No Ngempeng No Gigit PD

Menyusui itu anugrah banget.. tapi sejalan umur yang ada, ada pengerasan gusi, bahkan ada pertumbuhan gigi yang timbul yang bisa dimulai sejak usia 4bulan (tergantung individu) .. dan kita kan mau menyusui sampai 2tahun usia bayi.. bayangkan sudah berapa banyak gigi yang ada.

Skin to skin dan mencoba menyusui setiap 2jam (paling lama) selama 72jam awal kehidupan adalah mutlak , untuk memicu laktogenesis (pembentukan ASI) tahap ke2 agar ASI bisa produksi dan mengalir keluar, masih inget ya dengan anfis menyusui dan baru lahiran kok ASI ga keluar. Dari sejak baby lahir, pelajaran disiplin no 1 adalah no ngempeng.

Sejak awalpun.. baby paling menyusu 15menit – setengah jam saja. Bahkan bila ASI sudah mulai keluar, baby menyusu (latchOn benar) 5-10menit saja dia sudah kenyang. Dan sisanya, maaf baby hanya ngempeng.Taunya dari mana ngempeng ? mudah sekali … bila latchOn benar, areola masuk banyak (karena menyusu adalah lidah perah areola, bukan hisap puting), dan mulut mangap lebar, nah bila mau ngempeng.. baby akan memundurkan sedikit kepalanya, sehingga hanya dapat puting PD saja, areola terutama bagian atas akan terlihat tersisa banyak (kelihatan) .. karena kalau lidah perah-perah/hisap-hisap puting ga akan keluar ASI, namun ini menyenangkan buat bayi karena bayi sedang fase oral …jadiiii… 24jam juga kuat kaliiii bayinya. Hanya, ibu bayi akan babak belur, termasuk puting ibu akan lecet ga keruan karena gesekan yg tidak perlu oleh lidah.

latchOn benar dan salah

bayi ngempeng PD, terlihat areola banyak, bayi hanya mendapat puting

bayi ngempeng PD, terlihat areola banyak, bayi hanya mendapat puting

Nah, jadi sedari dini kita tidak ajarkan baby untuk ngempeng. Saat baby sudah mulai mundur, bisa bantu dimasukkan kembali areolanya .. bila baby sudah kenyang sih, akan mundur lagi. Karena saat areola masuk banyak, kan lidah perah areola ASI keluar terus, jd baby kenyang.

Saat itulah kita mulai lepaskan proses menyusu. Caranya: selipkan jari kelingking yg sisi daging bukan sisi kuku (hayoooo punya baby, kuku ga pake panjang yaaaa *ala guru TK) dipinggir bibir bayi, masuk langsung diantara gusi baby.. Sehingga ada celah untuk melepaskan puting dan areola.

Bila babynya nangis, kasi lagi .. sambil dikasi tau, misal : “anak baik, kalo mau mimik bener, mami kasi..tapi kalo sudah kenyang .. ga ngempeng ya sayang.. nanti kalau ngempeng, mami sakit… ga bisa nenen lg lho”.. seperti itu…

Rewel ?? 2-3x dikasi tau dan disiplin juga ngerti kok baby.. baby akan “membaca” bila nen bener, dikasi mami, tdk nen bener, dilepas sama mami.. sehingga kita membentuk suasana bahwa PD hanya diberikan untuk mimik bener saja.

Bila ini tidak dilakukan, usia baby 3-4bulan gusi mulai mengeras (tergantung individu) dan… yg paling nyaman untuk memenuhi kegatelan gusinya karena pengerasan gusi adalah areola dan puting yg kenyal .. sehingga yang ada, baby akan memainkan areola dan puting dengan menarik-narik, bahkan sampai menggigit. Bisa dibayangkan sungguh menyakitkan dan tidak nyaman untuk ibu.

Bila sudah terlanjur bagaimana?…

Ok, kita mulai ajarkan kembali. Dikondisikan PD hanya untuk menyusu benar, jd bila mulai ngempeng, jangan ragu untuk lepaskan.. mulai gigit, lepaskan juga.. dengan cara masukkan jari kelingking tadi, untuk memberikan celah untuk melepaskan puting. Bila lgs dilepas, baby bisa menahan puting a dengan gusi bahkan gigitannya.

