Nipplepore

Apaan si nipplepore itu ?

Jadi nipplepore adalah sumbatan di saluran keluar ASI, didaerah nipple.. jadi bener2 di luar banget gitu kaya jerawat di puting, dan bisa menghambat pemberian ASI

Busui yang ada nipplepore , akan merasa nyeri saat menyusui, lalu PD sakit, karena bengkak, ASInya ga bisa ngalir keluar..

Gambarnya nipplepore kurleb kaya gini

Keliatan ga ada sumbatan warna putih pekat..di ujung nipple .. nah, itu namanya nipplepore

Knapa bisa terjadi nipplepore ? biasanya intinya masalah sama latchOn..Jadi, baby ga bisa nyedot dengan optimal lagi.. Sehingga bikin ada yg nyangkut.

Masalah sama latchOn apa penyebab tersering ? … yak DOT sama KEMPENG .. yang bikin baby bingungputing

Selain itu ada juga kelainan anatomis, seperti tonguetie

Cara ngatasin nipplepore nya gimana? .. masi inget cara ngatasin sumbat ASI ? .. kurleb sama pada awalnya…

Th/ nipplepore  : massage, kompres panas, perah/pompa, uda abis.. baru baby suruh nen..

Dengan harapan, baby latchOn bener sih bisa lepasin si clog/sumbatan nipplepore ini.

Karena baby akan menyedot lebih semangat dibanding dengan PD penuh, ngenyotnya bisa santesante

Kalo belum lepas juga.. th/ nipplepore ini kaya ngeluarin jerawat gitu lho.. coba pencet2 tapi tangan yg bersih ya..

Masih ada juga, saran sih segera ke klinik laktasi .. untuk th/ nipplepore . Akan dibantu dengan alat2 steril untuk mengeluarkannya.

Prosesnya mudah sebetulnya .. th/ nipplepore ini ujungnya ditusuk pake jarum, lalu dicungkil pake pinset khusus dan dipencet2 agar sumbatan lepas, sekalian luka di wash sama ASI ..

Biar ga sakit, sebelumnya disemprot sama semprotan khusus sebagai pem baal / penghilang rasa sakit. Jadi ga nyeri

Kl bisa ke klinik laktasinya bawa bayi ya.. jadi slain di wash sama ASI .. langsung di nen sama bayi lbh bagus lagi.. skalian bersiin bila ada sisa, akan tersedot bayi.

Bila ada masalah latchOn ya sekalian di perbaiki yah..

Sekian, semoga bermanfaat

6 thoughts on “Nipplepore

  1. Ooh jd dlu yg saya alami nipple pore, klo dengan pluckmilkdutch sama gak? Inget sakitnya, ke klinik laktasi ditusuk jarum 2x krn ada 2, g dikasih bius smpe hampir pingsan dok.. Klo kata dokternya si krn asi yg terlalu deras tidak tuntas dkosongkan, apa benar faktornya itu juga ya?

    • Hai Ibu, sama saja sih ya.. intinya si nipple pore ini adalah puck milk duct namun berada di ujung saluran puting. Macam-macam penyebabnya, bisa yang disebutkan diatas bisa juga karena pengosongan payudara tidak optimal atau karena latchOn yang kurang oke misalkan biasanya karena baby bingungputing awal yang disebabkan oleh dot/kempeng.

      Semoga membantu ya bu

  2. dok.. saya baru mengalaminya.. ada sumbatan kuning.. dulunya payudara lecet karena pelekatan belum pas..
    langsung diambil sendiri aja gitu gpp dok?tp sakit..

    oiya dok.. asi saya tidak bs sampe mancur2 apa karena nipplepore jg?
    klo diperah 1 payudara paling 30-50ml… dulu pernah 2 pd cm 30ml..

    • Hai Ibu,
      Bila ada nipple pore sih sebetulnya kalau latchOn oke, memang bisa copot sendiri. Dan tidak berhubungan ya, karena ada nipple pore, jadi produksi bermasalah, apalagi bila tidak sakit. Karena intinya ada sumbatan dan ini letaknya di ujung saluran, bila memang benar nipple pore, ibu akan merasakan sakit. Bila produksi ASI sepertinya menurut ibu kurang banyak, coba dilihat dulu. Bagaimana latchOn bayi? sudah oke/belum?, ada riwayat dot/tidak?, bagaimana BAK bayi, bagaimana grafik pertumbuhannya, bayi usia berapa?..dll. Masih banyak yang harus dievaluasi ya bu.

      Semoga membantu ya bu

  3. Dok saya terkena nipplepore saat ini, Saya rencana ingin asix tapi berat badan baby saya cuma naik 400gr saja. Fyi baby saya lahir 10 sept ditimbang dan sekalian imun 12 okt, memang sempat diberikan susu formula utk mendongkrak bb nya, tapi tetap tidak ad perubahan dok. Saya khawatir apa asi saya tidak cukup utk sikecil ya dok?

    • Hai ibu,
      Bagaimana dengan media pemberian sufornya? bila ada riwayat dot saran stop dotnya, dan kembali relaktasi. Bila tidak ada riwayat dot/kempeng, bagaimana dengan latchOn/perlekatannya? bila ragu, evaluasi ke konselor atau ke klinik laktasi ya. Karena nipple pore n BB ga naik banyak itu biasanya muncul krn masalah latchon, bisa karena belum benar, karena gangguan anatomis yg menyebabkan latchon ga benar2, bisa karena riwayat dot/kempeng yang bikin bingput dan latchon jadi ga benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s