Tanya : konseling ASI untuk pemula

Tanya :

Assalamualaikum wr wb
Saya sedang hamil 6 bulan. Ada bbrp hal ttg asi yg ingin sy tanyakan.

1. Bgmn cara agar ASI keluar tepat pada saat bayi lahir. Adakah pijat atau perawatan khusus untuk payudara utk memungkinkan Hal itu terjadi?

2. Saya ingin IMD kelak, ketakutan saya bagaimana kalo pada saat itu ASi Saya belum keluar?

3. Kalau setelah bayi lahir ASI saya belum keluar apa yang harus saya lakukan utk memberi asupan makanan utk bayi saya? Karena menurut yg saya baca kita tdk boleh memberikan sufor pada newborn baby, dan bayi bisa bertahan 3 hari setelah dilahirkan tanpa diberi asupan apa2. Apakah hal itu benar ?

4. Menurut info yg saya baca juga, utk melancarkan ASI yg plg ptg adalah dikeluarkan secara teratur walaupun tiap dikeluarkan atau diperah hasilnya cuma sedikit. Kalau pada saat tiba waktu memerah tapi bayi masih kenyang atau sedang tidur, kan ASIP hrs disimpan utk diberikan ke bayi waktu dy bangun, berarti memberi ASIP ke bayi menggunakan dot dong ? Lha, kalo nanti bayinya malah jd bingung puting gimana ?

Saya kira sekian dulu pertanyaan saya, mohon penjelasannya.
Trimakasih
Wassalamualaikum wr wb

Jawab :

Dear Ibu,
Saya akan bantu untuk jawab satu satu ya.

1. Bgmn cara agar ASI keluar tepat pada saat bayi lahir. Adakah pijat atau perawatan khusus untuk payudara utk memungkinkan Hal itu terjadi?

Pijat Payudara saat masih hamil saat ini sudah tidak disarankan lagi, karena menurut penelitian tidak memberikan hasil yang berarti, dan malah beresiko kontraksi rahim yang dikawatirkan malah jadi persalinan sebelum waktunya.
Yang harus diingat adalah, semua ibu bisa hamil, ASI pun dirpoduksi sejak kehamilan 20minggu (laktogenesis/pembentukan ASI tahap 1). Namun, ASI tidak dapat keluar karena ditahan oleh hormon kehamilan yang ada di ari-ari bayi. Saat bayi lahir, ari-ari diambil hormon dalam tubuh Ibu turun, ASI dapat keluar. Ada jeda sampai sekitar 72 jam pasca bersalin, karena kadar hormon yang masih tersisa dalam peredaran darah, dan akan habis sampai 72jam pasca bersalin. Sehingga setelah 72jam pasca salin ASI bisa keluar karena tidak ada hormon kehamilan lain yang menahan. Tapi ada caranya untuk merangsang yaitu skintoskin dan coba menyusui tiap 2jam sekali. 

2. Saya ingin IMD kelak, ketakutan saya bagaimana kalo pada saat itu ASi Saya belum keluar?

IMD pada hakekatnya adalah skintoskin, dan interaksi-bonding awal ibu dan bayi. Bayi hanya tidur saja didada ibu juga gapapa atau bila bayi tidak berhasil meraih areola payudara ibu atau sampai menyusu. Tidak perlu ASI sampai keluar, bahkan memang biasanya ASI belum keluar, lihat lagi jawaban no.1. Namun, dengan adanya interaksi awal ini, yang akan memicu reflex kepada tubuh ibu untuk memerintahkan produksi dan pengeluaran ASI untuk bayi berjalan.

3. Kalau setelah bayi lahir ASI saya belum keluar apa yang harus saya lakukan utk memberi asupan makanan utk bayi saya? Karena menurut yg saya baca kita tdk boleh memberikan sufor pada newborn baby, dan bayi bisa bertahan 3 hari setelah dilahirkan tanpa diberi asupan apa2. Apakah hal itu benar ?

Bayi cukup bulan (minimal 37-38minggu usia kehamilan) sudah dibekali lemak coklat sebagai pengganti metabolisme “puasa” nya bayi selama 72 jam tadi karena fungsi tubuhnya setelah 72jam ASI baru keluar. Tetapi, untuk bantu lebih cepet keluar ASInya (Laktogenesis/pembentukan ASI tahap2 yaitu sejak bayi lahir sampai 72jam pasca lahir) selama periode ini, tetap dilakukan skin to skin (inget ya..skin to skin, bukan skin to baju, bukan skin to bedong. skin to stagen/gurita) .. dan bayi dicobakan menyusu dengan perlekatan/latchon yang benar 8-12x perhari , selama 15-30menit setiap periode menyusu, walau sepertinya nggak ada yg keluar dari payudara Ibu. Ini untuk membangkitkan reflex ibu, memerintahkan badan ibu memproduksi ASI dan menjalankan tahapan laktogenesis. Jadi bukannya didiemin aja bayi nya atau dipisah dikamar bayi atau ditaro di box, ga ditempelin ke ibunya. 

