BB Bayiku Nambahnya Minim

Pertanyaan ini sering sekali muncul di benak orang tua, terutama bila anaknya tidak terlihat montok seperti anak tetangga mungkin dan bayi hanya mendapatkan ASI saja/menyusui ekslusif.

Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah ASI ibu mencukupi? Atau apakah sebetulnya baik untuk anak.

Ok, dicoba bahas satu-persatu.

Kecukupan ASI sebetulnya sangat mudah dilihat. (1)Bayi usia minimal 6hari, cukup BAK minimal 6x/24jam jernih, disertai (2) kenaikan BB bayi cukup. Dalam artian, bayi<6bulan ada kenaikan BB minimal 20gr/hari atau 600gr/bulan.

Bila hal ini belum terjadi terutama di awal kelahiran bayi, cukup diingat, target bayi ASI BB kembali dari berat lahir adalah saat bayi 2 minggu setelah terjadi penurunan BB yang normal terjadi diawal kelahiran sebanyak 7-10% dari berat lahir yang dikarenakan pemakaian lemak coklat bayi untuk metabolismenya di hari awal kelahirannya.

Bila belum tercapai juga, coba evaluasi menyusunya. Apakah sudah mendapatkan perlekatan/latchOn yang baik? Hal ini dapat dilihat dari : (1)Apakah masih ada keluhan saat menyusui seperti puting lecet, (2)puting ibu berbentuk runcing tidak bulat penuh sehabis menyusui, (3)adanya anak yang menyusu rewel dan sulit sekali mendapatkan perlekatan, (4)anak menyusu lama bisa sampai >30menit namun anak masih rewel, dan lain-lain yang mengindikasikan bayi gagal mendapat perlekatan yang baik, maka bayipun gagal memerah PD dengan optimal, sehingga gagal mendapatkan asupan ASI dengan baik.

BIla masih menemui masalah dalam menyusui terutama dengan perlekatan menyusuinya, saran adalah temui konselor untuk evaluasi ini.

Oh iya, kembali ke pernyataan awal akan anaknya kurang montok. (1)Hmm, tumbuh kembang fisik anak juga mengikuti gen orang tua ya, jadi tidak bisa disamakan. (2)bila anak tetangga mengkonsumsi susu non ASI (susu sapi), tidak bisa disamakan kembali. Karena anak manusia untuk mencapai 2x beratbadannya dibutuhkan waktu minimal 6bulan, namun untuk anak sapi hanya membutuhkan waktu 6minggu. Inilah kenapa, anak manusia yang mengkonsumsi protein susu sapi, akan mempunyai porsi tubuh yang cenderung besar. Namun cukup diingat, BB ideal lah yang dikejar, karena gemuk bukan berarti sehat ya. Walau tidak menutup kemungkinan anak ASI dapat tumbuh besar dan montok, namun untuk kasus ini, kembali tidak perlu dikuatirkan, karena selama ASI saja, tidak masalah, dan seiring usia bayi dengan aktifitasnya, tubuh bayi akan tidak menjadi terlalu besar.

Bagaimana dengan pertanyaan yang mengikutinya? Sebetulnya ASI ibu cukup tidak? Atau berkualitas atau tidak?

Bila perlekatan baik, anak mendapat asupan dengan baik, perangsangan saat bayi menyusu kepada otak ibu untuk memproduksi ASI dan mengalirkan ASI baik, maka ASI pasti cukup. Karena teorinya, 1 kepala bayi cukup hanya dari 1 PD saja. Jadi kita sebagai manusia yang sudah diberikan anugrah 2 PD, adalah lebih dari cukup untuk bayi kita yang lahir kebanyakan hanya 1. Inilah kenapa ibu dengan bayi kembar pun dapat menyusui dengan ekslusif bayinya, tidak kekurangan. Karena, selama bayi menyusu langsung dengan perlekatan baik (bayi tidak kenal dot/kempeng yang beresiko membuat jadi bingungputing), rangsangan produksi dan pengaliran ASI baik, ASI seperti sungai mengalir tidak akan habis. Sambil di habiskan, sambil diproduksi dan dialirkan terus.

Untuk kualitas, selama ibu bisa mendapatkan asupan sehari 3x gizi seimbang, kualitas ASI tidak akan terkalahkan. Karena, ibu status kurang gizi saja hanya turun kuantitas bukan kualitas, dan ibu status gizi buruk, hanya turun kualitas lemak, tidak protein lainnya.

