Sukses ASI Pada Ibu Bekerja

Bukanlah suatu halangan bagi ibu bekerja untuk tetap dapat memberikan ASI nya sampai bayi berusia 2 tahun. Butir kunci dari keberhasilan ASI adalah :

  1. Informasi cukup
  2. Dukungan keluarga dekat
  3. Manajemen ASI yang benar.

Untuk kasus ibu bekerja, kita gunakan butir kunci yang ke3.

Teorinya, satu kepala bayi yang lahir cukup asupan dengan 1 payudara saja, jadi karena kita sudah dikaruniai 2 payudara, tentunya hal ini adalah lebih dari cukup. Dengan syarat, diatur dengan benar ya.

Saat bayi sudah melalui masa babymoon (2-3minggu sampai 1 bulan), untuk kondisi ibu dan bayi sehat sedari lahir, manajemen ASI sudah mulai dapat dijalankan. Yaitu, menjalankan 1 payudara disusui, dan payudara 1 nya setelah bayi puas menyusu juga dikosongkan dengan perah/pompa.1,5-2 jam lagi saat bayi ingin menyusu , susui bayi dari payudara yang tadi habis di pompa, dan setelah bayi puas menyusu, payudara sebelahnya di kosongkan juga dengan perah/pompa. Begitu seterusnya bergantian.

Tidak usah kuatir apakah bayi akan mendapat cukup asupan/tidak, karena selama disusui langsung dan bayi tidak ada masalah dalam perlekatan dan produksi, ASI akan mengalir terus seperti sungai mengalir. Sehingga, bayi tidak akan kekurangan cairan.

Setelah ASI coba mulai di perah, saat awal-awal usia bayi mungkin dengan system manajemen ASI seperti diatas belum terlalu banyak. Namun, jumlah hasil perahan dan produksi seiring usia bayi, dan kerutinan pengosongan payudara, hasil perahan akan meningkat. ASI 24 jam dengan suhu sama dapat digabung, sehingga tidak menjadi boros botol/plastik penyimpanan ASI dan dapat dibekukan bila sudah mencapai batas maksimal penampungan. Lakukan pengosongan payudara rutin ini, saat ibu bekerja juga atau saat tidak bersama bayi. Kosongkan tiap 2-3jam sekali.

Daya tahan ASI perah tergantung penyimpanandan tergantung suhu. Misalkan, untuk kulkas bersama keluarga 2 pintu, ASI perah dapat kuat disimpan sampai 1-2hari di chiller (kulkas bawah) dan sampai 1 bulan bila disimpan di freezer. Akan berbeda bila terdapat freezer khusus ASI saja, dapat kuat hingga 6bulan.

Untuk penyajiannya, digunakan sistem air mengalir. Dari freezer diturunkan dahulu ke chiller minimal selama 12 jam, lalu dikeluarkan dan direndam air dingin hingga bekuan hilang, baru direndam air hangat sebelum diberikan kepada bayi.

Pemberian ASI kepada bayi dapat menggunakan metode cangkir, agar bayi tidak beresiko mengalami perubahan perlekatan seperti bila bayi diberikan alternative lain untuk menghisap ASI selain dari payudara ibu. Lakukan prinsip “bila ibu bersama bayi, bayi menyusu langsung, bila tidak bersama ibu, bayi mendapatkan ASI melalui cangkir”.

Dengan manajemen ASI yang benar, tidak ada masalah ibu bekerja dapat terus sukses memberikan ASI kepada buah hati.