Lihat tanda-tanda baby mau ngempeng : biasanya kepala mulai aga mundur.. sehingga, kita jangan terlambat, tahan kepala baby agar tetap masuk areola banyak dan mulut membuka lebar, lalu segera masukkan kelingking ibu untuk menahan gusi. Inilah kenapa menyusu harus intim, ibu tdk sambil bb an, liat tv.. agar interaksi ibu-bayi terjadi, ibu bisa melihat aktivitas baby menyusu.

Baby mulai ngempeng atau memainkan puting bisa juga sebagai tanda protes atau bosan tidak ada interaksi ibu-bayi.

Bila baby menggigit, lakukan time break.. Lepaskan PD, tutup PD, beritahu baby dengan lihat matanya, contoh : ” ade’ tidak boleh gigit, lihat tuh ibu kesakitan.. nanti ade’ tidak bisa nen lg lhooo, kasian ibu yah..kan ade’ anak baik..”. Boleh dibantu keluarga dekat baby seperti ayah/eyang. Bila baby tertawa .. (emang lucu banget sih ya…) tetap dengan kedisiplinan kita, jangan ikut tertawa, karena bila ikut tertawa baby akan berfikir adalah suatu persetujuan…

Baby dapat membaca tone suara, aura , bila kita setuju/tidak.. lanjutkan.

Bila ingin menyusu lagi, ibu berikan PD sebelahnya, menggigit lagi.. lakukan seperti langkah sebelumnya..

Baby pintar lho.. asal kita konsisten, baby akan mengerti.. dan cepat atau lambat.. kita akan terbebas dari hal ini..

Baby akan mengerti : PD hanya untuk menyusu, bila sudah kenyang.. lepas sndiri, tidur, atau main.. tp tidak memainkan PD.. karena kita tidak mengijinkannya..

No ngempeng.. No gigit PD.. Baby mengerti.. PapiMami pun Happy..

Semoga bermanfaat

47 thoughts on “No Ngempeng No Gigit PD

  1. semoga nanti pulang ngantor bisa nerapin ini ke baby,,kemaren kemarin suka gak tegaan dokter, tapi skrg jd susah sendiri puting lecet
    makasihh artikelnya dokter

  2. aaakk innii yg selama ini saya cari *_*
    tengkiss dokter !!
    izzanku 10m lg ska gigitin pd..ska ngempeng juga ..
    mw nyoba disiplinin diri dan izzan ah.
    oya dok , klo ngilangin kbiasaan nenen dlu menjelang tidur gimana ? izzan jga klo bobok suka bangun2 minta nenen ..

  3. alhamdulillah ketemu blog ini, anak saya umur 21 hari, namun karna baru lahir dia sudah saya kasih nipple shield, dia sempat bingung puting, sudah 4 hari ini anak saya sudah bisa menyusu langsung dari PD saya, tapi yang jadi masalah dia sering mengenyot puting saya dengan gusinya, alhasil puting saya lecet, bagaimana ya dok mencegah dia mengenyot puting seperti dia mengenyot dot? maksud nya “memasukkan jari kelingking ke mulut baby” bisa di gambarkan ga dok? maaf saya OOT

    • Hmm..
      Gimana ya nunjukinnya, memasukkan jari kelingking ke mulut bayi langsung diantara 2gusi itu adalah cara untuk melepas PD dari mulut bayi sih..Agar ada ruang PD melepaskan diri.
      Coba ke klinik laktasi ya, dibantu lathconnya.. karena untuk evaluasi bingungputingnya. Karena nyeri saat menyusui itu indikator latchOn kurang oke

      Semoga bermanfaat

  4. Pengen langsung terapin hehehehe…. Tp anakku klo mau bobo mintanya nyusu dan ngempeng akhirnya.kalau dilepas kebangun terus harus sampai bener2 pulas baru mau dilepas,gmn yah kalau begitu?

