Asupan Yes dan No Saat Hamil

Kehamilan adalah anugerah terindah pasangan, yang menantikan kehadiran buah hatinya. Saat hamil, kondisi wanita harus dijaga penuh kesehatannya untuk menunjang kesehatan janin yang dikandungnya hingga selesai masa bersalin.

Diet (aturan asupan) ibu hamil ditujukan untuk , perkembangan dan pertumbuhan janin optimal, ibu dan bayi sampai jelang persalinan nanti, luka ibu cepat sembuh saat pasca persalinan nanti, termasuk cadangan makanan optimal untuk masa menyusui . Ibu hamil diekomendasikan mengasup sekitar 2500kalori/hari dengan penambahan BB standard selama masa kehamilan adalah 10-12kg, dengan modifikasi tertentu pada ibu dengan berat badan berlebih sebelumnya. Diantara mineral lain yang dibutuhkan ibu, asupan ini harus mengandung kecukupan Protein (kacang-kacangan, ikan, daging, ayam), Kalsium (susu, yoghurt), zat besi  dan Asam folat.

Untuk itu, asupan ibu saat hamil perlu dijaga untuk menunjang hal ini. Ada beberapa jenis makanan terutama makanan mentah yang sebaiknya dihindari. Makanan mentah dan kurang matang beresiko kepada kehamilan dan kesehatan janin

Hindari daging yang kurang matang. Kuman tertentu seperti toxoplasmosis yang sering terdapat pada daging yang kurang matang, dapat menyebabkan cacat pada janin hingga keguguran. Sehingga disarankan ibu mengkonsumsi makanan matang.

Hindari juga telur yang tidak matang (telur setengah matang) karena dikuatirkan masih mengandung kuman salmonella yang dapat membahayakan janin di kandungan.

Bagaimana dengan buah/sayur mentah? Bila ibu ingin mengkonsumsi salad yang terdiri dari contoh : sayur mentah seperti selada, atau buah potong, lebih baik dengan menyiapkannya sendiri karena sudah yakin dibersihkan dengan seksama.

Hindari mengkonsumsi susu segar yang tidak dipasteurisasi sebelumnya. Baik susu sapi maupun susu kambing, sebaiknya dipasteurisasi terlebih dahulu. Cara pasteurisasi sederhana di rumah sudah cukup baik untuk membunuh kuman yang tidak baik yang dapat membahayakan janin.

Selain makanan mentah, ada baiknya ibu hamil juga menghindari asupan seperti :

Hindari asupan makanan laut dengan resiko kadar mercury berlebih seperti kerang.

Hindari asupan yang mengandung alcohol dan kafein karena dapat mengakibatkan resiko bayi dengan berat badan lahir rendah, dan perkembangan janin optimal.

Tidak lupa ibu hamil disarankan mengkonsumsi minum cukup seperti 6-8 gelas /hari. Hal ini dapat membantu pengeluaran racun melalui keringat, usus dan ginjal.

Semoga Bermanfaat

2 thoughts on “Asupan Yes dan No Saat Hamil

  1. Siang dok, saat ini saya masih menyusui anak saya (10 bln) dan hamil lagi (2bln). Rasa-rasanya asi saya berkurang. Saya takut nutrisi anak saya ga cukup. Dia juga ga doyan makan karbohidrat. Sukanya buah. Mohon sarannnya. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s