Dinas Luar Kota

Sebagai ibu bekerja, ada kalanya kita tiba-tiba mendapatkan tugas luar kota beberapa hari.. aduh, tapi aku ibu menyusui.. harus bagaimana ya ??

Hmm, saya akan coba membagi beberapa tips sebagai ibu bekerja agar tetap dapat mengASIhi buah hati.

  1. Selama ibu tidak bersama si Kecil, rutin kosongkan payudara setiap 2-3jam skali, termasuk malam hari. Hal ini membantu menjaga produksi ASI dan mencegah terjadinya sumbat ASI, gumpalan ASI, PD bengkak, dan lain-lain yang dapat membuat ibu menjadi tidak nyaman dan malah mengganggu aktivitas dan produktivitas ibu.
  2. Simpan ASIP dalam freezer kulkas yang disediakan di penginapan.
  3. Saat perjalanan, siapkan cooler box atau cooler bag dengan icepacknya. FYI, kalau dari ASIP beku dari freezer masuk coolerbag tanpa icepack aja bisa kuat 12 jam an, bila dengan ice pack, tentunya bisa kuat lebih lama.. dan nanti tinggal masukkan kembali ke freezer lagi saat tiba di tujuan atau di penginapan.
  4. Kalau harus berpergian dengan pesawat terbang gimana ? kan ada peraturan ga boleh cairan >100ml masuk kabin. Pertimbangannya karena tehnologi saat ini untuk keamanan perjalanan semua orang, ditakutkan adalah merupakan salah satu bahaya seperti bom cair. Tapi tenang, caranya adalah sebelum berpergian, mintakan surat keterangan menyusui atau Breastfeeding Statement dari dokter anak boleh, dokter laktasi juga boleh yang mencantumkan anaknya usia berapa, mau pergi berapa lama, terbangnya kmana aja seperti itu.. contohnya seperti ini :Screen Shot 2016-04-20 at 2.58.46 PM .. dan juga di Transportation Security Administration, liquid tapi untuk infant (breastmilk) boleh kok.. dengan catatan bersedia diperiksa aja. Jadi ASIP bisa masuk kabin.. ini link TSA nya https://www.tsa.gov/travel/security-screening/liquids-rule Screen Shot 2016-04-20 at 2.51.52 PM
  5. Untuk si Kecil yang ada dirumah, tetep yaaaa minum ASIPnya no dot dan ga dikasi empeng atau pacifier.. dan berikan dengan metode cangkir/cup feeding ini untuk mencegah bingung puting.
  6. Begitu pulang dinas, terutama dinas yang aga lama misalnya lebih dari 1 minggu, luangkan quality time skin to skin dan menyusui ibu dan bayi. Bantu perlekatan menyusuinya bagus kembali, boleh dibantu dengan metode kangguru dan cross cradle position.

Bismillah, semoga dengan tips ini, Ibu dapat tenang tetap beraktivitas, sambil lanjut terus dapat mengASIhi si Kecil.

Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Dinas Luar Kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s