Tanya : Baby 3m sedang Flu, lebih baik disusui langsung atau ASIP ?

Tanya :

Baby sedang flu. Frekuensi menyusui berkurang. Saya sudah kembali bekerja setelah 3 bulan cuti. Dulu setiap ditawari menyusu langsung mau, sekarang sering menolak. Apa pemberian asip boleh2 saja atau lebih baik disusui langsung?

Jawab :

Dear Ibu,

Bayi sedang flu sdikit lebih malas menyusu, sama aja kaya kita kl lg ga enak badan sdikit kadang malas menyusu. Tp ga lama, karena bayi butuh kenyamanan, dan menyusu adalah hal yang paling nyaman buat bayi.. sarannya : sering skin to skin aja ibu dan bayi. Dengan skin to skin, memacu bayi lebih sering menyusu, sehingga flu nya cepat sembuh.

Tidak ada masalah pemberian ASIP asal dengan penyimpanan yang benar, biasanya yg jadi masalah adalah bila media pemberian ASIPnya dengan dot. Ini akan menyebabkan bayi malas menyusu langsung atau yang kita bilang bingungputing. Sehingga disarankan pemberian ASIP dengan cupfeeding. Bila sudah terlanjur diberikan dot, sebaiknya stop dot nya dan segera mulai cup feeding. Bila diperlukan, lbh baik ke klinik laktasi ya, untuk diajarkan cup feeding yg benar, dan untuk mengembalikan bayi mau menyusu langsung lagi. Karena bila bayi tdk mau menyusu langsung, lama2 produksi ASI ibu akan drop, sehingga ASInya tidak panjang. Ini yg kita coba cegah

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s