Untuk pertumbuhan anak, coba dibantu di plot ke kurva pertumbuhan WHO. Pengukuran minimal 3x sudah bisa merepresentasikan bagaimana kondisi pertumbuhan anak. Dan bila masih dalam batas normal, tidak ada yang perlu dikuatirkan.

Semoga Bermanfaat

32 thoughts on “BB Bayiku Nambahnya Minim

  1. anak sy lg relaktasi,asi n sufor..laki2 3,5bulan beratnya 5.1kg normal gak ya?trus kok kalo relaktasi gitu BB ny naeknya dikit?kadang iri sama yg full asix n full sufor,anaknya ndut2,umur 3.5 bulan aja udah 7-8kg

    • Hai ibu,
      Bila sedang relaktasi, diikuti dahulu ya programnya. Berat bisa dikejar kok. Selama asupan cukup (BAK minimal 6x/24jam dan BB naik minimal 20gr/hari atau 600gr/bulan) gendut bukan patokan ya. Coba plot ke kurva WHO ya bu.

  2. dok.. Latch on kan sangat penting yah.. Cuma krn mslh inverted nipple, akhirnya saya pakai nipple shield yg dari silikon itu.. Selama ini bayi saya tetep mau menyusu langsung, walaupun terkadang saya kasi dot juga yg berisi asi hasil perahan saya (saya pakai dot peristaltic plus dari pigeon)..
    Pertanyaan saya, stimulasi oksitosin apa masih tetap berjalan walaupun saya pakai nipple shield?

    • Hai Ibu,
      Nipple inverted bukanlah halangan untuk mendapatkan perlekatan yang baik. Karena menyusu adalah lidah perah areola bukan menghisap puting. Bila ibu kesulitan mendapatkan perlekatan, coba ibu temui konselor untuk dibantu perlekatannya dan cara mendapatkan perlekatan yang baik.
      Penggunaan nipple shield dan dot apapun modelnya adalah tidak disarankan karena tetap dapat menyebabkan bingungputing dan mengganggu rangsangan untuk produksi ASI hingga bayi menolak menyusu langsung sama sekali.
      Saran adalah ibu temui konselor untuk melakukan relaktasi ya bu, agar dapat panjang mengASInya.

  3. oiya nambah lagi dok.. Bearti kayanya slama ini bayi saya cuma mau memerah puting ya.. Bukan areola.. Krn yg saya liat, areola saya nggak masuk smua ke mulut bayi.. TIA

      • Terimakasih dok info2 dan tips2nya. Sy sedikit curhat ya dok,anak kedua ini agaknya ‘kurang nafsu’ nenen. Apa mungkin krn baby trlalu aktif ya dok? Dia jg pilih2 PD😦 lebih doyan PD yg kanan dibanding yg kiri. Trkadang saya stresss!😥 tapi alhamdulillah suami sllu support bwt sabaaarrr dan terus ‘sodorin’ PD yg kiri. Waktu 3mo BB naik 1kg. Eh pas 4mo cuma naek 3ons mungkin krn abis pilek+pilih PD ya dok? Sediihhh ya dok kalo ASI berlimpah tapi baby’nya ‘slow’ banget nenenya. Gak ‘menggebu2’ kayak mamas’nya dulu… Hehe Maaf dok kalo sy jd curhat…🙂

  4. Dok, ank sy berusia 1 bulan 2minggu. Sdh 1 minggu ini anak sy selalu rewel kalau disusui lsg apalagi di waktu siang dan malam hari. Sy menyusui ank sy bs 2 jam bu, ganti2 payudara sambil dia rewel/marah2. Jika sy perah payudara sy memang hanya 50cc dari 2 payudara. Sy sdh ke klinik laktasi, tapi hanya diminta utk sering2 disusui & diresepkan moloco b12.

    Utk bayi seumuran bayi sy, normalnya minum brp cc ya bu? Sy perhatikan memang bak hanya 4-5kali. Sy sdh konsumsi moloco tapi apabila perah Asi msh tetap 50cc. Sebelumnya bayi sy sll disusui lsg, tdk pernah sy perah.

    Apa yg hrs sy lakukan, bu? Sy sedih lihat bayi sy marah2 kalo sdg menyusui. Sy jd merasa asi sy kurang sekali.

