About Me

Chika’s breastfeeding mother & @ndruaditya proudly wife. A Doctor, Health Educator, International Certified Lactation Consultant, Master of Communication Science, Radiology Resident, a Dreamer and a Dream Catcher

RSIA EVASARI

Jl. Rawamangun no.47, Pramuka, Jakarta Pusat 10570, ph 0214202851

Senin : 16.30 – 18.00 , Kamis (by appointment).

RSIA AULIA

Jl. Jeruk Raya no15, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620, ph 021 7270 208

Sabtu : 09.00 – 12.00 ,  Rabu : 17.00 – 18.00

 

For consultation, seminar, and be my friend

email : ranibayu@gmail.com ,

whatsapp, line, telegram +6281931223836

twitter : @dokterlaktASI

And this maharanibayu.com is my other life and passion

70 thoughts on “About Me

  1. Dear bund dokter…lam kenal ya.aq lg galau nih hehe…Adiba aq usianya 2 bln 7 hari.dy bingung puting bund…3 jam stelah melahirkan dy mimi asi.r krna aq kerja,rencananya sih my baby mo d ksih asi plus sufor jg.aq nyusuin cm seminggu.itupun cmpur sufor,asinya jarang d ksih.sampai2 kering nih asi krna aq ga pernah ngasih asi.lama2 dy bingung puting,ga mau mimi asi aq,ngambek,ngadat,kya mo muntah n menolak,mgkn krna asi aq ga ada.skarang aq pgn Adiba aq mimi asi bund dokter,tp asi aq udah ga ada bgts alias kering kerontang.di pompa jg ga keluar sma sekali,yg ada malah sakit PD aq.gimana bund dokter biar asi aq bnyak lg?aq baca d blog dokter minum domperidone.apakah dgn minum ini asi aq akn bnyak lg?mohon jawabannya ya..trims

    • Hai,
      Salam kenal juga.. dibantu relaktasi yuk.. harus berkesinambungan tapi, karena di blog saya sudah saya sampaikan, domperidon bukan short cut.. kalau tidak ditunjang dengan yang lain maksudnya tidak dihilangkan bingungputingnya, tidak akan berpengaruh..
      Sebaiknya ketemu langsung yah kalo masalah relaktasi ini.

      Semoga bermanfaat

  2. Dear Dokter..
    saya lagi bingung ni.. anak saya baru genap 4 bulan.. dia sekarang nyusu nya sambil tiduran..
    dia cuma mau kepalanya miring kiri, jadi dia suka PD yang kanan.. cuma saya suka kasih PD yang kiri juga karena PD yang kiri lebih banyak asi nya..
    Yang saya mau tanyakan anak saya suka ngemut pentil, jadi tidur tanpa mau melepas pentilnya.. sekarang PD kanan saya sakit.. dari pentil sampai seluruh PD rasanya seperti nyeri-nyeri di PD.. air susu keluar banyak dan cepat penuh juga.. apa mungkin karena anak saya suka hisap sampai kering.. dan saat selesai menyusui pentil saya langsung besar, membesar dari ukuran sebenarnya, tapi setelah 10 menit kembali lagi, cuma nyeri2 saat saya pijat/tekan di daerah aerola pas sekeliling pentil… boleh tolong dibantu dok, sekarang saja saya sampai tidak bisa tidur karena sakit sekali sampai merinding, sudah terjadi 2 hari ini dok, setelah menyusui PD kanan.. terima kasih

    • Hai Ibu,
      Kalau boleh saran sih, ga biasakan anak ngempeng/mentil PD ya. Karena anak tidak bisa membedakan PD hanya unt nenen benar/mainan. Berfungsinya juga tidak hanya untuk sekarang, tapi sampai ke depan. Saat anak mau tumbuh gigi/gusi mulai mengeras, yg paling nyaman adalah PD, jadi anak tidak gigit2 puting dan memainkan puting dan areola.
      Untuk case sakit saat dihisap, saya harus lihat dengan benar juga latchOn babynya. Maaf aga terbatas kalau dengan online begini, sarannya adalah ibu temui KL/ ke klinik laktasi ya.. untuk diperiksa lebih lanjut.
      Saat ini yg bisa saya sarankan adalah tdk membiasakan anak ngempeng/mentil saja. cara nya: lepas dan beritahu anak.. coba baca di blog saya yg berjudul : No Ngempeng No Gigit PD

