Pertumbuhan Gigi Bayi

Masa pertumbuhan gigi pada bayi adalah sangat bervariasi setiap individu. Ada yang 4 bulan gigi mulai tumbuh 1, ada yang usia 12 bulan belum tumbuh gigi sama sekali. Variasi dapat dari usia 4bulan sampai 14 bulan untuk keluarnya gigi awal pada bayi masih dianggap normal walaupun terbanyak adalah saat usia 6-12 bulan, yang diawali dengan perubahan gusi menjadi lebih keras, mungkin ada bengkak sedikit, kemerahan, saat bayi menginjak usia 4 bulan.  Pertumbuhan gigi diawal dengan tumbuhnya gigi bagian tengah atas maupun bawah depan, lalu kesamping hingga gigi belakang. Pertumbuhan gigi awal ini lengkap (20 buah) pada usia bayi 30 bulan hingga 3 tahun.

Saat pertumbuhan gigi awal ini, bayi mungkin mengalami rasa tidak enak. Seperti disertai keluarnya air liur terus, mungkin rewel, sulit tidur, tidak mau makan, sedikit terjadi peningkatan suhu tubuh (tidak sampai demam tinggi), dan keinginan memasukkan apapun kedalam mulutnya untuk dikunyah.

Saat hal ini terjadi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman ini, seperti ;

  1. Skin to skin dan susui lebih sering, terutama bila bayi terjadi peningkatan suhu tubuh. Seperti diketahui, skin to skin bermanfaat untuk mengurangi stress pada bayi, adanya transfer suhu tubuh ibu yang dapat menstabilisasikan suhu tubuh bayi, dan bayi menjadi lebih sering untuk menyusu. Sehingga suhu tubuh bayi lebih cepat turun dan stabil. Selain itu, karena bayi nyaman, hal ini dapat membantu bayi untuk mendapatkan tidur lebih baik.
  2. Berikan buah dingin atau ASIp beku, untuk dikunyah kepada bayi terutama bila bayi sudah berusia minimal 6bulan. Hal ini juga dapat membantu memberikan nutrisi sedikit-sedikit saat bayi menolak makan.
  3. Berikan teether yang sudah diletakkan di dalam pendingin untuk di gigit bayi. Kenapa harus dingin ? baik saat memberikan buah dan teether adalah karena ini dapat membantu meredakan bengkak yang mungkin terjadi pada gusi dan membantu menyamankan bayi saat mengunyah/menggigitnya. Namun pastikan dibagian pegangan bayi, dilapisi kain agar bayi tidak memegang benda yang terlalu dingin.

Bila bayi disertai dengan demam tinggi, dan diare yang sering di keluhkan pada orang tua, sebetulnya bukanlah bagian dari proses pertumbuhan gigi itu sendiri. Melainkan adanya sebab lain seperti : karena bayi rewel, kurang asupan, mungkin menjadi dehidrasi, sehingga terjadi peningkatan suhu tubuh. Lalu daya tahan tubuh menurun, dan disertai infeksi virus yang ada disekitar. Atau karena kurang asupan, hanya mau minum saja untuk bayi yang lebih besar padahal harusnya sudah dapat dapat nutrisi padat, bayi menjadi terserang diare selain karena mungkin bayi terkena infeksi virus tadi. Bila hal ini terjadi, segera periksakan, karena proses pertumbuhan gigi seharusnya tidak membahayakan bayi.

tooth-chartNormal_primary_tooth_eruptionSemoga Bermanfaat

2 thoughts on “Pertumbuhan Gigi Bayi

  1. Ini gak baku kan, ya? Anak saya yg kedua baru tumbuh gigi pertamanya beberapa hari sebelum ultah pertama heheh. Klo anak pertama udah bergigi dari 8 bulan. Lucu juga liat gigi anak2, apalagi pas baru dua gigi kelinci di depan atas heheh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s