Tanya : PD Kempes Ada Isinya ?

Pagi dokter,

Dok, 3 hari ini PD sy kempes kalo lg nenenin LDR udah ga ky dl lg,skrg sy sedang menyusui anak ke 3 (anak sy cowo smua) usia anak ke 3 baru 3m12d..skrg jg nyusunya bkurang (ASIX) hrs dipaksa nenen,ga ky sblm2nya gampang bgt dsuruh nenen kalo dlihat dr kasat mata,sepertinya kurusan,saya bingung dok😦

Apa bener ada yg namanya ngentengin badan kalo baby mau pinterin (mau bs tengkurep,jalan,ngomong,dll)

Thanks

Jawab :

Hai Ibu,

Bagaimana riwayat menyusuinya selama ini? apakah ada diselang dengan DOT atau baby diberikan kempengkah? sehingga berkemungkinan bingungputing dan mempengaruhi produksi ASI.

Bila tidak , aman saja kok walau tidak LDR. Baby menyusu langsung dari PD pasti cukup, karena seperti sungai mengalir terus..walau diperah/pompa sepertinya sudah tidak ada.

Untuk permasalahan jenis kelamin, bayi laki-laki maupun perempuan sama kebutuhan pemenuhan gizinya, jadi ibu tidak usah kawatir berfikir bayi laki-laki membutuhkan ASI lebih banyak daripada bayi perempuan.

Coba dicek tanda kecukupan ASI walaupun “sepertinya” anak mengurus , agar tidak jadi syndrom Ibu ASI kurang :

1. BAK (buang air kecil) minimal 6x/hari. Bila menggunakan diaper, bila ganti diaper 3-4x/24jam dengan ukuran bekas BAK kira2 setelapak tangan ibu (asumsi sudah 2x BAK) sudah cukup
2. Kenaikan BB cukup 17-20gr/hari atau 500-600gr saja perbulan untuk target bayi ASIX atau sampai 6bulan
3. BAB bukan patokan ya pada bayi ASIX. Bayi bisa BAB berkali-kali (karena ASI ada sifat sebagai pencahar), juga bisa tidak BAB sampai 10hari (karena ASI terserap sempurna).

Untuk pertanyaan apakah ada hubungan mau minterin jd kurusan..hehe..itu data ilmiahnya aku belum pernah nemu, jadi blum bisa jawab daripada salah.

Sekian info yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat ya.

12 thoughts on “Tanya : PD Kempes Ada Isinya ?

  1. Assalam dok..mau nanya..
    Baby ku skrg 2m2w..kmrn aq pompa asi 150ml stiap pagi bangun tidur..itu untuk stok aq masuk kerja ntar..dan baby tetap aq susuin badan sedari pagi sampai pagi lg hehe.. tp skrg klo pompa asi cm dpt sktr 50-70ml saja..itu apa ya penyebabnya?
    Dan biasanya klo 3jam aja ga nyusuin baby biasanya PD aq serasa kenceng n penuh bgt..tp skrg ttp lembek saja..
    Mohon petunjuknya dok..trimakasih..

    • Hai ibu,
      Adakah riwayat dot/kempeng pada baby ibu? kalo ada masih mungkin baby ibu sudah bingungputing tahap awal sehingga mengalami penurunan produksi walau baby masih mau nen langsung.
      Kalau tidak ada riwayat dot/kempeng, coba kosongkan PD lebih rutin. jangan tunggu penuh, jadi kosongkan tiap 2-3jam sekali, dan bantu dengan 1 PD di nen, 1 PD sebelahnya di perah, gitu terus bergantian.

      Semoga bermanfaat ibu

    • assalam dok…mau tanya….
      baby ku sekarang 2,5bln sejak lahir baby susah minum asi karena asi keluar sedikit tiap kali dikasih asi selalu menangis dan tiap aq pompa hasilnya cuman 20cc ja skrg PD aq kempes dan aq tidak pernah merasakan PD yg penuh dan kenceng meski tidak dinenenkan mohon petunjukkan dok supaya produksi asi sya banyak dan baby mau nenen …… trimakasih

      • Hai ibu,
        Apakah babynya ada riwayat penggunaan dot dan empeng? kalau iya.. saran di stop dot/empengnya.. trus ikut program relaktasi yuk. Perlekatan menyusui ibu harus diperbaiki agar produksi ibu kembali mumpuni untuk bayi ya.