      Semoga membantu

  3. dear dokter,
    salam kenal dok…
    saya elly dok.. saya lagi bingung ni dok… saya baru aja melahirkan tgl 20 maret lalu lewat operasi sc itu terpaksa di lakukan karna saya juga harus operasi simpiolisis karna tulang simpisis saya putus pada minggu ke 39. saya sempat menyusui bayi saya beberapa hari setelah itu tidak dikarenakan waktu itu luka saya merembes dan dapet obat dosis tinggi sehingga tidak boleh menyusui… jadi akhirnya bayi saya, saya kasih sufor nah sekarang sudah boleh menyusui lagi.. tapi sayangnya… bayi saya selalu nangis histeris dan meronta setiap kali saya mau susui.. sekalipun berhasil beberapa kenyotan setelah itu ga mau lagi.. sedang kalo di pompa asi saya hanya 30/40ml aja. gimana ya dok caranya agar asi saya banyak dan bayi saya mau nyusu.. saya bener2 pengen anak saya minum asi.
    terima kasih sebelumnya..

    • Hai Ibu, salam kenal juga..
      Ini casenya bayi ibu bingung puting. temui KL/Ke klinik laktasi yah, dibantu untuk relaktasi. Dibuatkan program dengan kira-kira langkah seperti yang tertera ada diblog saya dengan judul relaktasi. Namun kembali saya ingatkan untuk pelaksanaannya diharapkan berkesinambungan agar hasilnya optimal.
      Relaktasi pada bayi <6bulan kemungkinan berhasil sangat besar.

      Semoga bermanfaat

      • hello dok… sekarang si adek dah mo nyusu hehehehe ga nangis histeris lagi… tapi kok… kok payudara saya masih terasa sedikit cenut cenut ya??? apa benar itu tanda2 produksi lagi???

  4. hi dok, saya baru melahirkan seminggu yg lalu (19/5) , dr lahir smp saat ini saya selalu mberikan asi utk bayi saya, yg jd mslh adalah puting sblh kanan saya spt tdpt nipple pore ada putih2 mengeras diujung puting dan nyeri sekali saat menyusui, saya sudah coba kompres pakai air hangat tp tidak keluar jg malah makin membeku skrg. Apakah dgn mengeluarkan sndr pakai jarum tidak akan melukai putingnya? saya takut jd infeksi.

    thx infonya dok

    • Hai Ibu,
      Keklinik laktasi saja yuk, dibantu.. atau ibu coba keluarkan dengan cara yang saya tulis di blog saya dengan judul : Nipple Pore.. bila tidak bisa juga sebaiknya dibantu.
      Semoga bermanfaat

  5. Hai dokter… saya bingung… waktu melahirkan bayi saya mau menyusui tp asinya belum keluar… karna dia nangis terus jd kk saya ngasih dot ke bayi saya… udh 3 hr bru asi saya keluar tp bayi saya udh ga mau lg menyusui… skrng usisnya 3 bulan 2 hari… dan skrng asi saya tidak keluar lg… haya kluar setetes saja… dan puting saya jg tdak keluar dok…apa dengan relaksasi bisa mnbuat puting saya keluar dan dia mau menyusui

    • Hai Ibu,
      Ke klinik laktasi yuk, atau temui KL.. dibantu relaktasinya. Coba liat di blog saya dengan judul Relaktasi, untuk kira-kira tahapan apa yang harus dibantu. Untuk usia <6bulan, relaktasi kemungkinan berhasilnya sungguh besar…

      Semoga bermanfaat

      • dok, saya mau coba relaktasi,tapi barang2 yg dibutuhkan susah didapat di cikarang bekasi. domperidone dikasih yang syrup apakah sama dg yg tablet dok? utk NGT/feeling tube 5fr 40 cm dan syringe/spuit/suntikan 50 cm tanpa jarum mpe skrg saya blm dpt. apakah dokter melayani penjualannya? terima kasih dok.

      • Waduh.. Coba di RS yang ada fasilitas NICU nya biasanya ada, karena alat-alat ini dipakai di unit itu. Aku ga jualan sih, cm di RS tempatku kerja sedia, kl mau wasap aja ya nanti dicoba bantu beliin trus di kirim ya. Atau ke pasar pramuka yang toko alat-alat kesehatan itu.
        Untuk penggunaan domperidon, sbaiknya ga sembarangan apalagi tanpa pengawasan dokter, saya ga berani saranin. Karena ada kategori indikasi dan efek samping yang mungkin terjadi, dan kembali lagi harus dibawah pengawasan dokter.

