ASIP

Jadi working mom ga bisa kasi ASI.. huuu.. salah bangeeetttt.. ASI tetap bisa diberikan asal manajemen ASIPnya bener. Apaan si manajemen ASIP..yuk saya coba share yaaa.

Awal-awal menyusui ada masa baby moon (kalo baru merit kan ada honey moon tuh yaaa)..ga usa pikirin stock dulu yaaa.. biarkan masa belajar menyusu dan menyusu i ini dinikmati dulu..

yaaahh kalo emang ga ada kepentingan ibu-bayi harus dipisah atau ibunya uda ngeh ni misal ada masalah latchOn seperti pada bayi dengan tonguetie.. nanti aja mompa-mompa buat stock ASIPnya.. Stlh 2minggu – sebulan its okay kok.

Caranya nyetok ASIP..

Prinsipnya 1kepala bayi itu sebetulnya cukup 1PD. Jadi 1 PD dinen, 1PD di perah/pompa.. gitu terus n berlaku sebaliknya.

Bingung ?? ..pake ilustrasi aja ya :

Jam 10 baby nen diPD kanan.. smp 10.30 .. latchOn bener 10-15menit nen uda kenyang biasanya..

PD kirinya trus trus di perah/pompa..

Terserah, mau perah manual dengan tehnik marmet kaya gini

Image

pic from info-kehamilan.blogspot.com

Atau pompa , terserah mau model kaya apa.. yg jelas yg tdk direkomen oleh praktisi medis yg kaya terompet berujung karet kaya gini :

Image

Karena :

1), kemampuan tekanan sedotan tidak bisa terukur baik sehingga malah dapat merusak jaringan payudara, dan

2). bila ASInya masuk kedalam bola karet, tdk bisa dibersihkan dengan benar sehingga malah jd sarang bakteri

Yuk lanjut..

Jam 12.30 (anak ASI 2jam ngek biasanya yaaa krn mudah diserap dan dicerna) .. minta nen lagi , kasi PD kiri yg tadi di perah/pompa ya … trus PD kanannya yg gantian di pompa.

Jam 15 ngek lagi minta nen.. kasi PD kanan lg skr, PD kirinya di pompa.. begitu seterusnya yaaaa

Nyimpennya ??

Biar dapatnya dikit-dikit ni pas awal-awal misal 20-30cc, gapapa. Simpen aja di kulkas bawah (chiller bukan freezer) pake botol A.

2jam lg mompa, dapat 20-30cc simpen lagi di chiller pake botol B

2jam lagi mompa dapat 20-30cc simpen pake botol C

Nah sekarang krn kurleb suhu di botol A dan B sdh sama itu 1 botol bisa digabung. Kalau mau gabungin botol C, tunggu 2jam lagi ya… biar suhu di botol C sdh sama dgn A dan B.

Sdh dapat 100cc, masuk freezer..

Intinya selama ASI 24jam boleh digabung asal suhunya sama. Karena kandungan dan rasa ASI berubah tiap hari, sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi, dan rasa dari asupan ibu.

Asik yaaa.. ASI nya rasa kepiting lada hitam, rasa kangkung cah, rasa tempe mendo’an, macam2 dengan zat gizi yang sesuai dengan usia bayi hari itu…SubhanAllah

Kalau mau simpen, sebetulnya untuk ASI lbh mudah, prinsipnya bersih. Jadi dari mulai pakai botol kaca ex UC1000, etapi tutupnya diganti dengan yg plastik yak karena kalau pakai tutup kalengnya difreezerin nanti bisa teroksidasi dikawatirkan membahayakan kualitas ASIPnya kaya gini :

Image

botol tutup karet, kaya gini :

Image

atau plastik (disarankan yg BPA free/food grade nya ok ya).. kalo liat di plastik2 tempat makanan/minuman ada segitiga berpanah mengelilingi angka 5 ini plastik yg aman buat makanan. Yang kaya gini :

Image

Tapi… kalo kepepet.. pake plastik gula kiloan sebetulnya gapapa, karena ini kan untuk penyimpanan dingin ya. Sementara plastik akan terlarut dengan pemanasan.. jd kalau mau menghangatkan ASIPnya, setelah cair, pindahkan ke botol kaca/plastic yg food grade yaaa

Untuk penyimpanan ASIP, itu sebetulnya tergantung suhu.

Suhu ruangan (26°C) kurleb ASIP kuat 4-6 jam, bila ber AC smp 20-22°C bisa sampai 6-8jam.

