Menyusui Saat Hamil/Nursing While Pregnant(NWP)

Masa menyusui exclusive 6 bulan sudah berlalu, sudah berhasil melalui syarat KB alami yaitu : belum haid dan tidak hamil dan menyusui exclusive dan bayi belum berusia 6bulan.

Setelah bayi berusia 6 bulan, sudah tidak menyusui exclusive karena sudah mendapatkan MPASI, KB alami sudah tidak berlaku lagi. Walaupun ibu belum haid, namun kemungkinan untuk masuk dalam kondisi subur sudah ada, dalam artian, ibu dapat menjadi hamil. Pada masa ini, KB sangat disarankan untuk digunakan bagi pasangan yang masih ingin menunda kehamilan.

Bila belum sempat KB namun kehamilan sudah terjadi saat anak masih dalam masa menyusui (<2tahun) apakah yang harus dilakukan?

Menyusui saat hamil atau nursing while pregnant adalah tetap dianjurkan*. Karena manfaat yang baik bagi ibu, dan juga tentunya bagi buah hati yang masih membutuhkannya untuk pemenuhan gizi. Namun, hal ini ada *syaratnya, yaitu apabila tidak mengganggu kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Kesehatan ibu :

Bila dengan menyusui, dimana ada peranan hormon oksitosin (hormon pengaliran ASI) , namun hormon ini dapat menyebabkan kontraksi rahim , dan bila berlangsung terus menerus sampai membahayakan janin , sebaiknya menyusui tidak dilanjutkan.

Karena menyusui, lalu ibu mengeluhkan vlek tidak berhenti sebagai hasil dari rahim yang berkontraksi, dapat menjadi salah satu tanda terancamnya kehamilan, sebaiknya menyusui tidak dilanjutkan lagi.

Bila dengan menyusui, ibu merasakan mual diluar rasa mual karena kehamilan yang biasa dialami ibu hamil, dan mengganggu kesehatan ibu terutama bila sampai mengganggu asupan ibu, sebaiknya menyusui tidak dilanjutkan.

Akan tercipta suatu keadaan dimana payudara ibu terasa lebih sensitif dan mungkin ibu merasakan hal yang kurang nyaman seperti ngilu bila menyusui adalah normal, namun bila keluhan sangat mengganggu, sebaiknya menyusui tidak dilanjutkan lagi.

Kesehatan janin:

Saat kontrol kehamilan, ditemukan tanda-tanda yang mengganggu kesehatan janin, sebaiknya menyusui tidak dilanjutkan lagi.

Hal ini termasuk dalam kehamilan terancam seperti yang sudah disebutkan diatas.

Saat hamil, karena hormon kehamilan berperan, pada beberapa individu akan menemui bahwa produksi ASI yang semakin menurun. Bila memang tidak ada hal yang menyebabkan ini diluar kehamilan seperti adanya gangguan perlekatan karena kelainan anatomis (lip tie dan tongue tie) atau karena bayi bingung puting yang dikarenakan riwayat pemakaian dot/kempeng sebelumnya, hal ini adalah normal dan tidak perlu dikuatirkan. Karena ASI tetap dapat mencukupi bayi selama bayi menyusui langsung. Coba pantau BB bayi, dan jaga asupan nutrisinya dengan MPASI.

Pada beberapa individu ditemukan bayi mulai menyapih sendiri, karena adanya perubahan rasa pada ASI yang terjadi saat hamil. Hal ini sangat jarang terjadi, namun pernah dilaporkan terjadi.

Bila tidak terjadi keluhan apapun bagi ibu dan janin, menyusui dapat dilanjutkan sampai bayi yang didalam kandungan lahir. Dan melakukan menyusui bersama/tandem nursing. Dahulukan menyusui si kecil terlebih dahulu baru bayi yang lebih besar karena pemenuhan nutrisi si kakak tentu sudah tidak sepenuhnya dari ASI tidak seperti si kecil.

Bagaimana dengan nutrisinya?

Nutrisi yang terkandung dalam ASI ibu adalah mengikuti usia si kecil. Namun tetap boleh diasup oleh si kakak dan tidak membahayakan, karena kandungan gizi yang terkandung masih jauh lebih baik apabila dibandingkan si kakak mendapatkan asupan cair (susu) yang berasal dari mamalia lain.