  2. Mo tanya nih dok..
    Bayi sy umur 49hari.sth lahir masuk nicu krn menangisnya merintih sebab prematur 35mg.selama dinicu otomatis dikasih dot meski isinya asi saya.
    Sth plg dirmh,sy sempat melakukan relaktasi,tp sdh 3hr ini bayi sy balik lg kedot krn BBnya turun dan oleh drnya diksh neosure unt nambah BB yg otomatis pake dot lg unt ngasihnya.
    Mslhnya hr ini bayi sy tdk mau menyusu lsg lg kesaya,asi makin kurang selain itu puting sy besar dok jd semakin susah unt bayi menyusunya.apakah puting besar bisa make cara suplementasi agar bayi sy mau menyusu lgs kesaya dok?Oya BBnya turun itu krn puting sy yg besar,sedangkan mulutnya kecil shg jd malas menyusu lgs.mohon jawabannya,makasih

    • Hai Ibu,
      Sebetulnya ukuran puting bukan halangan ya, karena puting itu lentur, dan mekanisme menyusu pada bayi adalah lidah perah areola, dengan mulut bayi mangap lebar. Mmm.. coba buka di blog saya tentang latchOn ya.
      Jadi, case bayi ibu malas menyusu adalah karena baby nya bingungputing memang, masalah anatomi PD ibu tidak usah dikuatirkan.
      Kalau boleh saran, ibu temui KL atau keklinik laktasi untuk dibantu relaktasi ya, ada tahapan-tahapan yang harus dijalankan.. mumpung usia bayi belum terlalu besar, kemungkinan berhasil cukup tinggi sampai pada bayi dapat ASI saja, asalkan dijalankan berkesinambungan

      Sekian yg dapat saya infokan

  3. Dok, diatas ditulis klo ASI bisa bersifat pencahar. Klo bayi sering BAB apakah berarti ASI saya bersifat pencahar ? BAB bayo saya berwarna kuning dan seperti ampas. Dan Apakah BAB sering itu adalah normal ato bisa berpengaruh pada perkembangan dia ? Terimakasih

    • Hai Ibu,
      Yak benar.. kandungan ASI selain karena komposisinya sesuai sehingga bisa terserap sempurna oleh bayi, juga mempunyai sifat sebagai pencahar bila ditemukan hal-hal yg kurang baik bagi bayi. Contoh : bayi awal-awal kelahiran ni, banyak hasil pecahan sel darah merah yg bernama bilirubin yang dapat menyebabkan bayi kuning. Nah, dengan bayi lbh banyak mendapat ASI, karena bersifat sebagai pencahar, ASI dapat mengikat bilirubin tersebut dan dibuang salh satunya dengan BAB. Atau contoh ke 2, bayi aga kolik nih.. kok ga BAB beberapa hari lewat pada awal MPASI dan mendapatkan asupan yang bayi hypersensitif..trus aga rewel. Yak, waktunya nenenin lbh sering ya, biar baby gampang BAB karena salah 1 sifat ASI sebagai pencahar, bilav’bertemu’ hal yg tidak baik bagi bayi.

      Semoga bermanfaat

  4. Dok,,intinya PD kempes peyot dll itu tetep ada isinya gt ya dok ?
    Krn knyataan bgt it trjdi pd sy..sy brfkir produksi asi brkurang krn g kyk wkt prtm2 lahir anak.PDnya kenceng penuh bengkak.skrg bengkak aj jrg dirasakan..biasanya kl ud kosong berasa banget PD lg mngisi.skrg shabis netein g berasa full lg asinya, PD pun kempes.
    Apa pengaruh dr KB ya dok (KB sy suntik per 3 bulan). Trims sy tgg jwbnny ya dok cantik..🙂

    • Hai Ibu,
      PD kempes ya bukan berarti tidak ada isinya. Lagipula selama bayi tidak ada riwayat dot/kempeng dan bayi nenen langsung, ASI kaya sungai mengalir ada terus.
      Pengaruh KB masih mungkin walaupun tidak banyak dan tergantung individu masing-masing

      Semoga bermanfaat

  5. Mau cerita sdkt nih dok. Sy mlahirkn anak laki2 ketiga dgn BB 3,2kg n PB 48cm. Skrg anakku usianya 9m9d dgn BB 7kg n PB 70cm. Slm ini asi exclucv n makannya bnyk n sering diselingi buah n kue2…
    Anakku br dua hr ini kenal sufor n dot(krn ketakutanku akan BBnya yg rendah,mkny ditambahin sufor). Di usianya ini,gigi lom ada yg keluar,tp dah bs jln sendiri 2lgkh.
    Sy takut nih dok….apakah ada yg slh dgn anakku?? Sy hrs gmn ya doook???

    • Hai ibu,
      BBnya sih sekilas dilihat cukup ya walau naiknya pas hehe. Mmm, skr uda usia 9 bulan, bagusin makan ya biar BBnya ga mepet daripada pakai sufor. Buat nambahin lemak, boleh tambahin minyak 1sdteh/porsi mealnya, uda 9 bulan brarti minimal 125cc, uda 4x makan ya, 3x meal dan 1x snack.
      Mm, sedikit saran, dotnya apalagi ya.. lebih baik nggak usah krn nanti ganggu perlekatan menyusui, malah ganggu produksi ASI, lbh repot lagi.

      Semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s