Untuk kulkas, intinya ga diperlukan kulkas khusus untuk penyimpanan ASIP. Tetapi perlakuannya akan berbeda. Pada kulkas 1-2 pintu dan dipakai bareng keluarga/kulkas khusus ASIP juga beda. Logikanya, kulkas itu bila dibuka tutup, udara panas dari luar bisa masuk, sehingga akan menaikkan suhu didalam kulkas. Nah, jadi semakin sering dibukatutup (misal pada kulkas 1 pintu dan bareng keluarga) tentu akan beda dengan kulkas 2pintu yg khusus ASIP karena lbh jarang dibuka tutup.

Pada kulkas bareng keluarga, untuk penyimpanan ASIP dan makanan, pisahkan dalam wadah2 plastik lagi ya, untuk menghindari kontaminasi.

ASIP yang disimpan dalam termos isi es batu/cooler bag dengan icepack itu bisa sampai 24jam

ASIP dalam chiller (rak kulkas) kurleb bersuhu 4°C, bisa sampai 48jam/2hari

ASIP dalam freezer kulkas 1 pintu kurleb bersuhu -15°C bisa sampai 2minggu

ASIP dalam freezer kulkas 2 pintu kurleb bersuhu -18°C bisa sampai 3-6bulan

ASIP dalam freezer khusus ASI sendiri yang deep freezer, suhu sampai -20°C bisa 6bulan – 1tahun.

Ada pada beberapa RS yg punya kulkas khusus ASIP seperti di RSCM yang saya lihat, dan terus dijaga suhunya karena ada stabilisator suhu, ditahan sampai terus dibawah -20°C itu bisa sampai 2tahun.

Nah untuk tau ASIPnya masi bagus/tidak bagaimana?

Biasanya kita cek ya, ada perubahan bau, warna, rasa atau tidak ?.. lalu indikator yang baik adalah diberikan kepada bayi.

Bayi yang sudah menolak ASIP yang kita ragu-ragu penyimpanannya benar/tidak, bisa jadi karena kualitas ASIPnya sudah kurang baik, ya ga usah diberikan.

Untuk pencairan ASIP, kita gunakan metode air mengalir istilahnya. Dan ASIP tidak boleh dimasak ya, maupun didihkan dalam tempat dengan nyala api.

ASIP dari freezer, misal besoknya mau dipakai, turunkan dahulu ke chiller 24jam ya. Lalu diamkan diluar 1-2jam/rendam air dingin, baru rendam air hangat.

Sebelum diberikan ke baby tes tes kehangatannya dahulu sama kulit kita ya.

ASIP yang sudah dihangatkan, tidak dapat dibekukan lagi. Kalau tdk habis, bila letakkan di udara luar, bsa untuk 4jam kedepan. Dan bila dimasukkan dalam chiller, bisa bertahan hingga 24jam. Jadi sebaiknya memang menghangatkannya sedikit-sedikit, biar ga banyak kebuang ya..

Sekian, semoga bermanfaat

85 thoughts on “ASIP

  1. Satu lagi tips dari gw: pas awal2 produksi ASI blm establish, percayalah yg kanan dinenin, yg kiri bocor2 itu asi. Jadi daripada ASI kita terbuang sia2, mending ditampung di milk saver. Tar gw review deh.. Ceki2 blog gw yaaa..

  2. Hola dok,
    ada ide cara mindahin asip beku dari rumah ke rumah, dg waktu tempuh sekitar 45menit-1jam? Pake coolerbag/box bs kah? Or else?
    (Asip dibekuin, krn pompa pertama s/d pindah jeda waktunya 3mingguan..)

  3. Pingback: Kok ASI ku ga keluar/produksinya DIKIT ya? | drmaharanibayu

  4. Dok, kmrn rmh saya mati listrik skitar 7-8 jam..
    Pas mati itu kan (katanya) sebaiknya freezer ga ush dibuka buka, tp smpt dibuka sekali dan sebentaaar hanya utk nambahin blue ice..

    Dan, bgitu nyala saya ga lgs liat kondisi tu asip2 sebrapa mencainya..
    yg pasti setelah kira2 2 jam dari listriknya nyala, saya cek kondisinya udh beku lg smuanya..

