Tanya : Gmn cara mengenalkan sufor setelah 2th memberikan asi

Tanya :

Hai, sy mau tanya donk. Gmn cara mengenalkan sufor setelah anak sy selesai masa pemberian asi nya. Anak sy sm skali gak suka sufor dlm bentuk n pemberian apapun,dia slalu menolak. Kalo dikasih asi aja yang gak nolak.. Sy bingung,klo nti sy sapih,gmn cara ngenalin sufornya,sedangkan anak sy 5bln lg genap 2th. Rencananya sih memang mau sy sapih dini karna luka di k2 PD sy yang bikin sy trauma memberikan asi. Sdh diobatin tp kalo ttp dihisap kayanya lama proses sembuhnya. Makanya sy rencana mau disapih dini aja. Tp sy nanya kbidan,klo mau disapih,anak hrs suka susu dulu,agar pertumbuhannya baik. So,ada Tips gmn caranya mengenalkan sufor pasca penyapihan? Thnx

 

Jawab :

Dear Ibu,
Waahh, hebatnya sudah berhasil ASI sampai 1,5tahun ya. 
Jd begini bu, sebetulnya ASI saat bayi usia diatas 1thn hanya memenuhi kebutuhan bayi sebanyak 30% saja. Karena itulah dikatakan menyusu malam 2-3x saja sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi unt bayi. Sisanya kebutuhan nutrisi dipenuhi oleh asupan makanan sehari-hari. 
Diatas 2tahun, kebutuhan nutrisi bayi tidak harus dilengkapi atau dari susu. Jadi, dengan asupan makanan sehari-hari bila sudah oke makannya, sdh tdk perlu minum susu lagi kecuali misal masih mau memberi ASI ya.
Bila saat ini mau disapih, drpd susu formula, masih lebih baik dengan susu pasteurisasi/UHT. Alasannya : susu formula ini terlalu banyak proses yang dijalankan, menyebabkan expired lebih lama, namun banyak kandungan gizi yang hilang. Produsen susuformula, mencoba menambahkan zat-zat gizi yang hilang tersebut dengan zat yg tdk alami/kimiawi. 
Untuk susu pasteurisasi/UHT proses lbh simpel drpd susu formula, sehingga waktu expired lebih singkat. Susu sapi yg pasteurisasi sndiri oleh kita bahkan expired hanya bbrp hari saja kan. susu UHT (Ultra Heat Pasteurisasi) expired kurleb 6bulan – 1thn saja. Nah karena minimal process ini, kandungan gizi baik yg hilang lbh sedikit dibanding susuformula.

Namun balik lagi, pada anak usia 2thn, bila asupan sudah baik. Kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi, dan susu tdk diperlukan lagi.

Demikian penjelasan yg dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

40 thoughts on “Tanya : Gmn cara mengenalkan sufor setelah 2th memberikan asi

  1. Dok, mulai usia berapa anak boleh minum susu sapi segar ? Lebih baik mana antara susu UHT dengan susu sapi segar ? Makasih penjelasannya dokter.

    • Diatas 1 thn ya, sebetulnya lbh baik susu sapi segar yg dipasteurisasi sendiri, karena proses lebih minimal, expired juga paling lama di chiller 1minggu kan, UHT expired bisa 6bulan-1thn, karena lbh ada pemrosesan. Begitu kira-kira, semoga bermanfaat

  2. maaf dok,bleh nanyak2 g msalah susu UHT dan sufor??klo sufor kn hrus dcampur air terlebih dahulu agar menjd larutan susu dan larutan susunya itu mudah basi jk tdk cepat dminum stlh beberapa jam dilarutkan.sdangkn UHT kn memang sajiannya itu dlm bentuk larutan.mengapa tdk basi??klo secara akal kn lbh bgus sufor cz basi jk dlarutkn dan tdk basi jk tidak dilarutkn.knpjd UHT yg lbh bgus??pdhl kn memang jdx tuch langsung larutan.mohon penjelasannya..!