    Terimakasih, bu dokter

  5. Saya senang bisa membaca artkel ini dok, baby saya 13m16d bb nya hanya 7 kg sampai usia 5m asix pertumbuhan ya baik. Hampir 500 gr sampai 1 kg perbulannya tapi setelah usianya 6mdan ddi berikan mpasi beratnya tidak naik2 malah turunn beberapa ons. Klopun naik hanya beberapa ons. Bayi saya sulit makan atau tepatnya tidak mw makan, bagaimanna dok solusinya agar bb anak saya normal? Bayi sy juga di usia 13 bln ini blm bs jalan berdiri pun masih takut. Trims dok sblmnya

  6. dok, saya ingin tanya.
    bayi saya usia 2 bulan (3 bulan saat 22 april 2014). BAB nya rata-rata hnya 2-3x/24 jam.
    apa normal? kalo BAK nya sih sering..lebih dri 6x..
    lahir dg bb 3,25 kg. penimbangan di posyandu trakhir ini kenaikan bb ny kok turun ya dok?
    dlu pertama kali posyandu naiknya 1,3kg. posyandu kedua naiknya 0,9kg. posyandu ketiga tgl 10 april ini naiknya 0,7kg. apa tidak masalah jika kenaikannya selalu menurun sprti itu?

    • Hai Ibu,
      Tidak apa ya, masih bisa variasi normal. Diawal memang ngebut untuk kenaikan BBnya. Selama tanda kecukupan ASI terpenuhi : BAK min 6x/24jam jernih dan naik BB min 20gr/hari atau 600gr/bulan , dan plot ke kurva pertumbuhan WHO tidak ada masalah, tidak ada yang perlu dikuatirkan

  7. Siang Dok, Anakku sekarang berusia 13 Bulan BBnya cuma 7,5 Kg terus giginya baru tumbuh 1 apakah untuk menambah BBnya sudah Bisa di beri makanan yang agak padat? katanya klo giginya belum tumbuh terus d beri makanan padat pencernaanya belum maksimal justru BBnya semakin turun yang harus saya lakukan apa dok? trim

    • Hai Bapak,
      >12m, bayi boleh mendapatkan asupan keluarga itu tidak berdasarkan jumlah gigi ya. Namun berdasarkan dari kesiapan pencernaan. Jadi 13m , boleh kok dicobakan pemberian asupan padat walau gigi hanya 1. Karena pertumbuhan gigi anak memang bervariasi, tetapi kesiapan pencernaan anak kurang lebih sama.

  8. Selamat malam Bu. Senang bs nemu blog seperti ini yg sangat menambah pengetahuan sy sebagai new mom.
    Bayi sy perempuan umur 2 bulan 7 hari. Lahir 2,6 kg. Stlh 4 hari pulang dr RS bb 2,3 kg. Di RS terpaksa sufor hari ke 3 krn bayi sy kuning dan harus disinar sdgkan asi sy blm keluar dan org tua ribut suruh sufor. Sedih bgt saat itu. Pulang ke rumah bayi sy sufor + asi. Seminggu kontrol ke RS bb nya 2,5 kg. 22 hari kemudian kontrol lg bb 2,9 kg.
    Di usia 1 bulan bb nya 3,1 kg. Sampai terakhir kontrol tgl 13 Juni kemarin bb nya 3,6 kg. Jadi total kenaikan bb sejak pulang dari rs hanya 1,3 kg. Normal kah Dok? Kalau saya lihat tabel dari WHO usia 2 bulan batas bawahnya bb adalah 3,9 kg berarti bayi sy bb nya kurang ya Dok…
    Oh iya sejak tgl 13 Juni jg sy full asi dengan cara langsung tidak pakai botol. Sejauh ini BAK nya lebih dari 6x atau paling gak 6x dalam sehari. Tapi BAB nya bisa 3-4 hari sekali. Normalkah Dok? Bayi sy jg kadang kalau menyusu suka dilepas lalu nangis sebentar lalu lanjut nyusu lagi. Kadang kalau nipple nya lepas dia suka geleng2 kepala gtu Dok. Seperti kesal.
    Kalau frekuensi BAK nya lebih dari 6x sehari berarti bayi saya sudah mendapatkan cukup asi kan Dok? Tp knp bb nya masih kurang?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Hai Ibu,
      Bagaimana dengan perlekatannya? kategori cukup asi selain BAK adalah naik BB minimal sesuai kurva WHO. Bila tdk ada masalah dengan perlekatan, bisa juga faktor genetik sih. Namun casenya jarang sekali. Apakah bisa menemui konselor untuk dicek perlekatannya?