    Yg jd pertanyaan saya, sbaiknya asip2 itu tetep bole diminumkan, tetep boleh disimpan lg utk sbulan-2 bln kedepan kah dok?
    Krn kalaupun mau diminumkan smuanya ke anak saya, jmlhnya lumayan dok, skitar 60an..kan ga mgkn jg habisin asip 60 botol bs sminggu habis apalagi saya masi menyusui lgs drmh (msk kerja masi Januari tgl 7)
    Saya khawatir asip2 kalau diminumkan ke anak saya jd bikin sakit perut atau gimanaa gt dok..

    Mohon jawabannya ya dok🙂
    Tq in advance..

    • Yess Yess.. masi gapapa ya bila kondisinya masih seperti itu. Tidak sampai mencair banget dan apalagi sempat dihangatkan. Untuk amannya, nanti di cek ya, sebelum diberikan ke baby. Apakah ada perubahan warna, rasa, berbau tajam atau tidak?.. dan yg terpenting.. tes ke babynya. Baby adalah indikator yang cukup baik akan ASIP masih available atau tidak. Jd bila baby sudah tidak mau, ya mungkin kondisi ASIP tidak baik..tidak usah dipaksakan.
      Terus semanga ngASI dan nyetok ya buat si kecil…semoga info ini bermanfaat ya
      kiss buat baby..salam pejuang ASI

  5. Hi dok.. mau tanya nih..

    Saya baru melahirkan cuma baby saya itu masih masa” seneng tidur jadi nen sekitar 5-10 menit udah tidur lagi, alhasil PD suka tegang” gtu karena belum di nen-in banyak. Setiap 2 jam udah selalu coba untuk dibangunin baby-nya, cm ya itu nen nya bentar udah tdur lgi hehehe.. Biar PD nya ga tegang dan ASI nya ga bocor baiknya gmna ya dok soalnya Mau nyetok asi, masuk kerja masih 2 bulan lagi..

    Yang kedua, kalau nanti menghangatkan asi kan bagusnya jgn lgsg banyak, boleh ga ASIP yang udah diturunin dari freezer ke chiller dinaikin lagi ke freezer?

    Terima kasih banyak jawabannya dok🙂

    • Hellooo.. selamat atas kelahiran babynyaa.. oh ya ini bayinya usia berapa ya sekarang ?
      mm..ada beberapa yg modelnya “bayi tidur” yah.. gapapa, tetap bangunkan saja tiap 2jam dengan di kelitikin blakang kuping/telapak kaki. Bisa juga gunakan metode kangurucare liat di chapter skin to skin saya ya.. karena dengan kanguru care, bayi ada keinginan menyusui lbh sering bisa tiap setengah jam sekali minta nen.
      Untuk mengatasi PD tegang, bisa bantu massage-kompres panas-dingin-panas – lalu bantu perah. Teorinya sih 1 kepala bayi kan cukup 1 PD..jadi boleh mulai stok ASIP .. biasanya sejak bayi usia 1bulan uda gpp.. beda cerita yg ibu oversupply ASI, drpd ibunya ga nyaman, bisa mulai stok dari awal2 untuk bantu pengosongan PD.
      ASIp dr freezer ke chiller, naik lagi ? boleh saja sih .. belum dihangatkan kan ya.. cuma baiknya tetap digunakan terlebih dahulu ya..

      Semnoga bermanfaat

      • Terima kasih dok atas pencerahannya.. Baby fathia sekarang usia 3 minggu, dan syndrome “baby tidur” nya dtang ketika siang krn pas mlm baby tdurnya gelisah dok😦 kmrn nyoba nyetok ASIP pakai tangan selama 15 menit manual dapet 40 ml, itu sedikit/ckup dok?
        Waktu itu sy pergi sbntar utk kontrol, sy pernah lihat ibu sy naikin lagi ASIP yg udah sy turunin ke chiller (belum dihangatkan) krn sy nya keburu pulang. Maaf dok maksudnya di gunakan terlebih dahulu, berarti dihangatkan ya dok? berarti hrus dihabiskan?

        Terima kasih dok untuk jawabannya lagi🙂

      • haii..
        malam pas gelisah nenenin terus aja tp bukan ngempeng yaaa hehehe..
        3minggu 15ml mah banyaaakk , santay ajaaa.. hadil perahan saat itu tdk mencerminkan hasil produksi kok. intinya selama baby nen lgs n ga ngedot, asi pst cukup. dan 1 kpala bayi cukup 1 PD sebetulnya, jd kl kita sdh dikasi 2PD ya pasti lbh dr cukup.

        kl belum dihangatkan gpp mskin freezer lg, tp t2p kl mau dipake dia duluan dipakai ya nantinya

        sekian, smoga bermanfaat

  6. dok.. beli botol kaca rekondisi kaya yg banyak dijual skrng aman? begitu sampe di tangan, it botol2 diapakan dulu sebaiknya? makasi…

    • aman kok bu.. bisa dicuci dl pakai sikat botol dan sabun, bilas bersih lalu steril di sterilan botol yg banyak dipasaran lalu tiriskan airnya, simpan di dalam kotak plastik tertutup rapi, siap dipakai.