  5. hai dokran…thanks bgt tulisannya…baby-ku 6m3w, blm tumbuh gigi sih, tp uda mulai banyak gaya kalo lg nen, kalo dia lg mo ganti posisi atau nengok2, nen-nya ga mau dilepas & ditahan pake gusi. kalo lg tidur sambil nen, masih kedengeran glek..glek..glek gitu, jd suka kubiarin. itu artinya dia masih nen bener atau uda ngempeng ya? kalo nen malem2, seringnya aku jg ikut ketiduran. Bangun tidur, PD kempes & putingnya jg perih. kalo gitu gimana ya? thanks lg, dok🙂

    • Hai Dok Myra..
      Jadi gini, menyusu lacthOn benar sih ya.. 10-15 menit sudah cukup biasanya. Bila bayi masih kedengaran glek-glek ya masih nenen. Namun yang tidak bisa dibiarkan adalah saat bayi mulai nengok-nengok namun menahan PD dengan gusinya. Karena makin besar bayi mulai mudah teralihkan kalau nenen disarankan memang menyusu dengan keadaan yang intim, suasana remang-remang dan ibu hanya berkonsentrasi menyusui dan berinteraksi dengan bayi.
      Juga bila mau ngempeng, bayi aga mundur agar terlihat areola banyak..tandanya bayi hanya butuh ngmpeng atau nibbling, nah saat ini yang tidak diijinkan. Jadi, disarankan anak diajarkan untuk tidak ngempeng. Dapat dilepas saat mulai nibbling, dan dikasi tau berulang. Salah satu kategori anak ngempeng, mamanya sakit ya PD nya terutama putingnya.

      Semoga membantu ya

  6. Dok, Zalika (7m) gak mau tdr klo gak nenen, baginya nenen=tidur, gmna ya dok mengatasi agar bayiku mau tdr sendiri tanpa nenen/ditimang2? Makasih dok🙂

    • Hai Ibu,
      Coba dilatih ya untuk tidak ngempeng, lebih cepat lebih baik karena semakin kecil anak, semakin anak lebih cepat lupa akan “kebiasannya” yang makin melekat bila makin besar. Takes time pasti, namun bila tidak terus coba dirubah, ya tidak akan bisa.
      Semangat ibu…semoga berhasil ya.

      • Sama kasusnya dok, babyku 3m 24d kalo mau tidur musti sambil nen, dan kalo siang seringnya tidur pas nenen aja… gimana cara latihnya dok. thxu🙂

      • Dikasi tau perlahan, saat mau melepas, gantikan dengan kelingking ibu agar ada jeda untuk bisa melepaskan payudara. Bila baby rewel, berikan lagi payudara namun dengan perlekatan benar kembali. BIla mulai mengempeng lagi, coba lepaskan dan dikasi tau terus babynya, agar lama-lama mengerti.

  7. Terima kasih atas artikelnya dok, bayi saya cowok 2,5bln saya baru sadar dia ngempeng puting, awalnya saya kira gak kenyang karena memang asi saya sedikit tapi saya sangat berusaha untuk bisa kasih asi. saya sudah mencoba 6hari dengan bilangin seperti yang dokter sebut di atas dan setiap kali mau tidur dia pasti mau isap puting , udh 6hari saya biarin nangis terus karena tidak di kasih puting, dia nangis saya pun nangis dok, nangisnya sampai jerit jerit. dan gak akan tidur sampai waktu asi berikutnya. gak tega tapi kok belum mengerti. Apakah saya boleh kanjutkan tindakan saya biarin dia naangis setiap mau puting atau ada cara yang lebih baik karena di satu sisi saya takut ada pengaruh ke perkembangan psikologi nya. Sekarang ada kebiasaan baru memasukkan jari ke mulut setiap x gak dapat isap puting.Saya kebingungan banget plus stress. sebagai info saya sekarang kasih asi dengan waktu dok,kemaren kemaren saya kasih asi tiap x di minta karena saya kira lapar , asi saya sedikit dan bayi gak mau sufor dari dot.

    Mohon saran nya dok

    • Hai ibu,
      Dilatih saja perlahan seperti yang sudah ditulis di blog saya.
      Contoh : anak nyusu benar, lalu sdh kenyang aga mundur nih ke puting, nah tunggu sampai 5xnafas ibu, setelah ibu coba lepas perlahan. Bila anak nangis, kasi lagi PD ibu, namun posisikan menyusu benar lagi, sambil anak dikasi tau, ” ade’ sayang.. tapi nanti kalau ngempeng lagi, ibu lepas ya nak.. anak pinter kan ga ngempeng ibu, karena nanti ibu sakit nak kalau ade’ ngempeng”.. seperti itu. Begitu sudah ngempeng karena sebetulnya anak sudah kenyang bila posisi menyusu benar yang pasti ASInya akan keluar terus, hitung lagi sampai 3-5x nafas ibu (mungkin masi setengah tidur) lalu lewat 5x nafas (diharapkan sdh tidur) lepas lagi perlahan…
      Bila nangis, lakukan lagi seperti diatas, namun dengan menyusu benar.
      Lama-lama anak akan mengerti.. intinya anak sangat pintar, dia akan membaca tone suara kita, bahasa tubuh kita, situasi bagaimana seperti itu.