  6. Dok, saya working mom dari Faiza,7m….BB skrg 11,6kg full ASIX…
    plot di growth chart udah jauh di atas garis…over weight kah? perlu diet ga?
    bisakah minta di share ttg metode froozen food untuk MPASI….pengen ngasi Home made MPASI dok tanpa harus ribet di pagi hari karena hrs berangkat kerja pagi….hehe
    Terima kasih….

    • Hai Ibu..
      Hihihihi.. ndut ya bayinya.. ASI tok kannn…Gapapa kok, nanti usia makin besar baby makin banyak gerak, makin melangsing kok.
      Untuk MPASI homemade, frozen food .. coba gugling dl ya.. belum sempat bikin.

      Semoga bermanfaat

  7. Hallooo dokter..
    Aku mau nanya soal ASI..
    Baby safwa 18 hari klo mlm abz menyusui cm tdr2 ayam alias ga nyenyak tdrnya, pdhl ktnya klo abz mnm asi shrsnya baby tdrnya nyenyak..
    Kok ini gak yah dok??
    Apa ada mslh sm ASI saya??
    Klo baby susah tdr klo mlm itu knp??
    Kl diletakkin di tmp tdr pst lgsg bgn nangis trs nyusu lg..
    Trs baby safwa klo menyusui ga puas cm 1 payudara dok..
    1 payudara selsei (krg lbh 15-30 mnt) dya isthrt sbntr 5 mnt trs nyusu lg di payudara berikutnya, gtu trs smp 3x br tdr nyenyak..
    Kdg2 smp pagi nyedot trs smlman ga tdr, br tdr subuh..
    Itu normal kah dokter??
    Apa asi saya krg byk jdnya baby susah tdrnya??
    Pdhl saya sll menyusui tiap 1-2 jam skli..
    Bgmna supaya asi melimpah & cukup untuk baby saya??
    Terima kasih sblmnya dokter..^^

    • Hai Ibu,
      Pertanyaan paling standard sebagai patokan bayi mendapat ASI adalah, bagaimana latchOn nya?. Dan usia 18m mungkin juga bayi ibu sedang growthspurt. Aga sulit ya, menjawab semua pertanyaan ibu diatas dalam 1 (akan jadi artikel yang sangat panjang) karena sebetulnya jawabannya ada pada semua tulisan saya di blog ini.
      Saran saya adalah, temui konselor untuk berdiskusi langsung dan terutama untuk evaluasi latchOn ya bu.
      Semoga membantu

  8. Hai dok, mau nanya2 niy, aku ibu dr baby sdh 9 bln, ASIX 6 bln tapi waktu babyku 6bln lebih, saya dan baby sempet sakit dan babyku sempet gk mau nyusu, jadilah dicampur formula. Lama2 kterusan deh hehe…Skrg ASIku dah sedikit bgt gara2 jarang nyusuin dan jarang mompa di kantor. Babyku jg dah males, mau dilatih nyusu lg dah gk mau dia.. Kira2 untuk baby 9 bln msh bisa relaktasi kembali gk yah dok….Trus caranya gmn ya soale dia dah gk mau kl disusuin. Thks dok..

    • Hai ibu,
      Boleh dicoba ya, saya pernah pegang beberapa kasus relaktasi 9bulan. Semua respon tergantung individu, ada yang berhasil lepas total dan ASI dilanjutkan sampai 24m, ada yang tidak karena faktor lingkungan yang kurang berperan. Saran adalah coba kunjungi klinik laktasi ya ibu, atau diskusi dengan konselor untuk dibantu pelaksanaan programnya. Semoga membantu

  9. salam dok..
    sy ibu baru melahirkan 27hari yg lalu. slama 3pekan smua lancar, asi jg lancar. BB baby bahkan naik 600 gr dr brt lahir. sekitar 6hari yll,tiba2 sy kena demam. hampir 3hr,namun slama demam sy msh ttp mnyusui. setelah demam membaik, tiba2 PD sy kok mengempis y dok? bentu dn ukurannya spt sblm hamil. rasanya tdk penuh asi lg. sy dvonis anemia dn mmg sdg minum obat. yg saya tanyakan,knp bs tjadi spt itu dok? apakah asi sy msh ‘ada dan cukup’ ? sy sih msh terus susui baby,meski rasanya dia gelisah. sy mohon pencerahannya dok. oiya dokter bs konsul via wa ya? trmksh bnyk dok