4. Menurut info yg saya baca juga, utk melancarkan ASI yg plg ptg adalah dikeluarkan secara teratur walaupun tiap dikeluarkan atau diperah hasilnya cuma sedikit. Kalau pada saat tiba waktu memerah tapi bayi masih kenyang atau sedang tidur, kan ASIP hrs disimpan utk diberikan ke bayi waktu dy bangun, berarti memberi ASIP ke bayi menggunakan dot dong ? Lha, kalo nanti bayinya malah jd bingung puting gimana ?

Produksi ASI tergantung kebutuhan, makin sering dikosongkan (dengan di perah/di nen langsung) makin banyak produksinya. Awal2 sih baby kasi nen langsung aja kalau ga ada masalah. Beda cerita kalo bayi sakit atau next ibu kerja , apapu deh yg ga memungkinkan nen langsung, pake ASIP. Media nya ya ga pake dot dong. Kita ga saranin baby nge dot/kasi empeng pada semua bayi yang masi dapat ASI. Pake cangkir kecil/cup feeder sebagai media, jadi baby ga akan bingung puting

Sekian jawaban sekilas yg bisa saya bantu, Ibu bisa baca2 blog ku, karena ada penjelasan tentang anatomi fisiologi menyusui, sampai belajar cup feeding dan bingung puting. belum sempurna sih, masi sama2 belajar, namun semoga bisa membantu.

Semoga bermanfaat

12 thoughts on “Tanya : konseling ASI untuk pemula

  1. Dok, pada point 3 ditulis bahwa bayi cukup bulan (minimal 37-38minggu usia kehamilan) sudah dibekali lemak coklat sebagai pengganti metabolisme “puasa” nya bayi selama 72 jam tadi karena fungsi tubuhnya setelah 72jam ASI baru keluar. Trs bgmn dengan bayi yg lahir sebelum itu, apakah bisa tetep ASI ataukah harus dibantu sufor ? Terimakasih

  2. Hai dokter ….
    Saya 4 tahun yg lalu pernah operasi tumor jinak di payudara tepatnya di aerola puting PD sebelah kanan. Skrg saya lagi hamil anak pertama UK 35 minggu, kira2 nanti akan berpengaruh sama produksi ASI g ya ? Mohon penjelasannya, terimakasih dokter

    • Hai Ibu,
      Waa selamat ya dengan kehamilan anak 1 ibu, ikut happy dengarnya.
      Untuk case ini, tidak ada masalah ya ibu, dengan kemampuan produksi ASI, jd tidak usah kawatir. Asal ingat ya, skin to skin dan dicobakan menyusui setiap 2jam sekali paling tidak 15-30menit terutama di 72 jam pertama kehalihan, di awali dengan IMD min 1jam sesaat setelah lahir bila bayi dan ibu sehat ya

      Semoga bermanfaat

  3. Dok saya mau tanya..ini lagi bingung banget, sy udah lebih dari 72 jam dari waktu melahirkan tp ASI sy blum juga keluar…ini tetep lagi upaya skin to skin dan menyusui teratur tp kalo blum kluar juga bayi sy sebaiknya dikasih apa ya dok? Sy takut bayi sy kelaparan karna udah lebih dari 72 jam blum dikasih apa-apa..makasih dok

    • Hai Ibu,
      Perbaiki perlekatan dan rangsang menyusui dan skin to skin paling lama setiap 2jam sekali, sekali periode setiap 15-30menit. Coba temui konselor untuk membantu evaluasi perlekatannya ya.

  4. Senang sekali bisa menemukan blog bu dokter, seandainya sdh tau sblm lahiran anak saya gak akan sempat saya beri susu formula, sangat mengecewakan rmh sakit tempat saya bersalin tidak mengetahui byk soal asi dan byk memberikan saya informasi yg salah, dan juga tidak mendukung pemberian asi dengan serius..malah menganjurkan formula saat sudah 2×24 jam saya merasa asi tdk keluar, dan saat berat badan anak saya kurang diusia 1 bln. Terimakasih dokter atas blog-nya, saya semakin yakin dng kekuatan asi

  5. Dokter saya mau tanya, anak saya dah lahir 7 hari tp asi saya keluar hanya sedikit sekali dan warnanya kuning, kental dan lengket. Kata orang itu kolostrum, tapi kenapa saya selama 7 hari itu hanya keluar itu. Karena saya kasihan anak saya dehidrasi dengan berat hati saya pake sofur untuk tambahan makanannya.Gimana ya dok agar asi saya bisa lancar? Soalnya saya dah minum obat, jamu pelancar asi tp belum ada perubahan. Terimakasih

    • Hai ibu,
      Bagaimana dengan perlekatan menyusuinya?.. karena ini adalah yang paling penting dalam memproduksi ASI. Coba cari klinik laktasi atau temui konselor menyusui ya bu, utnuk diajarkan cara menyusui yang benar agar produksi ASInya juga mumpuni. Apalagi bila pemberian susu lain dengan media dot, sbaiknya ibu segera stop dotnya, dan ikut program relaktasi.

      Semoga membantu

  6. Sore dokter,
    Bagaimana y tahapan relaktasi.saya sudah berhenti menyusui di umur 5 bln babyna,krn sakit.saya ingin asi full lg dokter.bagaimana y tahapannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s