      Good luck yaaa

  8. malam dok,
    bayi saya 1m1w bb lahirnya 3,9 sempat turun jadi 3,3 (dengan timbangan beda rumah sakit). di 1 bulan dia belum balik ke bb semula.. hanya 3,7.
    kata dsa saya, pelekatan saya masih salah. tapi saya bingung. saya nya yang ga pinter atau gimana.. posisinya udah saya usahakan mendekap, dianya malah rewel.. alhasil puting saya makin sakit.. nah.. selama ini saya sering menyusui sambil tidur. dianya ga rewel. tapi puting saya masih sakit… kalau malam dia saya biarin ngempeng sampe tidur.. karena dia lapar.. dianya juga masih kurus banget.. jadi saya biarin aja..

    mohon saran ya dok..

    • Hai ibu,
      Gangguan perlekatan bisa juga karena adanya kelainan anatomis seperti tongue tie/lip tie. Ibu dapat membaca akan ini di blog saya, coba search ya. Coba ibu temui konselor laktasi (boleh dokter umum/dokter anak) yang bergelar IBCLC, untuk membantu mendeteksinya, dan membantu memberikan solusi akan kondisi anak ibu. Untuk mencegah kurangnya asupan pada bayi yang dapat sampai beresiko bayi gagal tumbuh.
      Semoga membantu

  9. hallo dok, memang idealnya menyusui gak pegang bb. tapi menyusui adalah aktifitas majoritas saya sehari2, kira2 1/3 hari menyusui lantaran anak kalau nyusu lumayan lama. di awal memang ngobrol, tapi 8-10 kali @ 30 menit masa ga boleh disambil2 dok? hiks

    • Hayoo… menyusu perlekatan benar 5-10menit sj sdh cukup lho…sisanya ngempeng, dan ajarkan anak tdk ngempeng agar ibu juga tdk kesusahan nantinya. Nah kalau hanya 5-10menit kan bisa skalian jadi waktu bonding ibu-bayi dengan ngajak ngobrol, baca doa, bercerita, dll.
      Semoga membantu

  10. Bu dokter tlg bantu kasih tips dan trik buat bayi sy, bayi sy usia 3,5 bulan. 5 hari lg sy sudah mulai kembali bekerja. Tp sy bertekad ingin memberikan asi sampai usia 2 thn. Oleh karena itu sy sdh menabung ASIP dari 1 bulan yg lalu.tp skrg masalahnya sy coba mengajarkan anak sy minum asip lwt dot. Tp dia ttp menangis seakan menolak begitupun memakai cup feeder. Selama ini sy terbiasa menyusui smbl tidur hingga anak sy terbiasa tidur smbl ngempeng. Help bgt dok..😦 sy udh hopeless bgt 2 hari ini sy biasakan dr jam 8-5 memberikan asip lwt cupfeeder tnp nenen lnsg (latihan).tp anak sy nangis trs.seharian antara.lapar dan ngantuk. Mohon jwb ya bu dokter. Terima.kasih sebelumnya🙂

    • Hai ibu,
      Pemberian dengan cup bila mau latihan sebetulnya tidak perlu lama-lama selama caranya benar. Coba buka link ini untuk info cup feeding (pemberian ASIP metode cangkir)
      https://drmaharanibayu.wordpress.com/2012/12/03/cupfeeding/ dan
      https://drmaharanibayu.wordpress.com/2012/06/23/bingungputing-cupfeeding/