    • Hai ibu,
      Saat ibu sakit, ada penurunan produksi ASI memang wajar dan nanti akan kembali lagi produksinya sejalan dengan fit nya tubuh ibu, selama tidak ada riwayat dot/kempeng pada bayi.
      Coba temui konselor/ke klinik laktasi terdekat ya bu, untuk evaluasi latchOn dan kosongkan payudara rutin, untuk membantu meningkatkan produksi ASI ibu. Semoga membantu

  10. Selamat pagi dok, disaat saya lagi kebingungan beruntung sekali saya menemukan blog dokter ini….begini dok saya working mom bayi saya tinggal sama neneknya saya pulang seminggu dua kali, bayi saya skrng berusia 10bulan, alhamdulillah 6bulan ASIX, tp pas usia 8bulanan asi saya menurun drastis biasanya sehari dapet 1ltan lebih skrng paling banter 500ml bahkan kurang. frekuensi pumping memang sehari semalam hanya 5kali…dikantor ga bisa bebas pumping. akhirnya anak saya kekurangan asi, trus dicampur sufor….saya udah coba pumping dipersering,asupan makanan ditambah, tetapi sampe skrng malah makin berkurang sekali pumping hanya dapet 60ml….anak saya minum memang pake media dot, sudah dicoba pake cupfeeder tapi neneknya kerepotan katanya….jd saya ga bisa maksain juga, setiap kali saya pulang dia masih mau nyusu langsung cuman memang hisapannya jauh berkurang…klo liat dipostingan dokter disitu bayi benar2 ga mau menyusui langsung makanya relaktasi…klo kondisinya seperti saya, apakah masih mungkin ASInya bisa berlimpah lagi dok? saya benar2 ingin memberikan asi pada anak saya sampai 2tahun….terimakasih sebelumnya dok

    • Hai ibu,
      Senang apabila saya bisa membantu. Saya coba jelaskan ya.
      Sebelumnya, apakah ada riwayat dot/kempeng dengan bayi ibu? bila tidak iya.. kemungkinan besar walaupun bayi ibu masih mau menyusu, bayi ibu sudah bingungputing (coba baca ini https://drmaharanibayu.wordpress.com/2012/06/23/bingungputing-cupfeeding/ )tahap awal yang menyebabkan produksi ASI yang menurun drastis. Dan kondisi inipun memerlukan relaktasi, bukan hanya kepada bayi yang menolak menyusu total.
      Bila tidak ada, memang normalnya semakin besar anak (>6bulan) karena kebutuhan nutrisi bayi semakin banyak harus dipenuhi MPASI dibanding ASI presentasinya, maka produksi ASI akan mengikuti kebutuhan dan akan turun bertahap.

      Semoga bermanfaat

  11. Salam kenal dok….
    Baru aja tahu blog nya dokter ni.. (lebih baik terlambat daripada tidak🙂 ). Saya Ibun dari Kaira 6m 7d. Kaira sudah mpasi dan hari ini hari ke 4 kaira belum BAB. terakhir BAB hari jumat lalu dan setelah itu diberi jus saring semangka. Bagaimana ya dok?
    Dan lagi yang bikin saya dag dig dug, Kaira terlihat lebih kurus daripada biasanya. tapi anak nya tetap ceria, ketawa-ketawa. sampai usia 6m lalu BB kaira 6,1kg sempat terlintas di benak saya, apa ASI saya tidak bagus sampai-sampai kaira lambat kenaikan BB nya (bb Lahir 2850gr).
    mohon sharing nya dok. Terimakasih banyak.

    • Hai Ibu,

      Coba bila aga sulit BAB , dibantu pijat dengan link ini https://drmaharanibayu.wordpress.com/2013/11/16/pijat-untuk-bayi-koliksulit-bab/
      Semangka memang salah 1 asupan dengan riwayat kejadian alergi yang lumayan banyak terjadi pada anak. Namun tdk perlu kuatir, bila anak masih baik kondisinya (ceria, tidak lemas, masih mau minum, menyusu, makan).
      Dapat juga dibantu dengan menyusui lebih sering, karena ASI mengandung pencahar yang apabila ada zat yang kurang baik, akan dikeluarkan segera dari tubuh.

