MPASI

Udah 6bulan berhasil ASIx .. ASI tok.. ga pakai airputih (yg katanya kalo panas kudu tambah air putih biar ga aus/buat bersihin lidah), ga pake madu, ga pake kopi yg katanya bisa buat pencegah kejang, ga pake didolet pisang biar bayinya tenang .. (tepok jidat) yak saatnya makaaaannn…

Horeeee

Kapan usianya yg tepat ? 6 bulan usia lahir ya… atau 5 bulan 30 hari.*

Ini case bayi normal ya.. kalau ada kondisi-kondisi tertentu silahkan berdiskusi dengan DSA masing-masing

Amunisi no 1? Sabar huahahahaa.. uda sampe begadang semaleman maknya bikinin makanan, trus anaknya ga mau hahahaha… yaudah biarin aja, namanya juga belajar.. dari asupan cair ke lebih solid, santay aja.. besok coba lagi.

1. Trus pertanyaan paling sering adalah, makan apaaaa???

Ga usah pada pusing dan menyusahkan diri, yang ada aja dirumah ya. Jadi ni, contohnya dirumah biasa makan ubi rebus .. ya ga usah jadi nyari jagung untuk dibuat bubur.. rebus saja ubinya, trus di lumat gitu… begitu juga sebaliknya. Caranya melumat ? .. andelan sih saringan sama ulek2 hehehhe, bawahnya saringan tinggal diambil dan diberikan ke baby. Kadar kekasaran akan naik bertahap sampai anak usia 9bulan mulai lembik, dan 12m makan makanan keluarga.

2. Pertanyaan tersering , buah dulu apa karbo dulu ???..

Bebas ya.. mau buah dl boleh, karbo dulu boleh. Contoh ni : adanya yuk sayur bawa pisang, yowisss.. kasihkan saja pisang dl…atau dikebun belakang nanem pepaya eh uda mateng, monggo.. dipotongin, dilumat .. diberikan ke baby. Trus besoknya bikin nasi, lalu dilumat dan diberikan ke baby juga ga papa.

3. Pertanyaan selanjutnya, berapa banyak ya???

Nah kalo ini dikira-kira adalah saat awal 2-3 sendok makan dewasa, bertahap hingga kira-kira 125 cc atau setengah mangkuk sampai usia 8bulan.

Dengan aturan pemberian awal 1x/hari sampai kira-kira 2minggu, jadi 2x/hari, lalu sampai usia 8bulan menjadi 3x/hari porsi 125cc sekali makan

Lalu bertahap, hingga usia 12m menjadi 3-4x makan @250cc atau 1 mangkuk, dan ditambah selingan 1-2x/hari bisa kue/buah.

Sisanya apa? ASI jalan terus yaaaa. Karena kebutuhan ASI anak 6-7bulan masih 70% lho, sisanya MPASI (ga instan yaaa). Sampai bertahap hingga anak 12m, kebutuhan ASI tinggal 30%, sisanya pemenuhan gizi didapatkan dari makanan pendamping home made, bukan susu formula, apalagi makanan instan

Kenapa sih ga susu formula? .. yah, ASI aja hanya memenuhi 30% kebutuhan gizi , gimana susuformula.. yg jelas2 nutrisinya kalah jauuuhhhh dari ASI, makin ga ada tempatnya. Artinya, menyusui malam 2-3x sampai pagi saja sudah cukup. Seharian si baby harus dipenuhi nutrisinya dengan asupan makanan-buah-jus ( eh, buah juga ya..) hehehe

Kenapa sih ga makanan instan ??.. well, intinya kalau makanan buatan sndiri , proses tentunya lebih minimal dibanding makanan instan yg even claim banyak vitamin dan tanpa pengawet.. but , we have to realize.. too many processing food.. membuat zat alami gizi makin hilang, sehingga lbh banyak zat kimianya didalam makanan instan itu.. tentu akan jauuuhhh lbh baik kandungan gizi makanan home made.

Yang musti diingat sih, selama 12m usahakan ga gula garam dulu. Biarkan anak mengetahui rasa makanan asli. Jadi manis adalah dapat manis dari buah, begitu juga rasa asin dan gurih yang didapat dari rasa makanan asli tersebut. Alasan lainnya adalah karena menurut beberapa literatur, kesiapan ginjal anak akan lbh baik bila pengenalan gula-garam non alami ini, setelah anak usia 12m.