    • Hai Ibu,
      Aku coba jawab ya. Jadi gini, sbetulnya kalo ditanya bagus mana sufor atau UHT sih honestly jawabannya lbh bagus UHT. Karena apa?.. karena proses lebih minimal, makanya .. basi nya sufor pun lebih cepet jauh daripada UHT , yang proses lebih banyak, zat alami gizi lbh banyak yg hilang, dan memang tujuan dulu dibuat jaman perang dunia 1 apa 2 ya yg thn 1940 an itu oleh Mr Henry Nestle agar kuat disimpan lama. Drpd pakai susu sapi fresh yg max kuat seminggu di kulkas, ada tehnologi UHT mayan lah kuat 1-2thn. dianggap kurang lama, jadi deh dibikin susu formula, yg kuat 5-10 tahun ya…Cm ya gitu, jadinya mengorbankan zat gizi, sehingga ditambah2kan zat kimiawi ..
      Lalu, kalau bayi alergi protein susu sapi, terlihat lbh cepat pakai UHT, apalagi pakai susu sapi fresh yg kita pasteurisasi sndiri..beda sama sufor yg terlihat reaksinya bisa lebih lama..

      Segini dl yaaa.. semoga bermanfaat

    • Hai ibu,
      Jadi susuformula dan UHT berbeda dari prosesnya walau asal sama-sama dari susu sapi. UHT dengan proses yang lebih minimal, membuatnya jadi lebih mudah basi (lihat expired date di karton hanya 1tahun saja). BEda sekali dengan susuformula yang bisa kuat hingga 5tahun dari tahun pembuatan. Dan tentunya untuk bisa seperti ini, berbagai proses sudah dilakukan sehingga membuat kandungan gizi alami lbh minimal dibandingkan susu yang lebih minimal proses. Penyajian susu formula pun, membuatnya menjadi lebih rentan karena kadar air yang seringkali tidak sesuai dengan aturan yang ada.
      Semoga membantu ya bu.

  3. dokter, jika saat minum ASIP anak kita menghabiskan 130ml setiap kali minum, apakah saat pertama kali memberikan susu UHT pada anak juga dengan volume tersebut?

    • Hai ibu,
      Ini kondisinya anak sudah diatas 1 tahun kan ya. DImana kbutuhan gizi dipenuhi dengan MPASI, ASI cukup malam – pagi hari. Sebetulnya sisanya bila mau meberikan ASIP atau UHT hanya untuk selingan ya, setelah anak gizi dipenuhi dengan MPASI ya. BIla anak masih mau ASIp ataupun UHT silahkan saja dengan porsi yang sama.
      Semoga bermanfaat

  4. Dok, sy mau tanya, anak saya perempuan 14 bln, selama ini full asi, hanya saja skrg asi saya sudah sedikit dan saya tidak punya stock asi bila saya kerja.. jd saya mencoba untuk memberi uht atau sufor.. namun setelah dicoba uht atau sufor, anak saya menolak… dia hanya ingin minum asi.. gmn ya dok, minum sufor hanya 75 ml.. uht pun sama sedikitnya.. apa saya harus menyapih dl anak saya agar dia mau minum sufor atau uht? Biasanya brp lama sih waktu yg dibutuhkan untuk penyesuaian pindah dr asi ke sufor or uht? Sedih sekali rasanya liat anak ga suka minum susu.. pdhl umur sehitu lagi masa2nya pertumbuhan.. gmn cara menyiasatinya agar anak saya suka sufor atau uht? Thanks

    • Hai ibu,
      Waahhh hebat ya.. masih terus memberikan ASI sampai bayi 14m. Ok, jadi begini bu. Anak 12m sebetulnya kebutuhan gizi 70% harus dipenuhi MPASI, dan ASI hanya memenuhi 30% saja. Yaitu dapat dipenuhi dengan menyusu malam-pagi 2-3kali sudah cukup. Jadi ibu tidak usah kuatir bila seharian anak tidak minum susu uht atau sufor, karena tidak ada tempatnya kecuali buat selingan saja. Penuhi asupan anak seharian dengan meal, snack, buah sudah cukup. BIla ada ASI, setelah MPASI masuk, ASI boleh diberikan. Namun bila tidak ada, tidak usah kasi susu tidak apa, asalkan malam tetap ASI ya bu.
      Jadi ngASInya lanjut yaaaa sampai 2y..amiinn