      Hmm.. untuk pertumbuhannya akan lebih baik bila memplot ke kurva pertumbuhan WHO ya. Namun dilihat sekilas, adanya kenaikan BB kurleb 500gr/bulan sih cukup, walaupun minimal. Bagaimana dengan latchOnnya ya? apakah baik dan tidak ada masalah? Karena, tidak ada istilah ASI tidak bagus ya. Kalau semua oke-oke saja, ya mungkin karena memang bawaan genetiknya saja kalau anak ibu berbadan kecil. Asalkan sehat, tum-bang baik bukanlah suatu masalah
      Semoga membantu

    • Hai Pak syaiful,
      Dengan senang hati saya bantu. Saya praktik di Eka Hosp BSD saat ini. Untuk jadwal dan appointment, boleh hub customer care ya, untuk case relaktasi, mohon pesankan untuk booked 2 jam pasien konseling, sampai ketemu

  12. salam kenal dok,,saya mau nanya dikit.saya ibu bekerja tp saya bertekad bgt bs ASIX 6 bln.
    Umur brp bln ya dok,pemberian asip boleh memakai dot.soalnya semakin besar,repot bgt klo hrs memakai sendok..

    • Hai Ibu,
      Sampai usia berapapun bayi yang masih mendapatkan ASI (target hingga 2tahun) tidak diperkenankan kenal dengan dot. Ibu bekerja tetap dapat menyusui hingga 2 tahun, dengan metode pemberian ASIp menggunakan cangkir. Ada di blog saya cara dan videonya, bila masih kesulitan, coba ibu temui konselor untuk mengajarkannya ya.

  13. Dear Bu Dokter, Bayi saya sekarang menginjak 3 bulan 1 minggu dari semenjak lahir pas di rumah sakit sudah menggunakan susu formula karena asi saya belum keluar, setelah 5 hari dari melahirkan baru asi saya ada menetes, yang saya sedihkan PD saya kecil dan puting payudara saya rata tidak menonjol dan sehingga membuat bayi saya sulit untuk menyusui di PD saya akhirnya bayi saya marah dan tidak mau menyusu di PD saya langsung karena selalu lepas dari mulutnya sampai sekarang dia tidak mau menyusu ASI dan selalu diberikan susu formula dengan media dot ditambah lagi dengan kembalinya saya bekerja. mohon bantuannya bagaimana caranya supaya dia mau menyusu langsung di PD saya, selalu saya paksa tapi yang ada dia marah besar nangisnya kenceng itu membuat saya kasian dan ujung-ujungnya dot lagi dot lagi. saya sangat ingin sekali anak saya ASI minimal sampai 2 tahun tolong bantuannya gimana. makasih…

  14. salam kenal dokter, saya saat ini sedang mencoba relaktasi, baby umur 2 months..sekarang sedang mencoba meningkatkan volume asi, dan masalah lain muncul, si baby menolak untuk menyusu langsung (nursing strike)..

    sebenarnya sy sedang mencari konselor laktasi untuk menjadi pembimbing sy dalam relaktasi ini, cm di daerah sy tdk ada konselor laktasi. saat ini sy usahakan trus ttp skin contact sm baby, awal2 baby selalu marah dan menolak.. tp berapa hari ini sy slalu ajak ngomong, dan sedikit ada kemajuan, si baby “mengijinkan” sy utk menempelkan PD sy ke bibirnya.. tp cm smp situ aja.. saat si baby lengah, dan sy masukkan puting lebih dalam ke mulutnya, si baby lgsg marah..akhirnya smp si baby tidur, PD sy cm bs sampai bibirnya saja, pdhl saat nempel itu, sy keluarkan asi sy, sapa tau waktu dy mengecap asi, si baby mau lebih banyak lalu mau memasukkan PD ke mulutnya..

    saya ingin mencoba suplementor yg dokter sharing di blog (topik relaktasi). kemarin sudah beli alat suntiknya, cm selang NGT nya sy belum nemu..

    • Hai ibu,
      Wah hebat ya bu.. semoga ibu bisa menemukan konselor untuk membantu pengawalan terutama memperbaiki perlekatan awal. Ibu lokasi dimana? nanti coba dibantu dicarikan konselor terdekat atau ibu bisa hubungi AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) atau IKMI (Ikatan Konselor Menyusui Indonesia).
      Bila kesulitan dengan alat-alat,saya sedikit bisa bantu. Coba cari di RS yang ada fasilitas NICU (ICU bayi) biasanya ada, karena ini biasa digunakan untuk itu, namun saya akalin sebagai pengganti suplementer yang harganya lumayan mahal.
      Semoga membantu ya

