Tips Traveling Dengan Baby Usia 6-12m, Dengan MPASI Rumahan

Untuk pasangan yang mempunyai hobby traveling, dikaruniai buah hati insyaAllah tidak menghalangi hobby untuk tetap traveling.

Waktu baby masih <6bulan jauh lebih mudah sebetulnya, karena selama ibu ikut, baby aman dan nyaman. Bila ngek dikit, dan memang karena lapar, tinggal keluarkan apron andalan, maka bebas menyusui tanpa vulgar dan seperti mempunya ruang menyusui sendiri.

Nah, bagaimana bila kondisinya adalah bila baby sudah berusia >6m, namun belum berusia 12m sehingga belum mendapatkan asupan makanan keluarga yang sudah bergula-garam artificial ?

Dimana, MPASI yang direkomendasikan adalah makanan buatan sendiri (tidak instan) , agar kandungan gizi alami lebih ada, karena proses lebih minimal, dan dapat diserap tubuh bayi untuk pemenuhan nutrisinya.

Ini tips dan peralatan yang dipersiapkan:

Membawa Ulekan sambel dan saringan.

Bila bayi berusia 6-9m, anjuran adalah makanan lumat (ulek saring). Jadi alat yang pertama dipacking adalah ulekan sambel, dan saringan. Bila bayi 9-12m kan targetnya sudah makanan cincang, alat ini sudah tidak diperlukan.

Membawa slowcooker. Alat ini cukup efektif, karena hanya untuk asupan bayi, cukup bawa yang kecil saja (berukuran <1lt).

slowcookerMembawa termos yang kuat menjaga air panas. Ini untuk menyimpan kaldu panas.

Membawa panci kecil, pisau (masuk kedalam tas bagasi ya, tidak kabin bila menggunakan pesawat terbang) dan kompor listrik. Pilihan slow cooker dan kompor listrik adalah karena dalam kamar hotel, akan tersedia sambungan listrik yang dapat digunakan.

kompor listrik

kompor listrik

Bahan-bahan dapat dibawa sebagian dari rumah, dan dilengkapi sebagian di supermarket/pasar lokal yang ditemui.

Ok , karena asumsi traveling di lakukan di daerah berbeda seperti negara lain dan akan melakukan jalan-jalan seharian (asumsi keluar hotel jam 10.00, kembali ke hotel jam 21.00) caranya :

Malam sebelum tidur, masukan beras, daging cincang/ayam, bawang(bumbu), kentang, wortel dll (dapat bervariasi, membuat sop buntut sapi, sup ayam, dll) kedalam slow cooker. Masak sampai pagi. Pagi hari, dapat diritiskan dan diulek saring/dicincang dan ditempatkan kedalam tempat makan menjadi 2 atau3 tempat.

Masak kaldu, dan masukkan kedalam termos tahan panas. Nanti akan digunakan untuk asupan makan siang dan sore/malam, untuk mengguyur makanan yang sudah disiapkan diatas agar makanan terasa tetap hangat dan ada kuah hangat sehingga tidak terlalu kering dan keras. Anakpun tetap bernafsu makan karena tidak mengkonsumsi makanan dingin.

Untuk sarapan, dapat dimasakkan oatmeal yang dicampur dengan buah jambu/pisang/apel yang dicampur terakhir untuk menjaga kandungan gizi.

Untuk cemilan, sudah dibuat dirumah cookies homemade yang aman untuk anak berbagai rasa sebagai bekal.

Buah, dapat juga membawa buah potongan/yang termudah adalah pisang dan disuapkan kepada bayi.

Tidak lupa membawa air mineral untuk membilas peralatan makan (sendok), atau pada beberapa negara tertentu, air keran dapat digunakan langsung/dikonsumsi.

Membawa kereta bayi.

Penggunaan kereta bayi cukup membantu, terutama bila waktunya istirahat anak tiba. Agar anak dapat beristirahat cukup nyaman (meluruskan punggung dan kaki) dibanding bila hanya digendong oleh orang tua, sementara jalan-jalan dapat terus dijalankan oleh orang tua. Kereta bayi ini juga dapat membantu orangtua meletakkan tas ransel berisi keperluan anak, dan barang lainnya.

Dan, tentunya apron menyusui andalan jangan ketinggalan ya. Selain MPASI, anak usia 6-12m nutrisi masi dipenuhi dengan ASI – menyusui.

Yak, dengan persiapan yang ok, tidak repot, mudah, hobby orangtua tersalurkan, dan kebutuhan anakpun tetap terpenuhi.

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Tips Traveling Dengan Baby Usia 6-12m, Dengan MPASI Rumahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s