14 thoughts on “Sukses ASI Pada Ibu Bekerja

  1. dok anak sy usia 3 bln dan sudah seminggu di tinggal kerja,selama kerja saya kasih ASIP menggunakan dot,karena bayi saya suka tersedak klo menggunakan sendok,bagaimana solusinya?apa benar kalo lama2 pake dot bayi sya jd bingung puting dan ga mau menyusu langsung pada PD?
    kemudian satu lagi pertanyaan saya,sy tdk punya stock asi karena semasa cuti bayi sy miminya kuat jd PD jarang penuh,kalau pun di pompa cuma dpt dkit,alhasil jd kejar tayang deh,masalahnya skr kadang ASIP saya cukup sampe maghrib sy pulang tp kdang hanya cukup sampai jam 3 sore malah skr hanya cukup setengah hari,sy pergi kerja pukul 6 pagi dan pulang pukul 6 sore,dgn rata2 ASI yg sy perah d kantor 280 ml.sebenarnya kebutuhan asi anak saya per hari brp ya dok?karna habis sebelu sy pulang jd saya bantu dgn susu formula..maaf kepanjangan dan mohon sekali jawabannya…
    terima kasih banyak dok

    • Hai ibu,
      Iya, 9 dari 10 bayi ngedot resiko binguputing yaaa…jadi memang tidak disarankan pemberian dot itu. Coba berikan dengan metode cangkir ya, bila tidak tau caranya, temui konselor. Resiko tersedak pada bayi ngedot itu jauh lebih besar lho dengan penggunaan cangkir. Dan bingunguting itu diawali dengan gangguan produksi ASI pada ibu.
      Cara kejar tayangnya, 1 PD di susui, 1 PD di perah/pompa. Dan selama ibu tidak bersama bayi/sedang bekerja..kosongkan PD rutin setiap 3jam sekali paling tidak. BIla bayi tidak ngeDOt dalam artian tidak merubah cara menyusu yang bersambung ke sambungan reflek untuk produksi ASI sih, ASI tidak akan kurang.
      Saran ibu stop dot nya dan kembali menyusui atau relaktasi, coba temui konselor ya bu untuk dibantu agar ngASI nya bisa panjang sampai minimal 2tahun.

  2. dok,, domperidone boleh ga diminum buat sekedar penambah asi tapi bukan relaktasi? anak saya 5m13d masih ASIX n saya working mom. Persediaan ASIP saya di freezer makin menipis dok, khawatir ga cukup padahal pengen menyusui 2 tahun. Gatau kenapa mulai 2 minggu lali ASIP saya berkurang lumayan banyak. Sekarang sehari cuma 500-600ml, sedangkan anak saya minum kurleb 600-700 ml tiap saya tinggal kerja. Jadi ambil stok terus di freezer tanpa bisa restock. N kalo malam menyusu langsung anak saya juga kaya kurang puas, ga kaya dulu. Hiks..😦 Bolehkah dok minum domperidone? perlu resep dokter atau dijual bebas? Thanks before ya dok..

    • mba dian emang biasa sekali perah brp ml?menurut sy itu bnyak,soalnya saya klo d tempat kerja paling cuma dpet 300ml,itupun dr jam 7 pagi sampe 6 sore sy tinggal,anak sy usia 3 bln.sy jg jd takut tidak bisa mencukupi kebutuhan asi anak sy..hikkkssss
      maaf kalo domperidone itu apa yah?

      untuk bu dokter,sy ingin bertanya lg,tetangga sy jg menggunakan asip untuk anaknya,tpi kenapa anaknya malah sakit2an,apa asip yg disimpan d freezer terlalu lama malah membuat anak sakit?

  3. Bu dokter, mau tanya:
    1. kalau mati lampu. apa yang mesti kita lakuin biar asip ga mencair?
    2. Usia bayi saya 3 minggu, saya dah mulai stok asip. Tapi kulkas saya 1 pintu jadi asipnya hanya bertahan 2 minggu saja yak di freezer? tidak bisa dijadikan pasokan ketika saya bekerja 2 bulan lagi ya, bu?
    Terima kasih bantuannya