      Semoga membantu

      • Oke de dok.. Uk 19 weeks.. Ngubek2 info dl sm prepare biar ga kelelaran..😉 kalo ga ada alat steril bole direbus aja?

  7. Pingback: Yes, I am a Breastfeeding Mother | drmaharanibayu

  8. Dok mau Tanya…baby zia 4m, BB 5,3kg…sudah saya tinggal kerja..stok asip sudah habis.jd stiap saya tinggal kerja stok asipnya kejar tayang. Hari Ini perah,besok pas saya kerja lgsg dikasih..hasil perahan kurleb 200cc…krn asi yg keluar hnya 1payudara, jd perah n nenen hnya d PD kiri. Takutnya pas saya tinggal kerja asip nya kurang Dok..krn makin lama minumnya makin bnyak bgt…Ada solusikah Dok? Sedih niy klo Ga bisa asix..jwb ya Dok…penting..trims

    • Hai ibu..
      Hmm.. solusi ASI pada ibu bekerja sih sebetulnya perah rutin tiap 2-3jam, pas dirumah nen 1 PD, 1 PD diprah/pompa, dan baby tidak dot dan kempeng.. pasti ASInya cukup.
      Ada riwayat dot/kempeng gak? kalau ada.. penatalaksanaannya akan berbeda, dan sebaiknya stop dot/kempengnya dan dibantu relaktasi. Dan asip kejar tayang banget ini biasanya aku temui pada pasien dengan baby ngedot asip, jadi kaya digelonggong gitu, jd kebutuhan asip meningkat jauh skali..
      Tetapi kalau tidak ada riwayat dot/kempeng, hmm.. kalau tinggal dikit lagi mau 6bulan, ajukan cuti bekerja dahulu gimana? at least sampai baby bisa dapat MPASI, nanti bisa dibantu asupan lain kalau stok ASI sudah menipis , seperti itu..

      Semoga bermanfaat

  9. Dok, memerah PD dengan pake alat sm pake tangan hasilnya lebih banyakan mana ya ? Apakah sebaiknya ibu menyusui punya pompa ASI ?
    Saya skrg lagi hamil 35 minggu dan tidak bekerja, apa perlu melakukan manajemen ASIP ? Makasih dokter,mohon pencerahannya🙂

    • hai ibu,
      Metode perah/pompa/pompa manual/pompa elektrik .. terserah.. ini penuh senyamannya ibu. Saran saya sih belajar perah manual, juga coba pompa segala macem hehehe caranya pinjem2 dl punya teman, mana yg paling nyaman itu yg dipilih.
      Untuk ibu yg tidak bekerja, dan yakin bisa menyusui terus santay.. manajemen ASIp ga perlu dilakukan dengan ketat kok.

  10. Dok, kira-kira berapa ya jumlah minimum stok asip yg aman bila ibu kembali bekerja, jika bb bayi 6,7kg. Sehingga ga perlu kejar tayang.

    Terus, ASIP yg sdh diperah boleh dipindah wadah ga dok. Misalkan sdh 2-3 hari disimpan menggunakan botol a (misal. Baby pax) kemudian dipindahkan ke botol b (botol tupkar biasa).

    Thanks in advance dok..🙂

    • hai ibu,
      di blog ini sudah dijelaskan ya, kebutuhan ASIPnya 15-20cc/kgBB/x atau setiap 2 jam sekali selama ditinggal. Nah, itung sndiri ya.

      Untuk asip pindah wadah boleh-boleh saja kok..

