Bayiku di Photo Therapy

Bila kadar kuning tertentu pada bayi membutuhkan bantuan Phototerapy atau terapi sinar untuk menurunkan kadar bilirubinnya, tidak usah sedih. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu agar bilirubin cepat turun, dan bayi cepat kembali pulang dan bersama keluarga kembali.

Usahakan walau bayi dirawat, tetap mendapatkan ASI. Karena ASI mempunyai zat pencahar khusus yang dapat membantu mengikat bilirubin di tubuh bayi, lalu dibuang melalui BAB dan BAK. Jadi semakin banyak dapat ASI, kadar bilirubin bayi akan lebih cepat turun.

Caranya gimana?

1. Usahakan mama stay di RS bila memungkinkan, sering disebut dengan nama hotel service. Jadi mama hanya bayar kamar dan makan saja ya, tidak diperlakukan seperti pasien pada umumnya. Tujuannya, agar setiap bayi membutuhkan menyusu, mama dapat menyusui langsung bayinya. ASI itu ada zat antibodi hhidup dan mati, dengan bayi menyusu langsung, bayi akan mendapatkan antibodi hidup ini lebih banyak. Lagipula, karena IWL/Insensible Water Loss (cairan yang keluar dari tubuh secara normal melalui kulit seperti keringat dan nafas/bicara) pada bayi dengan foto therapy lebih banyak dibandingkan tidak. Nah bila di pompa sepertinya dapatnya tidak banyak, ingat prinsip hasil pompa tidak mencerminkan hasil produksi ASI. Karena bila menyusui langsung perlekatan benar, ASI seperti sungai mengalir yang tidak akan ada habisnya.. jadi, bila menyusu langsung, bayi berkemungkinan mendapatkan ASI yang dibutuhkan dan lebih banyak dari hasil pompa.

Bagaimana dengan keefektifannya? well karena menyusu latchOn benar 5mntan aja sudah selesai, jeda 5 menit unt menyusu perlekatan benar, dengan usahakan lampu tetap mengarah ke bayi dan ibu (ibu duduk depan lampu foto bayi) lalu bayi dikembalikan lagi kedalam box dengan lampu, tidaklah mengurangi keefktifan terapi sinar.

2. Bila tidak memungkinkan ibu rawat bersama, pilihan berikutnya adalah dengan ASIP, namun pemberian tetap tidak dengan metode dot. Pilihannya adalah dengan menggunakan metode cangkir kembali atau cup feeding. Ini dari bayi usia 3 hari sudah bisa ya.. dan selama caranya benar, cukup aman. Sehingga, bila bayi pulang nanti dan bergabung bersama ibu, bayi tidak akan kesulitan menyusu langsung kembali.

Semoga Membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s