  15. Assalamualaikum dok,,,
    Dok sy ingin bertanya :
    1. Apakah sterilisasi mempengaruhi produksi ASI?
    2. Dokter ObGyn sy pernah ksh obat provera medroxyprogesteron 10mg, apakah obat ini mempengaruhi produksi ASI sy?
    3. Mohon info dokter laktasi untuk daerah Bekasi dok
    Bayi sy 3bln 23hr, sdh 2mgg bayi sy bingput+pilek 5hr. Dia tdk ♏ªΰ hisap PD (setiap diberi PD selalu digigit n ditarik sambil nangis2) badannya jg sdh terlihat kurusan dari seblmnya, skrg dia sdh ♏ªΰ menghisap PD Ɩƍ tp mslhnya skrg PD sy kering, pdhal seblmnya ASI sy deres smp ngucur2. Sy yakin dgn relaktasi ASI sy dpt melimpah Ɩƍ. Sy ingin full ASI smp 2thn dok. Selama mogok ASI bayi sy blm pernah sy ksh dot.
    Terima kasih,
    Wassalam

  16. Hy dokter Rani,

    Saya coba telp ke Eka Hospital utk buat janji dgn dokter koq sulit sekali ya?

    Mohon di bantu.. Pingin bgt anakku kembali nyusu langsung dr saya.. Pernah coba sendiri tp gatot tuh..

    Terima kasih

  17. Salam kenal dok,
    saya ingin bertanya dok,
    anak saya baru usia 1bulan 5 hari, saya melahirkan secara SC, sejak awal di rmah sakit anak saya sudah diberikan sufor oleh pihak rumah sakit dan menggunaka media dot, sampai dirumah pun dia masih mengkonsumsi sufor, dikarenakan dia tidak puas dengan ASI saya. saat ini bayi saya mengalami binggung puting, setiap saya susui, dia selalu menolak, menangis dan mengamuk. putigs susu saya masuk kedalam mulutnya, tp dia tidak mau menjedotnya, mulutnya dibiarkan terbuka.
    saat ini yang saya lakukan saya mempompa susu saya dan lgsg diberikan, dan diselang seling dengan sufor,dikarenakan tidak terkejar untuk memompa.
    apa yang sebaiknya saya lakukan supaya anaksaya mau menyusu lagi.

    terimakasih sebelumnya,dok.

  18. dok nanya lagi,,
    anak saya sekarang udah 3 bulan,,BB 6,5 kg.saya masih asi eklusif, dan tiap harinya asi saya perah saat saya tinggal kerja.
    tapi tadi pagi saya kok dapet haid, padahal yang saya baca di banyak artikel katanya klo asix biasanya ndak dapet haid.
    itu gimana dok, kenapa yaa saya tetap dapet haid.apa klo dapet haid bisa mengurangi jumlah asi.
    saya khawatir klo nantinya jadi ndak mencukupi.

    • Hai Ibu,
      Metode KB alami ada syaratnya : bayi <6bulan, dan ibu belum hamil, dan ibu menyusui exclusif, dan ibu belum haid. Bila ibu bekerja, tandanya ibu sudah tdk menyusui terus menerus secara exclusive, karena ada jeda saat ibu bekerja. Karena walau PD dikosongkan dengan pompa/perah, akan berbeda rangsangan ke badan ibu dengan bayi yang menyusu langsung exclusive sampai anak usia 6bulan.
      Pada beberapa individu, datangnya haid aga mempengaruhi produksi, namun tidak usah kuatir, biasanya hanya dihari-hari awal saja. Selama anak tdk ada riwayat dot dan kempeng, produksi ASI akan kembali lagi.
      Semoga bermanfaat

  19. Salam kenal dok,
    anak saya 3 bulan, saya working momy, jadi saya perah asi saat bekerja dan bayi saya minum asi dgn dot saat saya kerja.
    akhir2 ini bayi saya suka marah2 saat menyusu krn tdk sabar ldr tidak kunjung datang, tp keadaan tersebut hanya sesekali, kemudian semalem dia menyusu dan ldr lama ga muncul pdhl sudah saya rangsang jg pada PD yg satunya tp ttp ga muncul, akhir nya bayi saya menolak menyusu, hingga siang ini, bagaimana agar bayi saya mau menyusu lg dan apa domperidon bisa membantu mempercepat munculnya ldr? saya juga kurang tau mengapa akhir2 ini ldr agak lama munculnya, terima kasih