  11. Dok, klo nyimpan ASIP di botol UC1000 tapi tutupnya pake plastik es trs dikaretin aman g ? Soalnya klo cari tutup plastik agak susah ya… Makasih bu dokter

    • Boleh-boleh saja.. atau sekalian saja spt info saya di blog ini untuk disimpan dalam plastik gula kiloan saja gapapa lho bu. Namun nanti perhatikan saat mau menghangatkan, dipindah ke gelas/botol kaca bila tdk menggunakan plastik foodgrade. Jadi selama di freezer, turun ke chiller masi gpp pakai plastik gula kiloan. Pas mau dihangatkan , baru dipindah dan sudah cair semua ya.. jd lbh mudah

      Semoga bermanfaat

  12. Dok,untuk asip yg sudah dihangatkan dan diminumkan tapi tdk habis,bisa bertahan brp lama ya di suhu ruangan agar msh bisa diminumkan kembali?
    Anak sy lahir prematur,usia 1bln 1mggu,minumnya masih blm bs terukur jk nenen lgsg,krn khwtr kurang,sy selingi mnum asip dg dot,syukurny tidak mslh. Apkh adavdampak

    • Hai ibu,
      Bila sudah dihangatkan baiknya ASIP di habiskan saja dalam waktu 4jam dalam suhu ruang, atau masukkan ke chiller dan habiskan dalam waktu 1x24jam ya jadi dihangatkan kembali.
      Wah, unt case babyi prematur ini , sbaiknya lakukan kanguru care, dan nenen langsung saja pasti cukup kok. Tidak perlu dulu ibu perah/pompa lalu berikan ASIP (semoga medianya tidak dengan dot) ya..
      Main-main ke klinik laktasi ya bu, dibantu penjelasan selanjutnya

  13. Dok,untuk asip yg sudah dihangatkan dan diminumkan tapi tdk habis,bisa bertahan brp lama ya di suhu ruangan agar msh bisa diminumkan kembali?
    Anak sy lahir prematur,usia 1bln 1mggu,minumnya masih blm bs terukur jk nenen lgsg,krn khwtr kurang,sy selingi mnum asip dg dot,syukurny tidak mslh. Apkh tdk ada mslh utk prkmbgan kdpnnya mengingat sy working mom? Trmksh byk🙂, sy sgt trbantu dgn adany blog ini.

    • Hai ibu,
      Tidak akan jadi masalah ya bu, dan juga selama baby nen langsung, ibu kosongkan PD rutin dengan nen/perah-pompa dan baby diberikan ASIP dengan media cup feeder dan tidak DOT maupun kempeng ya.

  14. Dok, saya menyimpan ASIP di kantung ASIP khusus dan disimpen dalam freezer khusus ASIP. Stok saya mulai dari pertengahan MEi ada sekitar 50 kantung. saya dapat info katanya penyimpanan ASIP di dalam plastik, meskipun kantung khusus, hanya maksimal boleh dalam 72 jam. Lebih dari itu akan memengaruhi mutu ASIP. Bagaimana dok?

    • Hai Ibu,
      Tidak apa ibu menyimpan dengan plastik apapun, karena yang terpenting adalah ketahanan suhu ASIP. Dan sesuai yang sudah saya infokan di blog ini, penyimpanan ASIP dengan plastik non BPA free, hati-hati saja dan pindahkan saat pemanasan ya.

      Semoga bermanfaat

  15. Dok mau tanya..
    Klo asip kita dimpan flm botil kaca plus tutup karet, tau2 ada tutupnya yg kebuka pas simpen asip yg lain.. Apakah asip yg tttp nya kebuka masih bisa diminumkan ke baby nya??

    Mskasih

  16. Halo dok, mau nanya maksudnya media asip pake dot akibatnya kebutuhan asip jd meningkat?
    Anak saya 1,5bln, krn asi saya blm cukup jd selain saya susui, saya kasih asi perahan n donor asi pake dot, bahkan pernah formula pd saat tdk dpt donor asi. Udah nyoba pake sendok tp byk yg tumpah, akhirnya pake dot deh. Porsi dia byk sekali, sekali minum skrg 100cc. Apa byk itu krn pake dot?

    Skrg saya lg nyoba memperbanyak asi dgn nyusui n merah sesering mungkin krn di PD saya msh ada gumpalan2 asi yg blm pecah.