      Semoga membantu

      • Dok mau tanya, anak saya 20 bulan ASI tanpa sufor, rencana 4 bln lg mau sapih, gak suka sufor juga, tp dy suka minum sirup yg manis contohnya vitamin dr dokter kalo dy dapet abis sakit. nah kalo setelah sapih anak saya dikasi madu aja tanpa sufor boleh g? ada bahayanya g kemungkinan bakteri d madu kalo dikonsumsi setiap hari? terus kadarnya berapa? terimakasih sebelumnya dok, mohon penjelasannya

  5. anak saya berusia 3 bulan,,,,karena saya bekerja jadi saya beri anak saya sufor,tapi susah banget terkadang seharian gak minum susu sama sekali…saya bingung bagaimana caranya agar anak saya mau minum sufor,,

    • Hai ibu,
      Hmm.. karena kebutuhannya sampai usia 6bulan adalah murni asupan cairan (susu) memang harus dicari caranya. Mungkin anak tidak suka rasanya, atau tidak cocok dengan media pemberiannya ibu. Masih berusia <6bulan apakah ibu tidak ingin kembali ke ASI? karena biasanya anak lebih menyukai ASI yang berbeda rasa setiap hari karena tergantung dengan asupan ibu, juga gizinya mengikuti perkembangan anak setiap harinya.

      Semoga membantu

  6. Dok..saya mempunyai anak laki2 berumur 2,5 th..anak saya ini klo disuruh minum sufor susah sekali apalagi susu UHT pasti muntah krn dia tdk suka manis..padahal saya sdh mencoba sufor dr Ўƍ murah sampai Ўƍ mahal Τ̩̩̥∂ƿȋȋ̊ ttp sama..Ўƍ ♏äƱ saya tanyakan bagaimana tips agar anak saya ini suka dg sufor..

    • Hai ibu,
      Anak >24m sebetulnya sdh tidak memerlukan nutrisi cair lagi ya. KArena ASI saja hanya membantu pemenuhan nutrisi 5% yang dapat digantikan snack/buah. Nah, susu mamalia lain apalagi, sudah makin tdk ada tempatnya untuk pemenuhan gizi, kecuali sebagai selingan. Jadi, tdk usah kuatir ya anak ibu tdk suka susu UHT maupun sufor apapun, karena tdk wajib sbagai pemenuhan gizi. Justru nutrisi tumbuh kembang harus dipenuhi dengan makanan alami ya bu rekomendasinya

  7. Dok anak saya 20 m, sampai sekarang hanya menyusu ASI saja, tidak mau UHT, formula juga ngga mau baik pake botol atau pun gelas. Saya ingin menyapihnya saat 2 th bagaimana ya caranya agar mau minum susu formula untuk tambahan nutrisinya, karna berat badannya kecil hanya 8,5 kg. Minum air putihnya pun sangat sedikit dan susah. Saat malam hari masi 2/3 kali bangun untuk menyusu pula.. Saya khawatir akan rewel jika disalib tanpa ada pengganti terutama dimalam harinya. Mhn bantuannya ya dokter.mks

    • Hai ibu,
      Sebetulnya kebutuhan nutrisi anak diatas 24m adalah MPASI full ya. Tdk butuh susu apapun , karena ASI saja porsinya hanya 5% dan dapat digantikan dengan camilan lain. Jadi bagusin saja makannya ya, tdk perlu tambahan susu lain tidak apa krn tdk ada tenpat bagi kebuthan nutiris tumbuh kembangnya kecuali nambah-nambahin lemak biar gendut kali ya…namun resiko yang lain2 yang kurang baik untuk kesehatan malah ada seperti alergi, obesitas, besarnya beresiko terkena penyakit metabolisme dll, karena yang penting BB ideal, sudah ga jamannya lagi anak di gendut2in karena sufor, biar dianggap anak sehat ya bu