    • Hai Ibu,
      Permasalahan ibu adalah karena baby sudah bingunputing tahap awal karena baby kenal dot, yang dapat mengganggu perlekatan saat menyusu langsung. Sehingga, produksi ASI ibu terganggu, termasuk ya datangnya si LDR ini.
      Saran, bila ibu berkenan dan ingin menyusui sampai minimal 2 tahun seperti yang disarankan WHO, coba stop dotnya, temui konselor dan relaktasi. Untuk langkahnya dapat dibaca di blog saya ini yang berjudul relaktasi
      https://drmaharanibayu.wordpress.com/2012/12/22/relaktasi/
      Karena konsumsi domperidon dg indikasi dan cara yang kurang tepat tdk akan membantu dg efektif, bila basic fisiologi menyusuinya tdk dipenuhi. Semoga membantu

  20. salam kenal dok…domperidone itu dijual bebas atau harus dengan resep dokter?aturan minumnya gmn dok?soalnya sy lagi mengalami hasil pumping berkurang jauh.anak sy br berusia 9 bulan.sy working mom.selama ini anak dtinggal kerja mimi asip pakai botol dot.mungkin anak jd bingung puting yang ahirnya hasil pumping sy berkurang.kalau anak mau dikasih asip lewat media feeder cup gmn ya dok?anak sy mimi asip kalau mau tidur.oia anak sy sdh mpasi 3x makan besar & 2x selingan jus buah

    • Diikuti program relaktasinya saja bu, domperidon bukan short cut, karena fisiologi mendasar laktasi (skin to skin, perbaiki perlekatan dengan menyusu langsung) dan ada aturan mainnya agar dapat efektif membantu produksi ASI dan tdk dapat dilepas sembarangan. Karena ini adalah obat, penggunaannya sebaiknya dibawah pengawasan dokter karena ada indikasi dan kontraindikasinya

      Anak sudah usia 9m, minum dengan gelas saja ya, tdk melalui dot2an lagi sarannya. Untuk MPASInya sdh ok, tinggal porsi usahakan sekali meal minimal 250cc (1mangkuk)

      Semoga membantu

  21. Assalmkm, hai dok,,, sy lg bingung nie,,, anak sy usianya 7 bln,,, dr usia 5,5 bulan udah jrang nenen dn maunya cm smbl tidur,,, skrg malah sm sekali gk mw nenen dok,,, apa krn dy ngedot y dok? Terus gmn crny mnghlgkn dotnya,,, soalny wkt be2rp hri stelh ia gk mw nenen aku cb berhentiin dotnya,,, tp dy nangs terus dok,,, biasny smbl tidur dotny bs dgnt dg nenen,,, skrg mlah sm skli gk mw… Mhon solusiny dok,,,, alhmdulillh asinya msh ad smp skrg, trims

      • Sudh pernh d cb tp ank sy jd sering nangs dok,,, susahny sy tinggl brsm ortu dn ortu sy gk betah denger debay nangs terus krn sufor ny sy sendokin,, ortu tkut klw bb debay jd turun klw dotny d stop dok,,,, kira2 ank sy it mash bs nenen kan dok? Sy benr2 ingin ank sy nenen lg dok tp lingkungn kurg mndukung khendk sy ini,,,,, mhn solusiny dok,,,,,

  22. Ass. Dokter
    Salam kenal..
    Tanya dong dokter masih prakterk di RSIA AULIA ?? Soalnya kalo ke eka hospital kejauhan..😀
    Makasih untuk infonya..

  23. Salam kenal dok,..anak saya baru di rawat di icu dan ruang perawtan selama 2 bulan karena radang paru,..selama perawatan memakai NGT untuk minum susunya,tp setelah pulang bayi kami sulit sekali kembali minum lewat mulut seperti biasa,..seperti lupa..berbagai hal sudah di coba,..ada saran dok,,,.tks
    O ya sebelum masuk RS bayi kami ASI ekskulsif..umurnya 7bulan,sekarang hanya SUSU formula

    • Hai ibu,

      Yuk temui konselor/konsultan laktasi atau ke klinik laktasi terdekat untuk dibantu program relaktasinya agar lebih optimal. Pe er menyusuinya masih panjang nih menuju 24bulan. Semoga membantu

  24. Slam kenal dok.. saya mau relaktasi karena anak saya umur 4 bulan sudah kenal dot. sepertinya bingung puting laten. praktek di tangsel di mna ya dok. terima kasih

