Tanya ; Bayi 10bulan, ASInya encer, gimana caranya biar ASI kental ?

Tanya :

Hai, anak saya 10 bulan, sudah tidak menyusui langsung selama 3 bulan terakhir, saya pumping sehari 3 kali, kira2 sekali pumping sekitar 120 ml. anak saya dari 3 bulan minum asi campur sufor. dah 1 bulan terakhir, asi yang dipumping encer dan berwarna kuning. pup anak saya kadang berwarna agak hijau, kadang kuning. apakah itu disebabkan karena asi-nya encer ? bagaimana cara agak jadi kental?

Jawab :

Hai ibu,

Saya coba bantu jawab ya.
ASI ibu tidak apa-apa, seiring dengan usia bayi yang bertambah besar, gizi nya akan mengikuti otomatis. Karena, ASI berubah tiap hari komposisinya mengikuti usia bayi.
Pup bayi ASI mengikuti asupan. Hijau bisa juga karena asupan sayuran yg terkandung dari makanan ibu, bisa juga dari makanan bayi (10 bulan sudah MPASI full kan ya – 3 makan besar + 1buah).
Bisa juga, bayi mendapatkan foremilk saja, dimana bukanlah suatu hal yang menghawatirkan. Memang sebaiknya bayi menetek langsung, karena hindmilk terdapat pada ASI akhir dari payudara.
Tidak ada diet khusus agar ASI menjadi lebih kuning ya bu.

Semoga informasi ini dapat membantu

Leave a Reply

