Tanya : Ibu Demam, Boleh Nyusuin Ga? Minum Obat Apa?

Tanya :

Mohon pencerahannya kalo demam bisa minum obat dan menyusui?
Obat apa yang ampuh..ini proses menyusui dan memerah jd sakit putingnya hiks..tp tetep menyusui dan memerah, walau sakit bgt.
Baby bisa tertular penyakitkah?
Mohon pencerahannya yaaa..takut kyk anak pertama, demam malah menyusut ASI nya (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩__-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)
Help.
Thank you.
Udah mandi air hangat, belom ampuh.

Jawab :

Hai Ibu,

Mohon pencerahannya kalo demam bisa minum obat dan menyusui?
Bisa doonnggg .. ibunya boleh minum obat penurun panas kaya paracetamol tablet yang 500mg, terserah mau ber merk mau generik sama aja asal isinya itu. Bisa smp 3-4x/hari. Banyak minum ya.. jadi sapi gelonggongan gpp deh, krn dengan banyak minum air putih, sering pipis, jd panasnya cepet turun juga. Dicari tau demamnya knp? karena demam itu bisa penyakit yang berdiri sendiri bisa karena penyakit lain seperti infeksi virus atau bakteri gitu.
Obat apa yang ampuh..ini proses menyusui dan memerah jd sakit putingnya hiks..tp tetep menyusui dan memerah, walau sakit bgt.

Pas menyusui dan memerah sakit banget apakah payudaranya bengkak? atau ada luka diputing juga? coba periksain ke klinik laktasi gimana. Kl PD bengkak, mungkin sumbat ASI, penanganannya di massage, kompres, perah, lalu baby nen .. agar sumbat nya lepas sm kenyotan bayi. Kalo puting lecet/luka dioles ASI biar cepet sembuh bila perlu dikasi salep khusus. Atau ada nipple pore (kaya jerawat) yg nyumbet di puting, ini musti dikeluarin jerawatnya biar ga ganggu aliran.

Baby bisa tertular penyakitkah?

Gak dong, justru dengan menyusui, akan terbentuk antibodi dalam ASI agar baby ga jd ketularan.

Semoga membantu yaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s