    • Salam kenal, saya praktek di RSIA AUlia Jl Jeruk 15 Jagakarsa, senin dan rabu biasanya jam 17-19 namun khusus bulan juli jam 16-18, dan sabtu jam 09-12 ya, sampai ketemu.. yuk saya coba bantu

  25. Dokter Maharani, apa kabar ? sudah kurang lebih 5 bulan kita tidak bertemu semenjak saya melahirkan putra saya di Aulia.
    Dok, saya ingin mengucapkan terima kasih sekali atas saran dan masukannya dalam memberikan asi dengan benar dan optimal. Berkat ilmu dari dokter, alhamdulilah produksi asi saya lebih dari cukup untuk adik, pas cuti kemarin hasil pumpingan asip sekitar 300an botol lebih dok.🙂
    Alhamdulillah adik sekarang masih asiX, di usianya yang menjelang 5 bulan, bb nya sudah 9.7 kg. Karena saya bekerja, media pemberian asi sampai dengan saat ini masih melalui botol sendok.
    Sebentar lagi kan adik 6 bulan ya dok, boleh ga ya dok kalau diganti dengan spout produk mag mag? pinginnya ini jadi masa peralihan sampai adik bisa minum pakai sedotan.
    Mohon bantuan pencerahannya. Terima kasih🙂
    Oh iya pekan kemarin sudah daftar mau konsul dokter, kangen share ilmunya cm sedih tiba2 ditlp perawat kl dokter lg ada kegiatan lain, jadi sampai saat ini belum schedule lg untuk konsul.

  26. Selamat pagi dok, mau tanya, baby saya laki-laki usia 7 bulan tanggal 6 nanti, saat baru lahir saya kekeh kasih anak saya asi eksklusif dok, tp karna PD kiri saya putingnya rata dan PD kanan saya putingnya tenggelam anak saya jd susah menyusunya.. anak rewel, saran orang tua dan keluarga kasih sufor aja pake dot.. saya stres waktu itu, mungkin karna itu jg produksi asi saya jd sedikit,, sampe sekarang anak saya minum sufor, asi masih saya perah sampe sekarang karna saya bekerja, tp tiap kali perah paling banyak dapet 30 ml,, gpp lah tak kumpulin sehari dapetnya 1 botol.. anak saya juga termasuk banyak minumnya dok, karna setelah minum sufor dari dot dia msh suka usel2 nyari puting dan mau nenen, tp kl ga di dot dulu dan langsung tak kasih PD dia g mau…
    o iya sama mau tanya dok, orang2 bilang saya memang ditakdirkan punya asi sedikit, apa benar seperti itu dok?
    terimakasih

  27. Salam kenal dok .
    Dok saya mau tanya apakah asi berpengaruh saat puasa atau tidak ya dok,karena saya kan berpuasa dan kerja jd saya setiap hari perah asi tp kenapa anak saya selalu muntah setiap saya kasih asi perah.apakah karena dia lahiran premature ya dok. Dia lahir usia kandungan 30w2d skrg usianya masuk 4bln Dan sekarang asi saya juga keluarnya sedikit dok, bgmana cara memperbanyak asi nya lagi ya?

    • Hai Ibu,
      Sebetulnya kandungan ASI ibu puasa dengan tidak, selama nutrisi ibu puasa tercukupi tidak ada pengaruhnya ya. Saat asupan kurang , awal sih kuantitas (jumlah) yang berkurang bukan kualitas, lalu bila ibu mulai berstatus kurang gizi, kandungan lemak akan berkurang.
      BIla puasa dalam hakikatnya ibu tetap menjaga nutrisi cukup, sebetulnya hal pengurangan kandungan kualitas asi tidak akan terjadi.
      Ingat ya, untuk bayi <6bulan, seluruh asupannya dari ASI saja, jd jaga kecukupan nutrisi ibu yaitu, extra 600kalori/hari, atau sekitar extra nambah 1/3 porsi dibandingkan waktu dulu sebelum hamil..

      Jadi, untuk produksi ASI cukup untuk bayi, 1. Jaga asupan ibu, no2.. yang paling penting banget ni untuk produksi ASI, perlekatan menyusui harus benar ya, dalam artian, bayi tdk dikenalkan dengan dot dan empeng yang dapat merubah perlekatan menyusui bayi ke payudara yang akan berefek ke gangguan produksi ASI terutama pada ibu beraktivitas (bekerja atau sekolah) shingga menyebabkan bayi tidak dapat terus menerus menyusu langsung ke PD.

      Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s