      Yang terpenting adalah ibu tidak dekat-dekat bayi selama pemberian ASIP dengan metode cangkir ini. Rewel sesaat wajar, laporan ibu saya sendiri, anakku rewel setiap hari senin diawal pemberian asip. Karena weekend anak selalu nempel sama bayi. Namun hanya 1-2x pemberian, dan anak terus diberikan afirmasi positif , contoh : adek mik asi mama pakai cangkir dulu ya, mamasedang tdk ada..nanti mama pulang, adek mik mama lagi. Seperti itu.
      Namun kembali lagi, bila caranya benar, tidak akan sesulit yang dibvayangkan. Dibuka dl ya linknya
      Semoga membantu

  11. bayi ku usia 1,5 bln dok, dr lahir sampai sekarang asi. tapi asi saya deras sekali dia kalau menyusu sebentar langsung menangis padahal saya sudah menyusui dengan pelekatan yang baik . gimana ya dok agar dia dapat menyusu dengan baik tanpaa rewel?

    • Hai ibu,
      Mungkin ibu yang case oversupply ASI ya. Sedangkan bayi suka aliran cepat yang terkontrol. Coba ibu bantu dengan perah dulu sebagian, baru susui baby. Kl malam dan ibu mau istirahat ga sempat merah, boleh juga menyusui dengan posisi seperti IMD, sehingga gravitasi membantu menahan derasnya aliran ASI ibu. Semoga membantu

  12. Saya bertanya dengan DSA saya katanya kalo menurut WHO, bayi nenen selama 2 jam masih diperbolehkan asal si bayi memang masih mau. Lalu mana yang benar?

    • Hai ibu,
      Menyusui perlekatan benar syaratnya… mau berapa lamapun adalah tidak apa. Namun, biasanya yang terjadi anak hanya mengempeng bila menyusu lebih dari 15-30menit dengan perlekatan yang benar. Inilah yang harus dapat dibedakan ya.

  13. Biasanya butuh waktu berapa lama ya dok supaya bayi menghentikan kebiasaan ngempeng? Anak saya usia 6 minggu. Dan bagaimana solusinya jika bayi baru bisa tidur jika ngempeng? Walaupun sudah kenyang tapi kalo belum ngampeng belum mau tidur/rewel?

    • Setiap individu beda2 dan tergantung dengan kedisiplinan kita juga sih. Namun semakin dini diterapkan, dan semakin kita konsisten, anak akan semakin cepat paham dan mengerti.
      Coba pakai sistem yang saya tulis disini, jadi dikasi tau, ditunggu sampai setengah tidur..dan diulangi terus caranya. Semoga membantu ya

  14. Baby saya umur 4 bulan udah muncul gigi, dan udah 2 hari ini mulai gigit2 PD… Sakit bgt rasanya… Mau dinenenin jd mikir takut digigit.. Sedih liatnya, kalo g dineneni… Tp baru aja masuk, babyku udh langsung main gigit aja, sampe nangis2 aku’nya… 😭..harus gmn y dok? Kalau asi dipompa, diminumkan lewat dot dl gmn dok..?

    • Hai Ibu,
      Mulai ajarkan anak tidak boleh ngempeng, apalagi gigit-gigit.. beri tahu anak bahwa itu tidak boleh. Sebaiknya memang dari awal menyusui anak sudah mulai didisiplinkan akan hal ini, namun tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk di mulai..
      Pemberian dengan dot sangat tidak direkomendasikan, karena akan membuat anak merubah perlekatan menyusui, yang berujung pada produksi asi yang tidak mumpuni kebutuhan anak, anak menyusu lepas-lepas, hingga menolak menyusu langsung sama sekali. Selain itu, masih banyak sekali bahaya pemberian dot.

      Semoga membantu ya

  15. Dok, anak saya 1,5 bulan…
    lagi demen2nya ngempwng sekarang, bisa sampe seharian klo ga tidur nyanyak, ato kalo mau tidur setelah minum asi mesti ngempeng … kalo mau tidur saya susui sambil tiduran dgn tujuan ketika sudah tidur tdk terbangun lg, keseringan digendong klo ditaro bangun soalnya…
    dan ada yang bilang bayi ngempeng tanda belum kenyang ato asinya kurang… ketika saya pumping dpat sekitar 50-60ml,, apa memang kurang asinya??
    yg saya tanyakan:
    – apa posisi ketika menyusui sambil tiduran itu menjadi penyebab anak suka ngempeng??
    – apa benar bayi ngempeng tanda belum kenyang??