4. What about rule of 3 or rule of 4 ?…

Udah pada familiar mungkin dengan aturan ini. Dimana, setiap memberikan asupan baru, anak dicobakan makanan yg sama selama 3- 4hari berturut-turut.. untuk mengetahui reaksi alergi..

Tappiiii ternyata pas aku ikut pelatihan MPASI tempo hari, aturan ini hanya berlaku kepada pemberian protein hewani saja, tidak dengan protein nabati. Dan,  alasan yg lebih kuat selain reaksi alergi adalah karena tubuh bayi membutuhkan waktu tMPASIertentu (3-4hari) untuk mengeluarkan enzim khusus agar bisa menyerap manfaat dari protein hewani tersebut. Naahhh.. bgitu yg bener.

Kira-kira segini dulu sebagai pembuka jalan , semoga bisa menjadi pencerahan

 

 

 

12 thoughts on “MPASI

  1. makasih dokter buat infonya..kebtlan H-5 menjelang MPASI jadi nambah semangat. Apalagi info tentang rule 3-4 day itu…bergunaaaa bgt;-)

  2. Bu dok,baby ku 7m sejak pertama MPASI aku kasi buah/gasol,trs hari ini ɑ̤̥̈̊к̲̣̣̥ü coba kasi kentang+brokoli dilumat tapi malah dimuntahin..gmn caranya biar dia bisa menerima jenis makanan yg lain?takutnya cuma doyan gasol dok..help😦

    • Hai Ibu..
      coba diakalin guyur ASIP deh, biasanya anak mau. Coba terus saja yah makanan keluarga, tapi dilumatkan, dan tidak gula garam dulu.
      Jadi caranya : masak unt keluarga, sebelum di gula-garamkan, ambil dl unt porsi sikecil nah, sisanya baru di gula-garamkan. Porsi si kecil tinggal dilumatkan, enak kan tuh full bumbu.
      Atau bisa juga di kasi minyak 1 sendok gt, dicampur, rasa lebih gurih, anak suka, dan naikin BB cepet hehehhee.
      Tapi yah, kasi makan anak itu emang tricky banget kok hihihihi, modal utama adalah sabar yaaaa

      Semoga bermanfaat

  3. bu dokter,
    mohon masukan ,sy pernah baca artikel di salah satu majalah yg katany pemberian sayur(ex:brokoli,bit,deelel)untuk MPASI itu sebaikny bayi mulai umur 8bulan??krna ditakutkan lambung blm bs bekerja maximal
    tp sy bc di artikel lain lg,ktny untuk MPASI sejak bayi 6bulan berikan sayur dl br buah,,,
    hmmm,jd bingung nih dokter,

    regards,
    siti susann,

    • tnya lagi bu dokter rani,,,hehe
      bayi kan usia 6m2w,kalo sy ngasih mpasi buah ex pepaya,melon,etc ,,kalo misal di blender sebaikny kita saring (jd biar sari buah,gk sm ampas) ato kita sajikan ke bayi sm ampasny??

      thx jwbanny,
      warm regards

      • Hai Ibu..
        Wah, sikecil sudah MPASI ya..oke. Untuk pemberian buah sih sebaiknya bersama ampasnya ya, jadi jangan sarinya saja. Zat gizi lbh tinggi seperti kandungan mineral, vitamin, dan lain-lain.

        Semoga membantu

    • Hai Ibu,
      Terakhir saya ikut pelatihan MPASI sih ga ada ya pernyataan seperti itu, dan insyaAllah saya ikut pelatihan yang narasumbernya terpercaya. Pemberian protein nabati dan hewani sudah boleh lho sejak usia 6bulan, namun ya ada aturannya. Untuk protein hewani, ikuti aturan rule of 4 untuk setiap asupan yang baru diberikan kepada bayi lebih dikarenakan enzim yang mencerna protein hewani tersebut baru bekerja sempurna setelah paparan beberapa hari, dan ini juga berkaitan dengan reaksi alergi. Namun untuk protein nabati sendiri tidak harus mengikuti aturan itu, karena reaksi alergi yang disebabkan protein nabati biasanya tidak terlalu signifikan dibanding protein hewani.

      Semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s