Morning Sickness

Merupakan keadaan rasa tidak nyaman pada ibu hamil dimana gejala yang paling umum untuk muncul adalah mual-muntah. Kondisi mual-muntah ini dapat terjadi sepanjang hari tidak hanya pagi hari, namun lebih sering memang ditemukan pada pagi hari, sehingga disebut dengan morning sickness. Hal ini sangat umum dimana penyebab pastinya tidak dapat di tentukan, namun hormonal dan psikologi juga dapat berperan sebagai penyebabnya.

Kondisi ini membaik seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Trimester (3bulan) pertama memang dirasakan paling berat gejalanya. Walaupun pada beberapa kehamilan keadaan ini dapat bertahan hingga trimester akhir kehamilan, hingga persalinan.

Keadaan ini dapat menjadi berat dan disebut sebagai hyperemesis gravidarum, dimana kondisi ibu hamil sudah menunjukkan keadaan kekurangan cairan/dehidrasi, yang ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium tertentu. Dapat juga kita mendeteksinya sendiri yaitu bila melihat urin yang berwarna pekat, berbau tajam, atau bahkan sampai tidak BAK lagi, ibu tidak mampu mengkonsumsi apapun dalam waktu hingga 12jam, gejala memburuk hingga sakit perut dan kram, dan adanya penurunan berat badan.

Untuk mencegah morning sickness berlangsung terus menerus atau menjadi berat, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, seperti :

–          Menghindari bau-bauan yang menyengat yang ibu sensitif seperti bau minyak wangi, bau masakan hangat yang beraroma menusuk, rokok, dll.

–          Kunyah permen jahe dapat membantu mengurangi rasa mual pada keadaan ini

–          Cobalah mengkonsumsi makanan dingin, karena makanan hangat dapat mengeluarkan aroma yang membuat ibu kembali mual

–          Minum air jeruk. Dapat disajikan dingin maupun hangat tergantung selera ibu

–          Ibu hamil disarankan tidak mengalami kelelahan dan stress karena mungkin masih bekerja dengan tuntutan tertentu

–          Tidak berada dalam ruangan yang tidak nyaman karena terlalu berisik, terlalu panas/lembap, penuh orang atau ruangan dengan sirkulasi yang kurang baik

Beberapa vitamin/suplemen yang dikonsumsi saat hamil terutama yang mengandung zat besi, dapat juga memicu hal ini pada beberapa individu.  Cobalah atasi keadaan ini dengan cara alami, dan bila memutuskan untuk mengkonsumsi obat tertentu untuk menghilangkan mual, atau menghentikan konsumsi vitamin/suplemen yang disarankan komunikasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda, termasuk bila keadaan bertambah berat untuk menghindari gangguan pada kesehatan janin.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s