Bingungputing – Cupfeeding

Ada alasannya tentu kenapa WHO dan pemerintah kita bikin peraturan dari 10LMKM dibutir 9 menyarankan ga kasi dot dan empeng pada bayi yg masi dapat ASI

alasannya ga lain dan bukan karena bisa bikin bayi ASI #bingungputing

bingungputing ini macam2 ya typenya. Walaupun yang dimasyarakat tau sayangnya hanya yg nursing strike aja / ga mau menyusu langsung sama sekali

Type bingungputing : 1) PD ibu ASI statis ga berkesudahan, uda di mik langsung, perah, massage, bolakbalik kambuh itu gerenjelan di PD, sampai tjd mastitis

Pada bingungputing 2) lama2 produksi ASI ibu turun, diketahui mulai dari bayi sls mik lgs walau sdh 2 PD spt masi lapar. Lalu ASI tdk panjang, krn sdh habis

Pada bingungputing 3) bayi menyusu lepas2 pdl sdh dikondisikan dgn baik (ibu intim dg bayi ga bb-an, nonton tv, bayi tdk sambil diajak main org lain spt ayah/eyang)

bingungputing 4) nursing strike. Bayi benar2 tdk mau menyusu lgs dr PD ibu.

Awal2 mungkin ga sepenuhnya bingungputing (terjadi pada type 1-3) ini karena bayi mulai dgn latchOn yg aga meleset, hingga benar2 sepenuhnya nursing strike (type 4)

Semua bingungputing ini sebabnya sama. Bayi lupa akan mekanisme latchOn yg benar, sehingga pengosongan PD pun tdk sepenuhnya.

Bila PD tdk bisa kosong benar dg kenyotan bayi bingungputing ada ASI yg tersisa, &tdk dpt dikosongkan dgn perah/pompa, t.u didaerah sulit spt dkt ketiak/PD bag bawah

Padahal prod ASI prinsipnya sesuai kebutuhan. Hr ini prod 100cc, bila dihabiskan hanya 80 (krn ada ASI sisa), bsk diprod 80, bgitu seterusnya, lama2 habis.

Berlaku sebaliknya, di prod 100, dihabiskan smua, bsknya bisa di prod 110, krn tubuh berfikir jgn2 ASI 100, krg unt bayi

Knapa tjd bingungputing ? ini karena mekanisme kenyotan yg berbeda total, antara menyusu dgn latchOn yg benar dan ngedot atau ngempeng

Saat latchOn yg benar, bayi memerah areola (daerah kehitaman PD) dgn lidah,

ASI didapat, baru dihisap sama bayi dan ditelan. Sehingga pipi bayi cembung saat menyusu.

Menyusu itu membutuhkan gerakan lidah, dan kordinasi semua otot mulut bayi.

Bedakan dgn ngedot, yg hanya membuat suatu keadaan vakum (hampa udara) agar susu keluar dan ditelan bayi. Makanya saat ngedot pipi bayi cekung.

Kalo ngempeng.. nah , bayi itu kepuasannya dgn ngenyot ya. Kalau kepuasan ini sudah terpenuhi dgn ngempeng, bikin bayi males ngenyot PD.

Kalau bayi mau ditinggal trus gimana biar ga bingungputing ?

Gampang kok, pakai sendok/cangkir, cupfeeder/softcupfeeder kecil buat kasi ASIP.

Ini disarankan cangkir kecil drpd sendok, karena mekanismenya mirip menyusu cupfeeding

Saat cupfeeding, unt mendapatkan ASIP, bayi harus menggunakan lidahnya (kaya kucing kalo minum air) lalu menelannya. Tdk dituang lgs ya

Jadi cupfeeding ini mekanisme yg paling mirip dg menyusu.

Check out this cup feeding video

Ingat ya, bayi kepuasannya adalah dengan mengenyot, jadi kalau selama ibu pergi kerja misalnya, bayi minum ASIP dg cup, pas ketemu ibu, akan mengenyot dgn lbh baik.

Sehingga ASI sisa yg tdk terperah/pompa selama ibu kerja bisa dihabiskan dgn kenyotan bayi yg uda seharian ga dpt kenyotan ini.

Produksi ASI terjaga, Ibu bebas ASI statis – mastitis, byebye bingungputing dan keberhasilan ASI makin panjang deh.

Sekian, semoga bermanfaat ya

22 thoughts on “Bingungputing – Cupfeeding

  1. Pingback: Mastitis | drmaharanibayu

  2. Dok, saat memberikan asip pake cupfeeding, apakah bisa dilakukan oleh ibu baby?
    Oia, brand cupfeeding yg beredar di pasaran apa ya? Bbrp kali nanya ke toko baby mreka ga pny (-_-“)

    • Sebaiknya bukan ibu yg kasi. Bila ada ibu, bayi menetek langsung ya. Jd yg kasi ASIP adalah pengasuh/ayah/eyang.. ibunya nyumput.. karena ini untuk psikologis bayi juga. Belajar yang benar dengan konselor laktasi atau ke klinik laktasi agar tidak tersedak. Merk cup feeder macam2, ada medela uk 30cc harga 20ribuan, ada ardo uk 50cc pake tutup harga 50ribuan kira2. Tapi ga usa dipusingin cari susah2, pake gelas sloki 2ribuan rupiah yang suka jadi suvenir kawinan juga bisa kok. Intinya pake cangkir kecil gitu.
      Hope this help ya

      • Dok. Maksudnya ibu nyumput aja.. Karena ini untuk psikologis bayi… Efek psikologisnya gmn dok? Thanks

      • Jadi, kita mau membuat suasanya, bila ada ibu, si kecil menyusu langsung PD, tapi kalau tidak ada ibu, si kecil minum menggunakan media cangkir. Kalau ada ibu, tp si kecil dikasi cangkir, nanti si kecil bingung, dan jd sulit diberikan asip dengan media cangkir.

