Kesehatan Si Kecil Optimal Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba datang.. walau sekarang musim sudah tidak jelas ya. Pagi panas, sore hujan..trus panas lagi. Hmm, perubahan cuaca yang tiba-tiba dan suhu yang naik turun ini seringkali membuat tubuh harus bekerja keras untuk beradaptasi. Dan bila kondisi tubuh kurang ok, jadi mudah sakit.

Bagaimana ya menjaga tubuh si kecil agar daya tahan tubuh optimal?

Daya tahan tubuh optimal sangat ditunjang dengan asupan dan nutrisi dan optimal. Ini adalah rekomendasi dasar yang direkomendasikan untuk si kecil yang masih berusia <24bulan. Bekali tubuhnya dengan ASI (menyusui) saja sampai anak usia 6bulan dan lanjutkan menyusui sampai 24bulan, ditambah MPASI (makanan rumahan tidak instan) setelah anak usia 6bulan , dan imunisasi sesuai rekomendasi IDAI.

Sudah terpenuhi hal ini, biasanya yang sering dikeluhkan oleh orang tua adalah bila anak sulit makan. Apa yang harus dilakukan ? sudah pernah dibahas di sini , dan sekadar untuk menambahkan saja terutama bila musim pancaroba datang, extra vitamin dan mineral mungkin diperlukan tubuh. Namun, yang direkomendasikan disini adalah tetap yang didapatkan dari asupan alami bukan suplemen. Contoh : extra buah segar, sayur, dan asupan beragam. (Asupan beragam dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh, bila di hari sebelumnya belum terpenuhi). Tetap berikan dengan porsi kecil namun sering, bila anak mulai sulit makan dan coba seragamkan waktu anak dan waktu orangtua makan di meja makan pada beberapa periode, agar anak lebih tergoda untuk makan karena melihat aktifitas bersama yang dilakukan. Tidak lupa, asupan cairan.

Bila anak tidak suka sayur, buah dan tidak suka minum.. hal ini dapat diatasi dengan membuatkan jus (buah-sayur). Atau cocktail dengan buah potong, atau puding buah.

Bila anak mulai sakit , contoh demam .. petunjuk tata laksana ini dapat dilakukan.

Seringlah mencuci tangan, baik yang dewasa maupun anak. Karena pencegahan kuman dengan sering mencuci tangan sangat efektif untuk mencegah tubuh tertular penyakit. Usahakan mencuci tangan di bawah menggunakan sabun dan dibilas dibawah air mengalir.

Lakukan cuci tangan terutama saat sebelum makan (ortu-anak), sesudah makan, setelah 3-4jam anak bermain, setelah membersihkan anak sehabis buang air (ortu), dan sebelum anak tidur.

Hal mudah yang dapat dilakukan juga adalah , matikan AC bila pagi menjelang. Buka jendela, dan jaga agar ventilasi udara dapat bertukar dengan baik. Bila pagi hari matahari bersinar cerah, ajak anak bermain ke lapangan atau ke taman agar dapat optimal beraktifitas fisik dengan udara yang segar.

Nutrisi oke, kebersihan terjaga, fisik optimal.. musim pancaroba bukanlah hal yang perlu dikawatirkan karena daya tahan tubuh anak optimal

Semoga Bermanfaat

3 thoughts on “Kesehatan Si Kecil Optimal Saat Musim Pancaroba

  1. malam dok,
    saya lagi super duper galau neh dok, anak saya (22 bulan) baru saja sakit batuk pilek, dan sekarang batpilnya masih ada tp tinggal sedikit. tapi sudah seminggu ini anak saya tidak mau makan, badannya semakin kurus. di kasih nasi, sayur, buah, puding, jus buah semuanya di tolak, maunya hanya nenen saja, sedangkan saya merasa produksi asi saya sudah turun, sudah saya coba kasih susu tambahan tp tetap saja dia menolak. rasanya sedih banget dok, liat anak yg badannya makin kurus. mohon kasih solusi dok, agar anak mau makan lagi walopun sedikit. dan untuk saya, apa perlu saya minum pelancar asi agar produksi asi meningkat mengingat anak saya g mau makan dan minum susu tambahan. atas jawabannya terimakasih dokter.

    • Hai Ibu,
      Usia 22bulan bila anak tidak ada riwayat penggunaan dot maupun empeng saja, produksi ASI memang normal menurun, karena kebutuhan nutrisi tumbuh kembang bayi 70% harus dipenuhi dengan mpasi, dan asi hanya bs memenuhi 30%. Bila ada riwyat dot/empeng.. mmm pastinya merubah perlekatan, akan makin menurun lagi produksi ASInya.
      Kalau lagi sakit maunya nenen.. yaudah ikuti dulu saja, walau sambil terus dicobakan ya mpasinya, yang mudah2 saja dl seperti sup, jus buah, bubur sumsum..yang mudah ditelan. Nanti kalau anak sudah enak badannya, extra porsi 20% sampai 2minggu kedepan ya, kira2 hitungannya begitu, untuk mengejar kekurangan saat sakit saat ini.

      Semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s