapat saat PD sudah mau kosong.

Ke2 jenis ASI ini sama2 dibutuhkan bayi karena mempunyai fungsinya sendiri-sendiri. Foremilk lbh banyak cairan dan dalam Hindmilk lebih banyak lemak.

Seiring waktu menyusu, ASI foremilk berubah menjadi hindmilk dalam 1 kali periode menyusu

Analoginya : kalau lagi puasa, kan pas buka puasa kita cari minuman dl, makanan kecil, baru makanan besar, nah sama deh sama ASI

Kalau merah ASI kayaknya encer terus gimana?..ga usah kawatir, ini normal kok. Mungkin ibu oversupply ASI nya.

Untuk ibu yg oversupply ASI, menyusuinya pake cara sedikit ya biar baby dpt ke2 jenis ASI ini.

Perah dl ASI 5menitan, lalu baru baby menyusu langsung. Diharapkan baby bs dapat hindmilk sebelum kenyang, krn hindmilk adanya di ASI akhir2.

ASI ini ga usah dibuang, bisa disimpan untuk dipakai kemudian hari.

Sekian, semoga bermanfaat

36 thoughts on “ASI

  1. Pingback: Baru Lahiran, ASI belum keluar, musti gimana ? | drmaharanibayu

  2. Mau tanya,anakq ne dah mau 2 bulan saat ne lg ga mau menyusui langsung aq karna bingung punting apakah hal ini bisa dperbaiki ya makasih

  3. Assalamualaikum,, saya ibu dngn ank yg skrg berusia 9 bln. Saya mau tanya Bagaimana engan Asi yang berwarna kehijauan yg keluar pada saat payudara membengkak, apa itu normal ??
    Trims.

    • Hai Ibu, Waalaikumsalam.
      Sebetulnya ASI bisa berwarna apapun ya sesuai dengan asupan ibu. BIla ibu banyak mengkonsumsi sayur hijau, ASI bisa kehijauan, ibu banyak konsumsi ubi ungu, ASI bisa keunguan, ada juga ASI oranye seperti itu.
      Kondisi Payudara bengkak, apakah ada tanda peradangan (kemerahan) sekitar PD atau tidak? bila iya..mungkin mastitis, ini sebaiknya diperiksakan ya. Dan lihat apakah ASI saja atau bercampur nanah. Namun, tidak usah kuatir, keadaan mastitispun tidak mencegah ibu untuk menyusui ya, karena peradangan yang terjadi adalah pada jaringan penunjang payudara bukan pada saluran susu pada sebagian besar sehingga ASI masih boleh dikonsumsi.
      Namun bila bengkak saja tanpa adanya tanda peradangan, masih mungkin karena PD penuh atau sumbat ASI saja. Ini lebih tidak apa untuk diberikan kepada bayi. Lanjutkan dengan breast care ya agar tidak terjadi mastitis.

      Semoga bermanfaat

      • Apakah keadaan mastitis bisa menyebabkan diare od ank ? soal nya saat ini ank saya pup nya encer, saya takut ini semua kena asi yg bercampur nanah. Trims atas perhatian nya

      • Hai Ibu,
        Tidak juga kok.. karena kalah sama antibodi ASInya, makanya keadaan mastitis tetap diperbolehkan menyusui. Bila ragu periksakan ya, sangat terbatas sekali pembahasannya bila harus klinis spesifik bila hanya melalui online begini.

      • Nanah itu bila keluar dari payudara akan berbeda dengan ASI tentunya. Seperti nanah pada umumnya, berwarna kuning kental, rasanya pun berbeda. Saran saya periksakan saja ya agar dapat diperiksa lebih seksama.
        Semoga membantu

  4. Doc, 2 hari lalu saya telat pumping shg payudara terasa penuh sekali dan sakit jika tersentuh. Kmdn saat perah asi 2 hari kemudian, asi menyusut drastis produksinya dan di salah satu saluran asi, asi yg dikeluarkan agak mengental dan kuning (seperti nanah encer). Apakah ini nanah atau asi yg tersumbat ya dok? Apakah masih boleh terus menyusui mengingat tidak ada peradangan di payudara (payudara tidak merah n bengkak). Terima kasih

    • Hai Ibu,
      Boleh ya terus disusui. Tenang saja, yg mastitis saja masih boleh menyusui lanjut. Coba kembali kosongkan payudara rutin dengan nenen langsung/perahpompa yaaa… agar produksi kembali oke.

  5. Dok, saya mau nanya knapa wkt saya pompa PD kok asi kluar warna agak pink (susu campur darah) , apakah asi saya tetap blh di minumkan?

