Tanya: Bayi 18m, ASI berkurang.. Butuh Sufor ga?

Dok, anak saya sekarang sudah 18bulan masih asi, tp sepertinya asi saya mulai berkurang apakah perlu tambahan sufor? Soalnya berat badan nya juga hanya 10kg. Terima kasih sebelumnya.

Jawab:

Hallo Ibu..

Kalau dilihat hanya dari data ini saja (18m 10kg) menurut tabel menkes BB/U sih masih normal.. jadi rasa2nya tidak perlu tambahan susu formula ya..
Masih ASI kan? lanjutkan saja ASI smp 2tahun, diatas 12m, ASI lgs malam – pagi 2-3x saja sdh cukup sampai 24m. Karena kebutuhan gizi lainnya harus dipenuhi dengan MPASI, yaitu asupan 3-4x dan selingan (snack/buah) 2x yah.
Dan ASI itu sesuai dengan kebutuhan gizi anak, jadi produksi ya mengikuti juga bisa terjadi penurunan adalah wajar.

Semoga bermanfaat

2 thoughts on “Tanya: Bayi 18m, ASI berkurang.. Butuh Sufor ga?

  1. Anak saya 17 bulan bb hanya 8 kg, full asi. Aktif dan jarang sakit. Kadang susah makan. Suka ngemil roti dan biskuit. Saya coba sufor dia gak suka. Uht juga cuma sedikit2. Bagaimana supaya bb nya bisa nambah dok??? Asi sya juga sudah berkurang anak sya suka marah kalo menyusu sampai puting sya lecet digigiti.
    Trimakasih

    • Hai mom, perbaiki makan sih memang untuk menaikkan berat badannya, dan bukan sufor maupun UHT jawabannya. Nyusu malam sampai pagi saja sudah cukup, dan kasi tau anak tidak boleh gigiti puting ibu karena sakit, agar anak mengerti, dan tidak di empengin puting juga ya bu.
      Bisa juga dengan cara maakannya bareng sama keluarga agar anak tertarik makan banyak, cari tau kesukaan anak makannya apa, dan batasi cemilan agar anak mau makan besar ya ..

      Semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s