    • Hai Ibu,
      Menyusui sambil tiduran tidak apa, bahkan membuat ibu dan bayi lebih nyaman namun tetap harus dengan perlekatan benar (lidah perah areola, areola masuk sebagian besar bahkan seluruhnya kedalam mulut bayi bukan hanya hisap puting). Mengempeng adalah naluri anak untuk memenuhi kepuasan fase oralnya bukan berarti ASInya kurang. Kecuali, perlekatannya tidak benar, anak sulit mendapatkan perlekatan yang baik karena adanya gangguan anatomis misalnya, sehingga anak menyusu lama. Bila tidak ya sebaiknya tidak dibiasakan anak mengempeng. Ajarkan anak untuk di PD ibu hanya untuk menyusu benar ya

  16. Dok, anak saya 1 bulan 9 hari.

    dulu awal-awal lahiran, setiap nenen dan sudah kenyang anak saya pasti tertidur. Tapi akhir-akhir ini suka ga mau tidur dan minta nenen terus (jadi PD sudah dilepas sama anak saya dan sudah mulai merem-merem, ga lama tiba-tiba dia bangun dan minta nenen lagi. kalo ga dikasih dia nangis kejer gitu). saya mikirnya kayaknya sih saya di empengin sama dia, jadi kalau saya lihat kayaknya dia mau ngempeng (modal insting aja ga tau bener ato kagak) saya ga kasih lagi dan saya ajak bobok. Hari ini masih nyobain ikutin insting saya, biasanya bis nenen bisa tidur sekitar 2 jam baru bangun dan minta nenen lagi, tapi hari ini kok jadi bangun 1 jam sekali dan minta nenen lagi ya? apa insting saya salah, ternyata anak saya masih lapar kah? apa sebenernya lagi masa growth sprout ya makanya minta nenen terus? yg ada saya jd ga pede mau lepas PD saya, takut salah insting.
    Gimana cara bedainnya yah dok antara anak lagi masa growth sprout dengan cuman mau ngempeng aja?
    thanks ya

    • Hai Ibu,
      Mmm, masa growth spurt bisa.. mau ngempeng juga masih mungkin, coba aja diliat cara melekat menyusuinya. Sebelumnya, ada riwayat dot/empeng ga?? kalau ada, mungkin juga membuat perlekatan menyusuinya berubah, berpengaruh terhadap produksi ASI dan kemungkinan anak masih lapar juga bisa. Nah berarti intinya, harus dilihat, perlekatan menyusuinya bagaimana. Kalau ok.. waktunya si Kecil ga diajarin ngempeng PD ya…

      Semoga membantu

    • Yup bisa banget, justru dari awal lahir sudah diajarkan cara menyusui yang benar, akan mengoptimalkan produksi asi, dan sejak dini si kecil akan mengerti bagaimana cara perlekatan menyusui yang benar sehingga si kecil sejak dini tidak suka ngempeng PD ibu.

  17. Dok, babyku 1m2weeks kmrn aya smpet nipple crack krna tounge tie-lip tie baby, tp udah release, thanx god (n thx to dokter klinik laktasi🙂 skrg PD ku ud ga sakit lagi.. tp stlh blajar latch on yg bener, ada issue baru dimana baby ga suka disentuh pada saat nyusu, sampe ditahap dy ga mw skin to skin lg sama bundanya T_T hiks.. Klo ditelaah knapa penyebabny, krna baby srg mndpat gangguan brupa sentuhan shg membuat baby marah (misalnya, krna baby kringetan saat nyusu, bunda lap kepala baby dgn tisu, atau srgnya di’uwek2′ pipi baby sama kakeknya krna gemas saat nyusu).
    Untuk mengatasi hal ini gimana ya dok? Solusi sementara yg sya jalanu, krna baby mnolak utk disentuh/digendong oleh bunda saat nyusu, jd sya pake teknik menyusu smbil tiduran yg meminimalisir sentuhan. Apakah benar cara ini ya dok? Please advice. Thx.

