Mari Beri ASI

Datangnya buah hati kedunia merupakan hal yang sangat menakjubkan. Sebagai orang tua yang berbahagia, tentunya ingin sekali memberikan semua yang terbaik bagi buah hati.

Air Susu Ibu (ASI) merupakan hal utama  yang dapat kita berikan kepada buah hati tercinta dengan manfaat terbaik bagi ibu dan bayi.

Manfaat bagi Bayi :

  1. ASI melindungi bayi. Komposisi ASI mengandung nutrisi dengan kandungan antibodi untuk daya tahan tubuh dimana dapat mencegah bayi terkena penyakit, dan melawan penyakit yang mungkin didapatkan bayi. ASI juga dapat melindungi bayi dengan resiko alergi yang didapatkan dari kedua orang tua dengan bakat alergi. Selain itu, ASI juga mencegah bayi mendapatkan penyakit metabolik bila bayi besar nanti seperti obesitas, kencing manis kolesterol tinggi, dan lain-lain.
  2. Bayi ASI menjadi bayi pintar. Ya, tidak hanya lebih pintar menurut penelitian (IQ lebih tinggi), bayi ASI mempunyai level SQ (Spiritual Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) yang lebih tinggi daripada bayi yang tidak mendapat ASI.
  3. ASI dengan komposisi yang sesuai dengan usia bayi. Kandungan nutrisi ASI berganti seiring dengan usia bayi.
  4. ASI lebih mudah dicerna. Protein ASI adalah individu spesifik. Komposisi ASI manusia yang paling sesuai dengan bayi manusia. Bila bayi mendapatkan protein dari mamalia lain, akan lebih sulit dicerna dan beresiko bayi dapat terkena penyakit saluran cerna.
  5. Bayi Happy. Dengan menyusui, selain bayi mendapatkan nutrisi terbaik, bayi juga mendapatkan rasa aman dan nyaman. Hal ini menjaga kestabilan tanda vital bayi dan mencegah hormon stress bayi keluar yang beresiko membahayakan bayi.

Manfaat bagi Ibu :

  1. Mencegah Perdarahan. Perdarahan pasca bersalin adalah hal yang dapat membahayakan Ibu. Dengan memberi ASI, terjadi suatu mekanisme yang membuat rahim ibu berkontraksi, dan hal ini mencegah perdarahan rahim pasca bersalin yang rentan terjadi.
  2. Mencegah Kanker. Menurut penelitian, Ibu yang menyusui mempunyai presentase penurunan resiko terkena kanker payudara dan kaker indung telur cukup besar dibanding dengan Ibu yang tidak menyusui bayinya.
  3. Bonding Ibu – Bayi. Dengan menyusui, ada suatu kedekatan dan ikatan yang didapatkan. 1 bulan awal usia bayi, bayi hanya mendapatkan jarak pandang yang terbatas, sesuai dengan jarak wajah ibu saat menyusui bayinya. Inilah yang direkam intensif sejak awal oleh bayi, wajah ibunda tercinta.
  4. Hemat. Tidak bisa dipungkiri, berbagai teknologi yang menciptakan duplikat susu dari mamalia manapun, ingin menyerupai ASI. Tentunya tehnologi ini tidaklah murah. Ratusan ribu rupiah harus dikeluarkan untuk membeli susu yang habis dalam beberapa hari saja. Dengan memberi ASI, cukup memberikan ibu asupan dengan makanan keluarga, ASI berkualitas sudah tercipta.
  5. Ibu Happy. Dengan menyusui, tercipta suatu hormon yang menenangkan ibu. Membuat ibu rilex, nyaman, dan bahagia. Ini mencegah ibu terkena depresi pasca bersalin.

Jadi.. untuk apa kita memilih untuk tidak beri ASI kepada bayi kita. Bayi sehat, pintar, happy, begitu juga dengan Ibu yang juga mendapatkan manfaat luar biasa.

Mari beri ASI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s