Weaning With Love

Alhamdulillah, sudah terpenuhi menyusui sampai usia baby 2 tahun. Nah, sekarang tinggal menyapihnya ni..

Well, knapa sih musti weaning with love ?..

Gampangnya sih.. kita selama ini sudah mendapatkan bonding yang baik juga dengan memberikan nutrisi terbaik, yaitu ASI saja hingga 6bulan, dan sampai baby usia 2tahun kita tunjang dengan MPASI selain ASI masih diteruskan.

Selain nutrisi terbaik untuk otak dan otot nih.. juga baby mendapatkan nutrisi mental terbaik dengan bonding yang kuat dari ibu-ayah ..

Sekarang saatnya menyapih, apakah dengan tidak menyusu lagi bondingnya hilang?.. tentu tidak, kita cari jalan bonding lain yang dilakukan sesuai dengan usia perkembangan bayi, salah satunya adalah dengan weaning with love. Karena menyapih cara ini adalah persetujuan kedua belah pihak, baik dari ibu dan bayi.

Yess, bayi juga berperan ya..

Dengan seiring umur bayi, sudah waktunya bayi diajarkan kemandirian.. salah satunya adalah kerelaan menyapih.

Bagaimana caranya ?…

Bantu dengan lakukan hypnoweaning. Misal nih contohnya , baby sudah mulai diberi tahu sejak 1bulan sebelum usianya 2 tahun dengan diberi tahu :” nanti kalau sudah tiup lilin happy birthday, ade’ sudah nggak nen mama ya…”

Atau bisa juga diberi tahu saat sudah mau menyapih : “ nen mama sudah habis sayang.. sudah tidak ada isinya…”

Seperti itu, jadi menjalankan tehnik weaning dengan diskusi bersama, dan kerelaan.

Dapat membantu juga dengan case baby yang sedari dini sudah tidak diajarkan ngempeng PD. Ini selain bermanfaat baby tidak memainkan PD ibu/menggigit-gigit juga bermanfaat saat weaning. Karena, baby terbiasa hanya mencari PD untuk nenen, tidak untuk yang lain seperti hanya mentilin untuk bisa tidur, yang sangat merepotkan dan menyusahkan ibu tentunya.

Seiring dengan usia bayi yang bertambah besar (diatas 6bulan), kebutuhan ASI bertambah sedikit, maka produksi ASI yang merupakan demand and suplly pun akan menurun, dan ini adalah wajar. Hingga produksi benar-benar dirasa tidak mencukupi kebutuhan bayi akan kadar hausnya, bayi juga akan dengan rela melepas PD ibu. Tinggal kebutuhan akan rasa aman dan kenyamanan yg harus tetap dipenuhi. Dimana ini dapat dipenuhi dengan cara membaca buku / bercerita sebelum tidur, main bersama, tetap didekap erat dll.

Weaning with love juga termasuk sebagai salah-satu ciri perkembangan bayi akan bertambahnya usia, sehingga menjadi salah satu kemenangan dalam langkah kecil hidupnya.

Sekian, semoga bermanfaat

13 thoughts on “Weaning With Love

  1. Kami masih setahun lagi (4 hari menuju S2 ASI) kalo memikirkan weaning suka mellow sendiri dok, semoga bisa WWL juga nanti kalo sudah saatnya :’)

  2. hmm… babyku sebenernya masih umur 4 bulan neh dokter, tp abis baca artikelnya jadi kepikiran..
    baby kalo mau tidur selalu minta digendong sama gendongan trus sambil nenen pula, kalo gak seperti itu dia gk bis tidur dan bawaannya pengen nangis terus, takutnya sampe kondisi menyapihpun seperti itu…
    sy pernah nyoba gak digendong, bisa sih, tapi juarang banget, itupun harus nen dulu..
    gmn ya dok solusinya??

    • Hai Ibu,
      Intinya sih.. baby itu diajarin ga ngempeng ya. Nyusu latchOn benar, efektif hanya 10menitan aja trus udah.
      Lalu, awal2 pengen digendong memang benar, tapi biasanya bayi 3-4bulan uda ga suka digendong ya.. karena waktunya dia belajar balik badan..
      Solusi lain mungkin coba nenenin sambil tiduran, tapi balik lagi.. ga ngempeng..selesai nenen bener, copot aja.. kalo nangis, kasi lagi tapi sambil dikasi tau terus..
      Bayi pinter banget lho… 3-5x dikasi tau..mengerti kok. Dicoba ya bu..

      Semoga bermanfaat

  3. Pingback: apa sih WWL itu ? kayaknya masih banyak yang belom tau ya ? | Celoteh Mommy Kece

  4. 4 bulan lagi izzan saya juga lulus S3 dok ..tapi kok rasanya blm rela gitu mau nyapih .izzan nenen setiap mau tidur dan kadang kalo dia butuh dipeluk bunda nya ya dia bilang nya nenen .ughh mellow banget kayaknya nyapih anak tuh..
    lebih mellow drpd film titanic kali yaa ehehe.
    btw,thanks tips2 nya dok..udah saya bookmark nih😀

  5. Habis baca artikel sm komen bunda2 jd berkaca :’) .Sedih ya mom klo bhs tentang nyapih. keinget anak dirumah tiap pulang krja lngsung mama nenen :’) #klo udh nemplok serasa dunia milik ber2. de2k baru aja lulus S2 ASI mudah2n lancar smpe bsk S3

    • Hehehhe.. iya memang. Tapi kl pertimbangannya karena merupakan salah satu perkembangan anak, ya kita ikuti. Namun tidak perlu dipaksakan, sesiapnya ibu dan bayi saja ya. Semangat ibu, sampai s3 ASI amiiinnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s