    Need advice ya dok, makasi

    • Hai ibu,
      Ya, karena pemberian ASI/susu menggunakan media dot adalah seperti digelonggong ya, bayi lebih mudah dapat susu, memenuhi kebutuhan mengenyotnya namun sedikit lbh tdk terkontrol akan kebutuhannya (bayi minum lbh banyak). Beda dengan proses menyusui langsung atau pemberian dengan metode cangkir yang menggunakan otot mulut keseluruhan (lidah perah areola, ada ASI baru di hisap). Begitu juga dengan metode cangkir : lidah jilat2, dapat ASI baru ditelan.
      Namun sayangnya penggunaan dot dapat menyebabkan anak bingungputing, dimana akan merubah cara menyusu anak di payudara, yang mengakibatkan perahan tidak optimal, pengosongan payudara tidak optimal, produksi ASI ibu tdk oke lagi (tidak memenuhi kebutuhan bayi) hingga lama-lama habis, bayi menyusu lepas2 hingga tidak mau menyusu sama sekali.
      Saran adalah : temui konselor untuk dibantu relaktasi/kembali menyusui dan ASI, juga sekalian belajar memberikan ASIp dengan metode cangkir yang benar, sehingga mengASIhi nya bisa lanjut panjang lagi.
      Semoga bermanfaat

  17. dok perawatan pompa gmn ya dok?
    klo sterilin pompa tu harus tiap pake disterilin ato gmn?soalnya ribet klo dikantor hrs stetilin terus tiap habis pompa.. terimakasih..

    • Hai Ibu,
      Saya juga ibu bekerja kebetulan. Berurusan dengan pompa2 juga. Saya selama ditempat kerja, sehabis mompa, langsung segera bilas dengan air matang (dispenser) panas dan air biasa saja agar tidak banyak stain bila sudah terlalu lama. Nanti bila sudah dirumah, baru saya steril. Jadi mensteril pompanya hanya 1-2x saja/hari.

      Semoga membantu ya bu

  18. Mlm dok..slm kenal..Sy mw share jg..Si baby vino umurnya baru sebulan.bbnya dah 4250..babynya jg doyan tdur..Smpe wktunya mnum asi susah bgt dibangunin..Sy udh coba buat simpen asip di freezer..dah hampir seminggu sy coba mnumin ke baby..awalnya sih mnum 1-2 kenyotan..habis gt dy g mw..Sy coba lg te2p g mw..sisanya sy simpen lg di kulkas..Sy bau asip nya tuh,,baunya amis..Sy pkir ank sy g mw gr2 baunya kerasa amis..Ternyata mnrut posting yg sy baca,,berarti asipnya sdh tdk bagus lg kualitasnya..Apa itu krna sy simpan asip dg cra yg tdk benar y dok.?Skg sy blm coba stok asip lg.takut baby g mw..jd msh ksh asi langsung..Mnrut dokter asip yg sdh tdk segar lg tuh gmn y dok?

    • Hai Ibu,
      ASIP yang tidak baik lagi adalah yg sudah berubah warna, konsistensi, rasa, dan bau. Namun sering ditemukan ASIP berbau tajam seperti bau besi ini masih dikatakan normal karena mungkin kandungan enzim pencernaan ibu yang tinggi.
      Indikator ASIP masi baik atau tidak adalah bayi. Coba berikan ASIP ibu, bila bayi ms mau berarti asip masi layak, bl tdk mau ya tdk usah dipaksa.
      Semoga membantu

  19. Dok, aku mau nanya.. Aku kan nyetok asip di plastik asip freezer 2 pintu. Terus ternyata pintu freezernya kebuka gatau udah berapa lama.. Pas aku cek, bagian bawah plastiknya udh mulai lembek dan antara asip dan plastik udh berpisah (kaya mulai mencair). Tp yg lainnya masih beku dok. Gimana ya dok? Mana banyak lg stoknya😦 makasih sblmnya dok..

  20. Dok..ank sy sdh masuk 1bulan 1mggu..slma ini dy hnya nyusu dr PD kiri krn PD kanan mampet hnya kluar stetes2..sbulan lg sy masuk krja..kira2 gmn spy PD kanan sy menghasilkn asi sbyk yg kiri? Trmksh

  21. Halo dok,salam kenal🙂

    Dok untuk asip fresh kalau dari ruangan ber-AC apakah boleh dibawa ke ruangan non-AC?dan apakah baik bila asip fresh dibawa berpergian?
    Tahan brapa lama ya biasanya?

    • Hai Ibu,
      Boleh saja, kuat sekitar 4-6 jam ya, termasuk bila dibawa berpergian tanpa dibantu dimasukkan dalam coolerbag dan icepack. Bila dapat dimasukkan kedalam coolerbag dengan icepack bisa kuat sekitar 12jam.

      • Hallo dok.. aku 24 weeks pregnant. Lagi belajar ttg menyusui nih dok. Alhamdulillah nemu blog ini. Btw dok, ASIP di coolerbag dg icepack tahannya 12 jam? Di tulisan dokter di atas 24 jam. Mana yg benar dok? Trus kalau udah di coolerbag mau disimpan di kulkas, ke chiller dulu atau bisa langsung ke freezer, dok? Thanks dok..