  9. Dok, anak saya baby boy lahir dengan BB 2200gr TB 43cm. dan berat pada saat pulang dr RS 2100gr. Saat usia nya 1m2d beratnya hanya 2,8. Apakah itu normal? Selama ini menyusui selalu lebih dari 30menit, pelekatan selalu saya usahakan areola masuk semua ke mulut bayi.
    Saya jadi hawatir kalo asi saya kurang. Ditambah ukuran PD saya yg kecil sehingga mertua saya pun selalu bilang kalo asi saya kurang. sekarang anak saya dibantu sufor.. Asi tetap saya berikan dengan disusukan langsung, dan pemberian sufor saya batasi maksimal 2x sehari (@60ml). Sedih rasanya saat memberikan anak saya susu formula untuk pertama kali nya.
    Kira2 apa yg harus saya lakukan untuk mengetahui apakah asi saya cukup atau tidak? Terima kasih

    • Hai ibu, bila tidak ada masalah dalam perlekatan sebetulnya target knaikan BB bayi 6bulan pertama hanya 500-600gr/bulan ya walau awal-awal biasanya baby lbh ngebut naik BBnya. COba ketemu sama konselor menyusui di cek perlekatannya dan dicoba cari tau apakah ada masalah. Bila tdk ada, its ok ya… masih bisa variasi normal saja

  10. Siang dok…dengan berat hati saya harus mengakui kalau saya working mom yang gagal menyusui anak pertama dengan maksimal. Sekarang umur 10 bulan awalnya bingung puting, dah dicoba relaktasi (otodidak, karena mencari konselor asi sangat sulit di daerah terdekat) berkali-kali berakhir gagal karena berbagai faktor mestinya. Saya sampai seperti frustasi dok, dari awal merasakan kegagalan bahkan sampai sekarang masih sering menangis karena merasa sangat bersalah pada anak saya (semoga senantiasa sehat, jadi anak sholeh, dan sesuai harapan aamiin). Atas dukungan dari suami dan keluarga saya mencoba tegar dan mentolerir kegagalan ini sebagai pelajaran yang amat berharga. Alhamdulillah, sekarang saya hamil sekitar 13 mingu (sengaja tidak KB dulu). Yang mau saya tanyakan
    1. Langkah apa saja yang bisa saya tempuh untuk persiapan menyusui dari sekarang dok?
    2. Apakah dibenarkan, dari sebelum hamil saya dah berniat, jikalau melahirkan lagi sebelum anak pertama saya berumur 2 tahun, dan semoga dikaruniai asi yang melimpah, saya berniat membagi asi untuk kedua anak saya? Karena dari umur sekitar 3 bulan anak yang pertama dah tidak merasakan asi. Bolehkah setelah pending sekian bulan nanti diberi asi meskipun hasil perah?
    Terimakasih atas jawabannya dok…maaf saya terlalu banyak curhat

    • 1. untuk saat hamil persiapannya cukup ilmu saja, untuk menghadapi 3 hari pertama kehidupan bayi nanti dengan perangsangan asi yang benar
      2. Boleh saja kok bu, ASI beda berapa lama pun dengan usia bayi, masih jauh lebih baik daripada susu mamalia lain kok

      • terimakasih dok, mohon doanya juga…oy, meskipun sudah baca dari beberapa sumber bahwa ukuran payudara dan puting tidak berpengaruh pada produksi asi, tapi tetep saja kalo denger komentar ttg pd saya yang tidak melar selama kehamilan dan maaf ukuran puting juga tetap kecil, jadi ada rasa pesimis juga. jd muncul pemikiran susahnya latchOn yang baik pada anak pertama selain penggunaan dot, disebabkan jg hal itu. mungkin adakah treatment yang bisa dilakukan dok?

  11. Seneng вǻªăªǻпğêêê† ketemu blog ini.menambah pengetahuan sy ttg menyusui.sy sgt sk membaca artikel ttg menyusui.krna sy ingin jd ibu Ɣªήğ sukses menyusui bayi saya.bwt sy menyusui dg ASIX adalah hal Ɣªήğ plg membanggakan sbg seorang wanita di zaman Ɣªήğ spt skrg ini.dmn para ibu lbh bangga bila bayinya minum sufor.apalagi dg merk2 trknal dan mahal.pdhl tu adalah sebuah kekurangan Ɣªήğ tdk prlu di banggakan sbg seorang ibu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s