  8. dok mau nanya nich,anak sya sekarang usiany 19 bulan minggu kemaren udah sya sapih,tp dia susah sekali minum sufor.mau minum sufor cm klo sy cmpur drngan milo itupun sedikit sekali.dia suka minum uht rasa banana dan strowbery,tp anak saya ini klo soal makanan jgn di tanya lg dia doyan semuanya.gmn menurut dokter solusi agar anak sy mau minum sufor?dan apakah susu uht udah cukup buat anak sya?berat ank sya 11kg ,mohon bantuannya ya dokter,terima kasih

    • Hai ibu,
      Sebetulnya kebutuhan anak 12-24m adalah MPASI 70% dan ASI 30%. Jadi menyusu malam-pagi saja sudah cukup dimana seharian anak dipenuhi dengan meal, camilan,dan buah. BIla sdh tdk ASI bagaimana?.. daripada susu mamalia lain apalagi bentuknya formula dimana dengan berbagai macam proses terjadi, hmm… sarannya sih lebih baik berikan jus buah, sayur, camilan atau meal lagi ya.

  9. Dok anak saya cenderung menyukai UHT yang plain,kalau ada variasi rasa dia cenderung tidak suka dan lagi kalau saya beri UHT terus menerus dia juga mudah bosan dok.Terkadang saya selingi dengan susu beruang dan dia suka susu betuang ini.Pertanyaan saya kalau dari segi kandungan gizi baguskah susu betuang ini untuk pertumbuhan anak dok?

    • Hai ibu,
      Asumsi saya anak ibu sudah usia 2 tahun ya.. sebtulnya kan diatas 24m, ASI saja hanya memenuhi kebutuhan nutrisi anak 5% ya dimana bisa digantikan dengan camilan sehat spt buah. Jadi tdk konsumsi susu mamalia lain apalagi sekalipun tdk apa.
      Selama bukan ASI, posisi nutrisi susu mamalia lain adalah sama dan setara.

  10. Sya mau tanya dok,, anak saya usia 13bulan, mkan sma ngemilnya susah, maunya ASI trus, enaknya dikasih sufor ap UHT? Atau dikasih tambahan vitamin? Mkasih

    • Bagaimana dengan makanan saja yang ok. Camilan sehat, buah seperti itu. Menyusui boleh malam-pagi saja sudah cukup. Pemenuhan kebutuhan nutrisi tumbuh kembang 70% adalah dari makanan alami kok, 30%nya ASI.

  11. Dokter, anak saya usia 17 bln dan saya hamil lagi sejak usianya 13 bln. Anak saya sm sekali tidak suka susu formula. Dan saya berencana untuk menyapihnya. Apa yg harus sy lakukan dok? Sedangkan sy konsultaai ke dokter SPA harus mnyapih anak sy agar perkembangan janin sy optimal dn saya harus memberikan anak sya sufor agar perkembangan otaknya optimal sedangkan anak sy tidak mau sama skali. Saya tkut anak saya kekurangan nutrisi dok tetapi nafsu makannya baik dan sangat suka buah-buahan. Saya pnh mencoba memberikannya susu uht yg rasa buah dy agak mau tp satu kotak tidak habis. Apakah sy harus memaksa anak saya untuk memberi susu dok jika menyapihnya? Terima kasih

  12. Anak saya baru kemarin d sapih saat usia 22bln, tp tidak mau mnum sufor /UHT.. Suka ngemil, mkan lumayan masuk dikit-dikit.. Apa nutrisinya sudah terpenuhi, cara buat anak mau mnum susu bagaimana ya, makasih..

    • Hai Ibu,
      Pemenuhan gizi untuk tumbuh kembangnya lebih baik dari makanan alami daripada makanan cair seperti susu mamalia lain, apalagi susu formula. Jadi tidak mau minum susu gapapa ya bu. Beri mpasi aja, camilan, buah, jus, apapun dengan prinsip sedikit tapi sering dan beragam, biasanya lebih mudah masuk pada anak.