    • Hai Ibu,
      1. Jangan dibuka-buka ya kulkasnya, agar hawa panas tidak masuk ke kulkas, kuat sampai 12jam pernah test n ASIp beku aman, walau ada yang mencair tapi masi banyak bekuannya dalam 1 botol, jadi masi bisa di freezerkan lagi. Kalau lebih dari 12jam, mau gak mau sudah cari2 kulkas tebengan, dengan mindahinnya pakai cooler box dengan es batu segeda gaban itu.
      2. Iya ibu.. karena logikanya kulkas 1 pintu terutama bareng keluarga, sering dibuka tutup, hawa panas sering masuk, suhu dikulkas tidak stabil terus2an.. mungkin masih kuat max 1bulan ya. Cobakan saja dulu ke baby, karena baby adalah indikator yang baik ASIp masih layak minum/tidak
      Semoga membantu

  4. Dok.. klo managenent asi perah, yg diberikan sebaiknya yg mana dl?persediaan asi pertama yg ada di freezer atau asi yg diperah sehari sebelumnya?
    bayi saya berumur 2 bln, jam kerja saya 07.00-16.00.sebaiknya jam brp saja perahny?jam 11.00 atau 12.00 pulang menyusui.

  5. dok mau tanya,,kenapa waktu saya pumping asi yang keluar bercampur darah,,berwarna orange,,,tapi puting saya tidak sakit dok dan tidak ada yang luka,,knapa ya dok? trimakasih dok

    • Hai Ibu,
      Apakah yakin ini darah? bukan hanya ASI yang mengandung makanan yang diasup ibu. Karena memang ASIp saat diperah bisa berwarna-warni tergantung yang diasup ibu.
      Tapi seandainya benar darah, ASIp tetap bisa diberikan ke baby ya, ibu tidak perlu kuatir. Namun bila mencari penyebabnya apa, bila tidak periksa langsung saya aga sulit ya mengetahuinya.
      Semoga membantu

  6. Assalamualaikum,mau tanya nih,mungkin sedikit g nyambung ya sama pembahasan diatas🙂 saya punya bayi usia 2,5 bulan,masalahnya dia sering tersedak kalo minum asi,jadi sedikit susah nyusunya,kadang sampe g mau minum asi,saya ada rencana mau saya kasih asi perah,apa mungkin ada solusi lain,biar anaknya enjoy minum…terimakasih

    • Waalaikum salam ibu,
      Hmm… kondisi ini mungkin terjadi pada ibu yang oversuplly ASI. Coba ibu sebelum susui, payudara di perah sebagian sampai tidak terlalu penuh, bari ibu susui. ATau dapat juga dengan menyusui posisi IMD bila menyusui malam hari misalkan ibu tidak memerah dahulu agar dapat beristirahat. Dengan posisi IMD, aliran ASI akan dihambat dengan gravitasi.
      Semoga membantu

      • Terimakasih balasannya…y sepertinya oversuply,sampe muncrat gitu kalau saya tekan,anaknya jadi kaya frustasi dan bb nya juga jadi g naik banyak,bulan lalu cuman setengah kilo…akan saya coba saran dokter,mudahan membantu,terimakasih

  7. DOK saya mau tanya, saya kan kerja dari jam 9 samapai jam 5sore dan ninggalin anak saya yg masih berusia 6bulan pas masuk pertama kerja dari cuti, payudara saya terasa mengeras sekali sebelum jam 12siang (banteng) soalnya saya ga pompa ,, terus di hari ke dua kerja kok saya ngerasa produksi asi saya berkurang ya dok, serasa kosong. solusinya gmna ya dok,,, terus kata orang kalo ga di susui itu nanti lama2 lemes payudaranya terus asi.a ga keluar sama sekali. saya pengennya saya kerja tapi asi tetep penuh/lancar dok😦 solusinya gemana ya dok ??

    • Hai Ibu,
      Apakah ada riwayat dot dan kempeng sebelumnya? kl iya, sarannya adalah stop dot/kempengnya karena beresiko ganggu perlekatan dan dapat menggangu produksi ASI. Lalu saran selanjutnya adalah kosongkan PD rutin paling lama setiap 2-3jam sekali, jangan nunggu penuh dl PDnya. Karena apabila sudah menunggu penuh, ada hormon penghambat produksi ASI yang akan keluar sampai PD dikosongkan, sehingga resiko produksi ASI berikutnya akan lbh sedikit selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s