    • Hihihi, memang reaksi anak ada bermacam-macam ya..
      Mmm, coba usahakan saat menyusui yang intim, dengan lampu remang-remang, bunda khusus hanya bersama bayi berdua, si kecil diajak ngobrol dibacakan cerita, ditatap matanya dan diberikan sentuhan lembut perlahan..ga lama, insyaAllah luluh deh ..
      Semoga membantu ya bu

  18. Dokter… semoga masih bisa membalas pertanyaan ini. Sudah lama ya.
    Bayi saya sdh 18 bulan. Tiap malam slalu ngempeng dan sangat lama. Asi nya sbtlnya sdh berkurang banyak. Terasa hanya ngempeng. Sampai puting saya luka dan bernanah. Tp bbrp malam saya coba tdk kasih empeng PD.. bayi saya nangis sampai histeris. Bisa kuat sampai 2 jam nangis. Lalu tidur kelelahan. Trbangun lg cari empeng PD lg… tiap malam rasanya terjadi kehebohan antara saya dan bayi. Yg bisa menenangkan hanya kalau saya kasih PDnya… hiks hiks.. tp saya makin kesakitan dan ngga bisa tidur benar tiap malam… tolong dokter

  19. Dokter,
    Saya silent reader, terbantu banget dengan artikel disini sejak saya lahiran 10 bulan lalu.
    Sayangnya dok, bayi saya susah sekali lepas puting. Waktu awal lahiran, bisa ngempeng semalaman, agak reda ketika usia 5 bulan. Bisa dibayangkan tangan saya rasanya mau patah krn posisi tidur yg tidak benar waktu nyusui.

    Sekarang malah lebih parah, minta nenen 22nya dibuka, jadi nenen gantian. Dia bahagia banget kalo liat puting. Kalo satu ditutup dia marah ngejer nangisnya. Persistent dan demanding banget bayinya.. Tidurnya tidak pernah nyenyak, gampang bangun apalagi pas puting dilepas. Pake kelingking juga ga mempan dok, dia tahu ketika kelingking nyelusup masuk mulut. Nyedotnya langsung kenceng (biarpun lagi tidur), takut puting lepas.

    Gimana ya dok cara paling baik ngadepin bayi dengan karakter kuat begini?

    • Haiiii.. salam kenal ya..
      Hihihi.. lucunya, tapi kalo dibiarkan .. aga repot ya bu. Well, sedikit membahas mengenai parenting sih ya, awal kehidupan buah hati, sebetulnya kita as the parents is the boss, maksudnya kita yang menentukan akan bagaimana si kecilnya, sbagai dasar kembangnya si kecil.
      Si kecil “sangat keras”, hmm.. bila sudah ke hal prinsip, kita sebagai orang tua yang tidak boleh kalah ya. Namun mungkin penerapannya dengan berbagai cara, dari yang paling lunak, dan meningkat sampai anak mau menuruti pola kedisiplinan kita..
      Tapi balik lagi, ini berlaku pada hal-hal prinsip.

      Jadi, mm.. si kecil minta 22nya PD dibuka, kalau dirumah, hanya intim di kamar ber2, oke.. tapi kl ditempat umum ? ..
      contoh lagi, kalau si kecil suka ngempeng, jadi suka menggigit puting Ibu, lalu ibu kesakitan, atau bahkan sampai luka.. si kecil jadi tdk bisa menyusui lg krn ibu kesakitan dan bisa juga mempengaruhi produksi ASI, bagaimana ? .. efeknya ke si kecil juga kan ..

      Coba cari cara dengan bantuan keluarga, seperti ayah bayi, eyang bayi, bila ibu mulai kewalahan.. tapi ada bberapa hal prinsip yang harus diterapkan walaupun si kecil termasuk karakter kuat ya.. karena untuk kedepannya si kecil juga, jangan sampai dia berfikir aku bisa mendapatkan apapun yang kumau, walau tdk berefek baik terhadap org lain..

      Semoga membantu

  20. Dok, bgm cara membedakan bayi benar-benar lapar atau hanya ingin ngempeng saja? Karena kalo tiap di dekat saya, bayi saya selalu minta susu, meskipun sudah baru saja minum. Akhir2 ini dia sering ngempeng untuk tidur.

    • Hai ibu,
      MM, lihat perlekatan menyusuinya sih. Bgitu dikasi PD, dia mulai mundur cuma ke puting aja atau beneran masuk semua areola kaya menyusui perlekatan benar?.. itu salah 1 clue terkuatnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s