  13. Dok mau tanya,anak saya skr 19 bulan, dan masih full ASI, rencana sbntr lg sapih krna ASInya sdh sdkit,jadi mau kenalin ke sufor. Tapi sdh dicoba beberapa merk susu dan cara pemberiannya dr mulai dot,gelas & sedotan tetap tidak mau. Pikir saya ya sudah,tdk usah pakai sufor,tapi berat badan anak saya cukup kecil dok, hanya 10kg,dan makannya agak susah. Jadi saya pikir perlu tambahan nutrisi lagi,,bagaimana ya dok agar anak saya mau minum sufor?
    Trima kasih sebelumnya…

    • Hai Ibu,
      Pemenuhan anak usia ini adalah makanan full dan ASI 30% saja yang artinya sebetulnya menyusu malam sampai pagi saja sudah cukup. Sisanya kebutuhan nutrisi tumbuh kembang dipenuhi dengan makanan full yang sarannya makanan rumahan tidak instan dalam artian minimal proses sehingga zat gizi alami lebih banyak yang terkandung. Kalau ASI saja hanya berkontribusi 30%, susu mamalia lain lebih tidak ada kontribusinya terhadap optimalisasi tumbuh kembang anak. Jadi ya, tidak direkomendasikan juga ya susu mamalia lain apalagi bentuknya sudah terlalu banyak proses seperti susu formula untuk pemenuhan gizi.
      Jadi kalau masalahnya anak sulit makan, bukan susu formula atau susu mamalia lain solusinya, tapi ya bagusin makannya, dengan berbagai macam cara…
      boleh dibaca disini untuk bantu2 nambah info ya bu : https://drmaharanibayu.wordpress.com/2013/09/19/help-anakku-susah-makan/

      semoga membantu

  14. Dok saya mau tanya anak sya dulu suka sufor tapi semenjak kena mencret ampir 2minggu baru sembuh dia ga mau sufor lgi sudah saya bikin di gelas di tempat minum kesukaan nya di botol tetap aja ga mau gimana iia dok.

    • Hai Ibu,
      Ya gapapa kan.. nutrisi yang utama terutama diatas usia 2thn adalah makanan solid. Jadi anak tdk mengkonsumsi susu mamalia lain juga gapapa. Bagusin makan ya, nutrisi untuk tumbuh kembangnya lebih baik dipenuhi oleh makanan alami.

  15. dokter… mau tanya… bagaimana solusi agar anak mau makan.. anak saya 23bulan, tidak mau makan sm sekali padhal sudah berbagai cara sya lakukan, dengan membuatkan makanan yg bervariasi, memberikan vitamain. dia juga tidak mau sufor atau uht, skrg masih asi. rencana saya mau menyapihny. tapi masih takut anak saya kurang gizi. apakah saya tetap harus menyapihnya sekarang atau saya tunggu dia mau mkan dlu? saya takut kalau saya sapih dia akan rewel kalau mau tidur, secara biasany dia tidur pasti sambil nenen. malam juga suka kebangun minta nenen. bener2 dilema dok… help me please…

    • Hai ibu,
      Hihihihi, ada kalanya memang si Kecil GTM atau gerakan tutup mulut. Tetap dirayu ya dengan berbagai macam makanan, contohkan atau makan bareng dengan keluarga (karena si KEcil adalah peniru yang pintar), ajak dia makan dari piring mamapapa, berikan menu bervariasi, dibikin bentuk-bentuk lucu dengan warna-warni seperti dibikin bento, macam-macam. GTM ini bisa juga bentuk respo dia terhadap sekitar, misal ada mbak baru, pindah rumah, lagi ga enak badan, dan lain-lain.
      Jadi coba senangkan hatinya, dan ya cobakan merayunya seperti cara yang diatas saya sebutkan.
      Jangan kuatir, GTM akan berlalu kok, yang penting tdk mengenyagkan si Kecil dengan susu mamalia lain ya, nanti malah ga mau makan.

      Semoga membantu

Leave a Reply

