Peran Ayah Dalam mengASIhi

Keberhasilan ASI salah satunya di tunjang oleh adanya dukungan keluarga dekat. Karena, Ibu ASI tidak bisa berjuang sendiri mengingat adanya perubahan besar dalam hidupnya sebagai Ibu baru terutama, dimana ada mahluk hidup lain titipan Yang Maha Kuasa yang bergantung penuh dengan dirinya.

Menyusui sendiri bergantung kepada 2 hormon utama yaitu hormon prolaktin yang memproduksi ASI dan hormon oksitosin yang mengalirkan ASI. Hormon oksitosin ini adalah hormon yang unik, karena pengeluarannya dapat dipengaruhi oleh emosi seseorang. Sehingga hormone ini dapat disebut sebagai hormone cintanya Ayah dan hormon happy nya ibu. Maksudnya, bila ibu happy, hormone oksitosin lancar, pengeluaran ASI pun lancar tidak ada masalah. ASI dapat keluar sampai memancing LDR (Let Down Reflex) dimana terjadi pancuran ASI atau ASI menetes dari payudara satunya saat payudara yang lain sedang disusui. Namun, akan berlaku sebaliknya. Bila ibu kelelahan, ibu tidak happy, sedang stress, banyak aura atau pikiran negative, walaupun ASI produksi banyak hingga payudara tampak penuh, ASI dapat tidak keluar karena hormon oksitosin tadi tidak mengalir.

Disinilah peran keluarga dekat sangat berperan, terutama Ayah bayi. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh ayah dalam membantu ibu. Dari hal kecil seperti membantu menjagakan si kecil agar ibu dapat berisitirahat agar tidak kelelahan. Mengajak ibu mencari informasi bersama untuk memahami kebutuhan dan perilaku bayi. Memberi support mental dengan , mengajak ibu bercanda saat kelelahan melalui hari-hari memiliki bayi dengan tangisan dan rengekannya, sesekali menemani ibu saat harus bangun malam dan menyusui bayi untuk memberikan dukungan positif, membantu menggantikan popok bayi, memandikan, menimang bayi dan lain-lain. Ini semua dilakukan untuk membantu ibu agar ibu tidak merasa stress, mengalami baby blues syndrome hingga post natal depression, dan kelelahan yang mengakibatkan terjadi masalah dalam pemberian ASI.

Tidak dapat dipungkiri, kehadiran buah hati membutuhkan kehadiran ayah untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mentalnya. Karena ada sisi Ibu yang mengisi juga sisi ayah yang harus menggores bayi yang seperti lembaran kertas putih.

Keberhasilan ASI adalah keberhasilan bersama, tidak hanya ibu-bayi, namun keluarga sekitarnya terutama Ayah bayi. Karena kASIH Ibu dan Ayah adalah anugrah tiada terkira bagi bayi.

ayahASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s