Sangat disarankan memperhatikan asupan extra dan bantuan dalam keluarga agar ibu tidak kelelahan terutama bagi ibu hamil yang masih menyusui anaknya.

Semoga bermanfaat

13 thoughts on “Menyusui Saat Hamil/Nursing While Pregnant(NWP)

  1. Uhuk! Sepertinya sy hamil nih dok, telat 2 mgu nah baby baru 13 bulan.. Semoga tetap sukses menyusui sampe adeknya nt deh.. Mohon doanyaaaa.. Thanks artikelnya🙂

  2. Dok bayi sy skrng 1,4th ini masi menyusui,wkt usia 7bln sy pernah konsultasi ke dokter maharani soal asi yg kurang max,sy sdh mengikuti saran dokter termasuk mngkonsumsi domperidone..nah dok saat ini asi sy berkur
    ang..sy paksa sufor tidak mau,sy kasih susu uht malah sembelit..saran dokter sy hrs bagaimana ya agar susu sy max..trims ya dok

    • Hai Ibu,
      Apakah ibu sedang hamil saat ini? kl sedang hamil atau tidakpun, bayi kan sudah diatas 12bulan ya. Menyusui hanya dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya 30%. Artinya, menyusui malam-pagi saja sudah cukup, seharian penuhi nutrisi anak dengan full meal, snack, buah. Tidak mendapat susu tambahan lain tidak apa ya bu.

  3. dok,anak pertama sy 22bln,,,saat ini sy hamil 2bln dan masih menyusui anak pertama,,,,sy berencana untuk tetap menyusui sampai anak sy 2th,,,selama ini ketika menyusui sy tidak merasakan kontraksi yg hebat,hanya puting sensitif saja,,,,frekuensi menyusunya saja yg sy kurangi,,bagaimana pendapat dokter?tq

    • Hai Ibu,
      BIla tdk mengganggu kesehatan ibu dan janin tdk apa ya dilanjutkan. Namun misalkan karena sensitifnya ibu, membuat sangat tdk nyaman, ya dihentikan saja perlahan.

  4. dok dede baru 5 bln. dan tidak haid. mungkin ga sih tetep bs hamil? trus gmn kl seumpama sudah hamil dan tidak tahu lalu ambil kb suntik 3bln. apa akan ada efek terhadap janin. sbb ty ma bidan mereka bilang bs beresiko janin cacat. dari cacatan diatas sebelum 6 bln merupakan kb alami.mahon bantuannya. terima kasih

    • Hai Ibu,
      Coba di cek saja apakah ibu hamil atau tidak. Konsumsi KB suntik 3bulan yang merupakan salah satu KB hormonal memang sering tidak haid. Dan tetap bisa menyusui. InsyaAllah tdk akan membuat janin cacat kl memang ternyata hamil karena isinya pun hormonal alami, namun bila memang sudah positif, ya dihentikan saja.

  5. Dokter, saya punya anak laki-laki berusia 16 bulan, lalu saya sedang hamil 11 minggu, saat menyusui rasanya tidak nyaman lagi seperti sebelum hamil, dan celakanya saya sempat keluar vlek hingga diberi penguat kandungan, lalu menyusui pun masih saya lanjutkan dengan menahan rasa sensitif di puting yang sering membuat saya merasa enggan menyusui.

    Apakah keadaan kehamilan saya termasuk berbahaya karena terancam oleh aktivitas menyusui, dok?
    Saat ini saya sedang berusaha menyapih, namun anak saya suka sekali ASI hingga dia suka menangis keras jika tidak mendapat disusui. Terutama kalau mau tidur malam pasti dia ingin tidur sambil menyusui, terkadang tengah malam pun dia tetap minta menyusu sambil tidur, mungkin karena lapar lagi? Apakah ada cara menghentikannya dengan aman tanpa membuat anak saya kaget? Apakah tidak apa-apa jika kebiasaannya menyusui di malam hari saat dia tidur juga berhenti? Terima kasih dok.

  6. Reblogged this on Intan Rastini and commented:
    Untuk kesehatan janin, apa akibat yang dapat terjadi pada janin di trimester pertama (10 minggu) saat rahim terus-meneruis berkontraksi saat menyusui anak pertama, apalagi menyusuinya setiap hari dengan frekuensi 3-5 kali sehari? Terimakasih, dok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s