      • Hai Ibu,
        Saya menuliskannya kan di coolerbag dengan icepack ya.. kuat2 aja sih 24jam. Kalau dari kulkas dikantor, mau bawa pulang dan ditaro di coolerbag tanpa icepack memang 12jam an. Tapi sebetulnya tidak terlalu ada patokan pasti bila tidak ada patokan suhu yang jelas.
        Indikator ASIP masi layak minum atau tidak adalah bayi sebetulnya, bayi akan tau mana asip ms ok atau tidak.
        Bila mau dimasukkan kulkas boleh lgs ke freezer, tp krn prinsip FIFO hanya untuk ASIP cadangan, saran yg dipompa hari itu , segera di kasikan ke bayi keesokan harinya jd ya letakkan di chiller saja.

  22. Dok,debay sy 2,5 bln.. Selama ini sy ngajarin pengasuh m’berikan ASIP dg m’gunakan sendok dg posi2 bayi tidur t’lentang diganjal bantal empuk shg dada dan kepala lbh tinggi dr perut. Apakah ini diperbolehkan? sdh dicoba dg cara digendong atau dipangku baik menggunakan sendok/cawan ttp tdk bs.. Soalnya tangan debay tdk bs diem dan ASIP tumpah2 terus.. Trims a/ jwbnnya..

  23. Jika menggunakan plastik gula untuk menyimpan asip, apakah bisa langsung di gunakan plastiknya, atau di cuci dulu?? Terima kasih

  24. dok kalo misal yg dinen pd kiri n yg dipompa kanan, tp berlaku trs gt soale anak sy males nen yg kanan, ngaruh ke produksi asi gak?? soalny klo sy liat kok pd kanan hasil perah lbh sdikit y

    • Hai Ibu,
      Iya karena kan produksi ASI tergantung rangsangan dan pengosongan payudara. Namun yang jauh lebih efektif adalah rangsangan (menyusu langsung) daripada hanya dikosongkan dengan pompa. Makanya disarankan agar produksi PD kanan-kiri seimbang yang bergantian di susui dan di pompa/perah sama rata.

  25. Dok, aku semalem kelebihan turunin asip ke kulkas bawah. Rencananya untuk besoknya karena prediksi bakal pulang kerja malem. Ternyata pulang lbh cepet. Bisa gak dinaikkin lagi ke freezer? Or kl ga bisa, boleh gak tetap disimpan untuk 2 hari ke depan ? Karena bsk minggu. Babyku kl liat aku gak mau minum di botol.

    • Boleh saja ya bu terutama bila belum sempat dihangatkan sama sekali, dan cobakan ke baby. Baby adalah indikator ASIP yang paling baik. BIla sdh tdk baik di konsumsi, bayi tdk akan mau mengkonsumsinya.

  26. Dok saya mw tny perihal penggabungan asip yg sudah dimasukan ke kulkas. Bila asip dibotol a ditumpahkan ke botol b, seperti ada sisa2 lemak menggumpal yg lumayan banyak menempel di botol a. Itu bagaimana menyisiasatinya ya dok?karna sudah digoyang2 pun, bekuan lemak yg menempel tidak larut. Mohon jwbn nya ya dok.tks

    • Coba di cairkan dahulu, sebelum di goyang2kan agar lemak sisa yang menempel di botol dapat bercampur ya. Dicairkan tdk perlu dihangatkan, cukup rendam air dingin saja, bukan dengan rendam air hangat/panas

  27. Dok..kalau asip ditaruh di botol kaca yg tutupnya kaya tutup selai bs diteroksidasi jg ya?
    Kalo botol uc diganti tutup plastik, tutup plastiknya stlh dicuci hrs trs disteril?