    • Hai Ibu,
      Boleh dicobakan ke babynya ya. Baby adalah indikator ASIp yang baik. Bila baby sudah tdk mau, ya tdk usah dipaksakan. Namun bila baby masi mau, tdk masalah. Lagipula, ASI juga product darah ya, jd tdk perlu kuatir bila ASI tercampur darah

  6. selamat siang dok maaf saya mau tanya pd sebelah kanan saya warna asinya putih campur coklat muda apakah normal tp baby kadang tidak mau minum bahkan kadang mau muntah apakah itu normal dan apakah karna saya puasa mempengaruhi asi

    • Hai ibu, bayi ibu usia berapa ya? bila usia awal bayi <1minggu, asi berwarna kecoklatan spt tercampur karat (rusty pipe colostrum) adalah variasi normal,
      namun.. kl bayi sudah tdk mau mengkonsumsi (asi perah ibu) mungkin karena salah penyimpanan atau sebab yang lain, ya tdk usah dipaksakan.
      Bagaimana dengan perlekatannya? bisa juga ada luka di payudara ibu, dan tercampur sedikit darah. Bila memang seperti itu, asi sebetulnya masih aman untuk dikonsumsi.
      Dan puasa sebetulnya tdk merubah kualitas asi ya.. karena puasa adalah merubah jam makan saja tidak mengurangi asupan.

  7. Dok, saya mau tnya, saat ini baby twin saya berusia 13 bulan.Dalam 2 hari terakhir ini PD kiri sedikit mengeluarkan ASi, dan ada 1 titik yang mengeluarkan ASI berwarna kuning kental seperti lendir. Biasanya saat selesai diperas, PD terasa kosong, tetapi ini seperti masih ada isi nya tapi tidak bisa keluar lancar, itu kenapa ya ? apakah ASI yg kuning kental spt lendir itu masih aman di konsumsi ? Mohon info nya. Terima Kasih

    • Hai ibu,
      Apakah sebelumnya baby ada riwayat dot/kempeng ? bila iya, hal ini dapat mengganggu perlekatan dan pengosongan payudara, termasuk dapat mengganggu produksi ASI. Bila tidak ada, seiring bertambahnya usia bayi, memang produksi asi akan berkurang, karena kebutuhan nutrisi tumbuh kembang bayi mulai dipenuhi dengan asupan (MPASI). Usia bayi 12-24m, bayi full meal, camilan , buah seharian dan menyusu malam-pagi saja sudah cukup.
      Untuk masalah ASI berubah warna, hmm.. masih bisa variasi normal, bisa juga tidak. Ini harus diperiksa ya.. namun cara termudah sebelum memeriksakan apakah asi dapat diberikan atau tidak, bisa dengan di perah, dan diberikan kepada bayi. Bila bayi masih mau mengkonsumsi, tidak apa diberikan. Karena bayi adalah indikator asip masih layak minum atau tidak.

      Semoga membantu ya

  8. Dok, bayi saya usia 10 bln, kalo lagi bapil menyusunya sering membuat puting luka dan berdarah. Nah dari semalam asi saya tersumbat alias mbatu, tapi biasanya di nenen beberapa kali hilang. Cuman kali ini tidak hilang dan isinya darah. Saya sempat meriang dan agak baikan ketika minum dumin. Nah upaya apa yg harus saya lakukan untuk menghentikan asi darah ini. Krn sya lihat puting saya sudah tidak luka lagi. Saya terus susukan dengan harapan mbatunya hilang. Tapi apa gak papa ya anak saya minum asi berdarah? Terimakasih dok

  9. Permisi dok saya mau tanya,, anak saya 15m masih ASI, saya working mom jd harus memerah asi setiap hari, kemaren waktu memerah ada tetesan darah bercampur di asipnya… Apakah asip itu harus saya buang atau bisa tetap saya berikan ke anak saya… Mohon masukannya… Trims

  10. Dok saya ibu 29thn memiliki bayi yg tgl 20 nanti tepat berusia 4 bln..apakah terlambat utk program relaktasi..??krn saya sdh tdk menyusui atau memompa..sebenarnya bila puting dpencet masih keluar asinya tetapi asinya bertekstur kental mendekati sperti lendir..apakah ini normal ?oleh sebab itu saya tdk berani utk memompanya lg..dan pd payudara saya tdk pernah merasakan sprti kencang/bengkak/sakit..sperti biasa saja..apakah msh ada kemungkinan asi bs ber-reproduksi kembali..atau tanda bhwa itu udh stop..
    mohon bantuannya…trims

    • Hai ibu,
      Yuk dibantu relaktasi, segera ke klinik laktasi ya.. saya tidak bisa menilai bagaimana kondisi ASI ibu, tanpa saya melakukan pemeriksaan langsung sebelumnya. Namun bayi yang relaktasi usia <6bulan, angka keberhasilannya bagus banget.. selama dijalankan ikut program dan berkesinambungan, tidak putus-putus..

