True Story : Anak ASI dengan Leukemia Lebih Kuat Hadapi Kemoterapi

Mau share aja pengalaman salah 1 pejuang ASI, dengan ijinnya.

Dear Rani,
Haiii Ran, suka bgt deeh baca share kamu tentang asi. Walaupun skrg udah ngga menyusui lg, tp tetep seneng bgt bacanya. Ran, aku mau share pengalamanku tentang asi, boleh yaa.. Mungkin kamu tau anakku, Hana sakit leukemia sejak agt 2010 (ALL L1 high risk). akhirnya dia menjalani khemo sesuai program (intensif 16x selama 4 bln dan fase remisi selama 24 bln). U know Ran, Alhamdulillah walaupun pd fase high dose, Hana itu kuat. Rambutnya ngga botak, rontok memang tapi mungkin hanya 1/3. Dia jg ngga muntah or sariawan or kulitnya jg ngga berubah hitam. Ada sedikit coklat di buku2 jari tangan tp ngga terlalu keliatan. Profesornya dan dokter2 jaga secara terpisah pernah tanya sm aku, Hana dikasih asi? Brp lama? Aku jawab iya, Hana asix dan baru aku sapih umur 2th 3 bln. Mrk blg, itu yg membuat badan hana kuat bertahan menghadapi khemo. Kamu tau Ran, aku itu ngga brenti nangis. Aku bersyukur bgt krn merasa aku telah memberi kekuatan utk hana (I know kekuatan itu dr Allah). Jd aku semakin melihat betapa asi itu bisa memberikan perlindungan kpd anak kita bahkan disaat terberat dlm kehidupan mrk. Subhannallah bgt deh Ran pokoknya. Selain itu pd saat hana divonis, anak ke 2ku (Attina) msh umur 8 bln, msh asi jg. Dan krn mungkin aku stress berat, dlmwaktu hampir 2 mgu asiku langsung brenti…ti..total, ngga keluar sm sekali. Dgn terpaksa dia dikasih sufor (yg ngerawat Itok n Ninit tuuh). By the time, saat hana sdh selesai dgn khemo intensif yg 4 bln itu, berarti kan aku sdh lbh bnyk stay di rumah, naah aku kangen pengen nyusuin lagi dan keknya feeling guilty tiap kali liat Attina ngedot. Akhirnya setiap hari aku tetein Attina, walaupun ngga keluar tp aku biarin dia mentil, tidur jg aku pentilin. Pokoknya aku udah kaya sapi deh, baju jarang dikancingin yg pentingi Attina nyusu ke aku. Aku minum sari kurma, minum susu n makan sayur apa aja aku makan wkwkwk *rakus dan niat keknya beda tipis yaak* dan Alhamdulillah Ran, kira2 1 minggu deh asiku keluar lagi, sangat cukup utk Attina dan sufor aku stop. Aku jd inget pas dulu bgt pernah liat di tv talkshow dr Utami Rusli. Beliau blg bhw menyusui adalah kombinasi (beliau megang kepala dan dada) it’s mean ur mindset n ur heart/love must be in 1 direction, and I proof it to my daughters. Thanks for ur time Rani, have a blessed day n good luck yaa..

Luv yaa.. :*

Wulan ‘Utie’ Harsono

3 thoughts on “True Story : Anak ASI dengan Leukemia Lebih Kuat Hadapi Kemoterapi

  1. I had forwarded this story to my friends and most of them were speechless after reading this writing.

    Ibunya Hana bnr2 tough dan ‘ngeyel’ soal ASI (buat Attina). Pasti perjuangan bgt. Tp kita kyknya kok malah malu ya klu dsebut berjuang? Hihi. Pdhal ASI itu kan hak anak2 kita. Kewajiban kita malah (Ada jg kan di al Qur’an?). Ternyata ini tho slh satu manfaat besarnya :))

    Thanks for sharing ibunya Hana dan dok Rani. Inspiring bgt! Like this lah.

  2. Sangat sangat memberikan motivasi untuk memberikan hanya ASI ke anak tercinta,,saat ini saya sedang berusaha agar anak saya jg hanya dpt ASI,,wlapun smpt d ksh sufor saat dia lahir(nyesel krn br tau setelah bayi d bawa pulang)

Leave a Reply