  28. Halo dokter,,,mau tanya, akhir-akhir ini hasil perahan saya terdapat gumpalan padat. Waktu memompa saya liat yang keluar dari PD cair semua, tapi setelah dituang ke dalam botol kaca ada satu atau dua gumpalan semacam lemak. Gumpalan dari hasil perah asi itu apa ya dok? saya ambil bentuknya padat dan berserat. Apakah karena pengaruh penggunaan pompa elektrik? KArena sebelumnya saya pakai manual tidak pernah ada gumpalan di hasil perahan saya. Aman kah asi hasil perahan saya dok kalau ada gumpalan itu? terima kasih

  29. Dok, anak saya dua, yg pertama 24bln, yg kedua 3bln. Sejak lahir anak kedua, saya kadang kasih asi perah jg utk kakaknya, kebetulan dia msh mau. Apa boleh misalnya ada asip tdk habis diminum adiknya biasanya krn saya sudah pulang kerja, trus dikasih ke kakaknya (dgn dotnya diganti)? trmksh dok

    • Hai ibu, boleh saja ya kalau si kakak minum asi adik, tetapi sudah 24bulan sudah boleh disapih kok. Saran lepas total dotnya. Sejak usia 6 bulan anak sudah bisa dilatih minum dengan gelas, karena jauh lebih baik untuk oral developmentnya, begitu juga si Kecil saran tidak diberikan dot agar menyusuinya bisa lanjut hingga 24bulan. Mungkin si kakak tidak bingung puting, tetapi si adik tetap bukan jaminan tidak akan bingung puting juga ya.

  30. dok mau nanya nih, saya kan nyimpen asip nya d botol ex uc1000, tp tutupnya ttp pake tutup botol itu dok, gimana ya dok? apakah harus saya buang ato saya ganti aja sama plastik es trus d karerindulu ya tutupnya, soalnya d sini gak ad yg jual tutup karet dok kcli mesan dlu dan itu kan perlu waktu lgi bbrp hari,
    gimana ya dok??

    • Hai Ibu,
      Memang sebaiknya tdk menggunakan tutuo besi dari botol ini, karena dikuatirkan saat dibekukan akan teroksidasi.
      Gunakan plastik gula kiloan saja untuk menyimpan ASIP tidak apa kok bu. Namun saat mau menghangatkan, pindahkan ke gelas kaca ya, agar tidak ikut berubah sifat plastiknya.

  31. Salam kenal dok..mau nanya dok..saya bsk mau dinas luar ke daerah selama 2 hari..trs mau merah asi n dsmpn dlm cooler bag..gak tau deh ap ad kulkas gak nya..ap asi yg udh dsmpn d cooler bag ntr sampai drmh boleh dimasukan dalm kulkas atw gmn…?

    • Hai Ibu,
      Boleh aja, nanti cobakan saja ke babbynya.. kalau baby masih mau .. gapapa kasihkan saja. Baby adalah indikator ASIP terbaik kok ASIP masih layak minum atau nggak, kalau baby uda ga mau, ya ga usah di kasihkan ke baby.

      Semoga membantu

  32. Salam kenal dok..mau nanya dok..saya bsk mau dinas luar ke daerah selama 2 hari..trs mau merah asi n dsmpn dlm cooler bag..gak tau deh ap ad kulkas gak nya..ap asi yg udh dsmpn d cooler bag ntr sampai drmh boleh dimasukan dalm kulkas atw gmn…?

    • Hai Ibu,
      Boleh aja, nanti cobakan saja ke babbynya.. kalau baby masih mau .. gapapa kasihkan saja. Baby adalah indikator ASIP terbaik kok ASIP masih layak minum atau nggak, kalau baby uda ga mau, ya ga usah di kasihkan ke baby.

      Semoga membantu

  33. Dokter, mau nanya nih. Anak saya umur 7 bulan, tidak suka minum asip. Saya bekerja dr pukul 7 hingga 4 sore. Dari pukul 7 hingga 4 sore Anak saya paling banyak mengkonsumsi 2 botol asip 100 ml. Yg rata2 hanya habis setengah saja. Apakah tidak berpengaruh buruk pada kebutuhan gizinya? Brp kali minimal bayi harus menyusu di usia 7 bulan mengingat bayi tsb sudah mpasi? Saya ingin tetap memberikan asi kepada bayi saya. Terima kasih.

    • Hai ibu,
      Iya, sudah makin besar, sudah MPASI, si Kecil yang pintar ini sudah mulai mengenal rasa. Maunya menyusui langsung n ngadat ASIP emang sering ditemui. Nah cara ngatasinnya, jus buah atau asupan MPASInya di campur asip bisa juga. Dan nanti pas mama pulang kerja, dia balas dendam nyusu langsung sampai pagi ya ma

  34. Pagi dok, asipbeku setelah dicairkan yang saya taruh di botol susu untuk diminumkan lama2 lemak asi banyak menempel di botol susu itu knp ya dok? Apa karena salah menyimpan atau karena kualiatas asi?
    Terimakasih banyak dok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s