      Semoga membantu

  11. selamat pagi dok,,,
    Saya Ibu berusia 29 tahun mempunyai anak berusia 4 bulan
    sejak hari sabtu tanggal 11 April 2015 kemarin saya terkena cacar air..
    karena lenting cacar banyak muncul di kedua payudara maka saya tidak berani menyusui bayi secara langsung..
    kondisi tersebut pun tidak memungkinkan saya untuk memompa..
    sekarang selang waktu hampir 2 minggu..lenting di sekitar payudara sudah mengering dan saya mencoba untuk memompa kembali…
    yang terjadi adalah asi sangat sedikit sekali keluar..dan kadang ada teksturnya yang kental dan seperti lendir..apa faktor yang menyebabkan hal itu yah dok..
    dan apakah saya masih bisa memproduksi asi kembali?
    apakah saya harus menunggu lenting cacar di payudara mengelupas seluruhnya ?

    terima kasih sebelumnya Dok,,

    • Hai ibu,
      Bila cacar, memang kalau tidak ada vesikel di sekitar payudara, ibu masih disarankan menyusui langsung dan gunakan baju berlengan panjang. Bila vesikel sudah menjadi krusta dan mengering, boleh ibu pompa atau susui bayi langsung lagi. BIla ditemui ada keluhan, coba periksakan untuk mengetahui apakah ini kondisi ASI pada variasi normal saja atau bukan, segera ke klinik laktasi ya bu, untuk kembali memulai program relaktasi agar anak dapat ASI kembali dan ibu dapat menyusui optimal lagi

  12. Malam dok,saya mau bertanya suatu hari payudara kanan saya bengkak trus bikin panas tubuh saya naik jadi 40,6 derajat sampai dirawat di rs. Setelah diperas asi nya,keluar asi berwarna bening sesekali keluarnya kental dan berwarna kuning.
    Saya ada riwayat farm / benjolan payudara kanan saya dok,
    Mohon penjelasannya dok,apakah sakit saya ini karena farm tsb?dan apa bahayanya dok karena asi saya kental dan berwarna kuning.
    Terima kasih.

    • Hai ibu.,
      Mungkin itu sumbat asi ya, lalu terinfeksi atau yang disebut mastitis laktasi. Namun tanpa periksa sendiri aga sulit juga memastikannya.
      Sebetulnya fam sendiri bukanlah suatu hal yang membahayakan, dan masih mungkin tidak mempengaruhi menyusui. Segera berobat ke klinik laktasi ya ibu.. dan masih boleh menyusui langsung dilanjutkan.

  13. Dok, asi perah yg saya taruh di frezer saya buang krn asi tdk beku (akibat kulkas mati). Saya liat permukaan asinya bewarna merah jambu. Apa itu artinya payudara saya berdarah / mastitis dok? My baby skrg sdh 7 bln

    • Hai ibu,
      Cobakan saja dahulu ke baby. Kalau baby masih mau tidak apa kok, baby adalah indikator yang baik untuk asi perah. Bila memang kualitas ASIP sudah tidak baik, baby akan menolak. Untuk ASIP berwarna merah jambu, bisa iya bisa tidak PD ibu berdarah. Bisa juga didapatkan dari asupan ibu yang mengandung pewarna misalnya buah bit, atau ASIP berwarna aga oranye karena ibu banyak mengkonsumsi wortel dll. PD berdarah mungkin ada luka atau lecet ya, bukan berarti mastitis, namun untuk meyakinkan, boleh diperiksakan. Menyusui langsung boleh dilanjutkan dengan perlekatan benar.

  14. Dok, kemarin istri saya mengalami bendungan payudara, badan menjadi panas dan menggigil, kepala pusing.. setelah baikan, ketika ASI di pumping di PD kiri ada satu titik yang keluarnya kental sekali seperti lendir.. kemudian istri konsultasi ke dokter anak dan disarankan agar ASI dari PD sebelah kiri tidak diberikan dahulu, dan hanya diberikan yang kanan saja… untuk memenuhi kebutuhan minum bayi disarankan dengan tambahan susu formula.. NB: anak saya ada riwayat dot.. terimakasih..

    • menurut Dokter bagaimana ya Dok? sebenarnya saya ingin ASI eksklusif buat anak saya,. tapi istri khawatir kalau – kalau adek kurang porsi minumnya..

    • Hai…
      Hmm.. sebetulnya kondisi mastitis (seandainya dugaan ksana) pun tetep bisa menyusui langsung ya. Tapi ya ibu konsumsi obat termasuk antibiotik. Coba stop dotnya dan ikut program relaktasi agar bagus kembali perlekatan menyusuinya dan produksi asi kembali bagus. Juga untuk mencegah terulangnya kejadian seperti ini. Karena kalau perlekatan menyusui tdk bagus, pengosongan payudara atau cara menyusu yang sudah tdk bagus karena ada riwayat penggunaan dot. Produksi asi juga lama2 tidak mumpuni sehingga tdk bisa menyusui hingga 24bulan nantinya.

Leave a Reply

