Menyusui Bayi Adopsi

Terkadang keinginan untuk mengandung dan memiliki buah hati tidak mudah bagi sebagian orang, dan adopsi dapat menjadi salah satu pilihan dalam memiliki buah hati.

Banyak orang tua yang akan atau telah mengadopsi bayi, lalu berkeinginan untuk menyusui bayi adopsi tersebut. Alasannya sangat mulia, selain sedikit banyak sudah mengetahui manfaat ASI yang luar biasa untuk kesehatan fisik dan mental si kecil, alasan lain ibu adopsi adalah : Dokter, walaupun aku tidak bisa mengandung bayi ini, setidaknya adakah kesempatan anakku ini mendapatkan air susuku.. AllahuAkbar.. sungguh malaikat yang datang kepadaku, sudah mau mengadopsi bayi mungil ini, pun mempunyai keinginan kuat untuk menyusui karena alasan ini.

Ok, jawaban pertanyaan, Bisakah ibu adopsi yang tidak pernah hamil, menyusui bayi adopsinya?.. jawabannya BISA !!!!

How ???

Salah satu pemicu hormon laktasi produksi adalah keadaan hormonal ibu hamil, jadi, salah 1 langkah yang dilakukan agar ASI produksi adalah kita membuat hormonal badan ibu adopsi, seolah-olah sedang hamil.

Lalu, langkah berikutnya, fisiologi dasar laktasinya dijalankan ya.. jadi kita memberikan rangsangan kepada payudara dengan cara mengosongkan rutin payudara walau hanya sebentar-sebentar, hingga bayi adopsi sudah bersama kita. Kita jalankan fisiologi dasar ini dengan bayi langsung, yaitu bayi skin to skin , dan coba menyusu langsung dengan perlekatan menyusui benar.

Untuk memenuhi kebutuhan ASI bayi sedangkan payudara ibu adopsi mungkin belum mumpuni, dapat dibantu dengan suplementasi yang diisi dengan ASI donor, atau bantuan susu lain.

Karena rangsangan yang dilakukan, maka ASI akan produksi perlahan-lahan, hingga ASI ibu dapat memenuhi kebutuhan bayi dan bayi dapat lepas suplementasi total.

Menurut pengalaman saya mencoba membantu ibu-ibu adposi yang ingin menyusui bayinya, sbaiknya program ini sudah dilaksanakan dari 4 bulan sebelum bayi lahir. Ibu dan keluarga diberikan informasi yang cukup dalam manajemen laktasi dan bagaimana programnya diterapkan.

Dengan kuasa Maha Besar ALLAH , ibu adopsi dapat menyusui bayinya walau belum pernah ada riwayat menyusui bahkan hamil sebelumnya dengan langkah yang tepat.

Semoga membantu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s