      • Knapa mesti org lain yg kasih ASIP? Pengaruh psikologisnya itu gmn maksudnya dok.. Makasih

      • Jadi, kita mau membuat suasanya, bila ada ibu, si kecil menyusu langsung PD, tapi kalau tidak ada ibu, si kecil minum menggunakan media cangkir. Kalau ada ibu, tp si kecil dikasi cangkir, nanti si kecil bingung, dan jd sulit diberikan asip dengan media cangkir.

  3. dok, kalo bayiku pas nyusu posisinya udah bener kayak cicak, tapi nipleku datar, tiap nyusu selalu meleset2 gitu, cuma se isep-dua isep, udah deh di lepas, krn gak dapet asi, akhirnya nangis sampe mukanya merah dan suara habis,, ujung2nya aku kasih ASIP pake botol, krna nyoba pake sendok malah tersedak..

    • Coba keklinik laktasi yah untuk dibantu mendapatkan perlekatannya.. karena, menyusu adalah lidah perah areola, jd bentuk puting tdk pengaruh. Bila terus dibotolin, tkt bingungputing nantinya

  4. Pingback: Nipplepore | drmaharanibayu

  5. Pingback: Kok ASI ku ga keluar/produksinya DIKIT ya? | drmaharanibayu

  6. Pingback: Tanya : PD Kempes Ada Isinya ? | drmaharanibayu

  7. Pingback: Yes, I am a Breastfeeding Mother | drmaharanibayu

  8. need help😦

    anakku umurnya 2 bln, awalnya aku gak tahu klo dot bisa bikin bayi bingung puting makanya aku kasih dot. soalnya waktu itu ASIku belum keluar. setelah tahu aku langsung berhentiin pake dot da semingguan lah bayiku pake dot.
    kadang bayiku pinter mw minum dr PD langsung. tapi kadang suka susah. palagi beberapa hari ini suka marah klo minum langsung dari PD. pertama pinter minumnya< trus lepas langsung marah. sedih jadinya.gmn dong biar bayiku pinter minum ASInya trus bisa bener2 sembuh dari bingung puting?
    tolong dijawabh secepatnya ya dok. bingung banget saya:(

    • Hai ibu,
      Dibantu relaktasi yuk bu, temui KL/ ke klinik laktasi. Dibenerin latchOn nya, dan yang utama stop dot nya, dan jangan pernah dikasihkan lagi selamanya..
      Perbanyak skin to skin sama si kecil ya, agar dia kenal PD lagi, dan bila mau nyusu, serahkan PD langsung, intimkan suasana dengan lampu temaram, dan ajak ngobrol terus babynya.

      Dicoba ya bu, semoga bermanfaat

  9. Pingback: Bingungputing – Cupfeeding | nindeemindee

  10. Sedih bgt dok, aq pgn bgt ngajarin anakku mimi pake cup feeder tp gak boleh ya klo ibunya lngsung. Sedangkan mama aq yg ngurusin anakku selama aq kerja susah bgt dikasih tau bahayanya dot. :(( katanya cuo feeder itu susah bikin tumpah dan anak jd srg nangis2.. pertama dicobain mamaku udh nyerah aja.. alhasil jd adu argumen.. dikasih tau pelan2 dan aq suruh baca blognya bu dokter malah nolak..😦 miris tdk ada dukungan dr yg ngasuh..

    • Hai Ibu,
      Hmm.. sulit juga ya kalau tidak ada yang mendukung. Karena keberhasilan menyusui sndiri itu harus ada dukungan keluarga dekat yang utama, apakagi bila ibu bekerja. Bagaimana kalau nenek bayi dibawa ketemu konselor saja, jadi di edukASI bareng agar mau mendukung keberhasilan menyusui, toh manfaatnya untuk cucu nya juga.
      Atau, ibu ga usah kerja dulu mungkin? demi menyusui buah hati yang adalah investASI panjang karena untuk kesehatan ibu-bayi tidak hanya sekarang menurut study.
      Maaf bila sarannya kurang berkenan, namun semoga membantu

  11. dok, saya ingin tanya.
    bayi saya usia 2 bulan lebih (3 bulan nnti tgl 22 april 2014). sudah 2 hri ini tdk mau menyusu asi saya. tpi anehnya jika dia dalam keadaan ngantuk dia mau menyusu, misal saat dia tidur saya susui atau mnjelang tidur pas sdh setengah sadar dia mau mnyusu. tpi jika dlm keadaan bangun ( sadar penuh) dia menolak smpai menangis kencang.pdhl saya tahu klo dia sbnrnya lapar.
    ketika asi ny saya perah dan dimasukan dg dot oleh eyangnya dia mau minum dg sgt lahap. memang 2mnggu yg lalu sempat saya tinggal keluar rumah sekitar 2 jam, selama seminggu lebih. jdi tiap hari selama saya tinggal itu oleh eyang ny diberikan ASIP dg dot.tpi setelah saya pulang dia masi mau menyusu lgi.
    tidak maunya mnyusu ini trjadi justru stlh bbrpa hari dia tdk mimik dg dot. dan paling parah saat setelah imunisasi DPT1 dan polio2.
    apakah dia mengalami bingung puting?atau ada pengaruh dri imunisasinya? (skrg bekas suntikannya jika dipegang dia sdh tdk nangis).
    lalu bagaimana solusinya?sbnrnya dia masi mau menyusu tpi hnya saat mengantuk saja.

    • Hai Ibu,
      Bayi ibu mengalami bingungputing ya terutama dengan adanya riwayat dot dan bukan karena imunisasinya. Karena dengan adanya riwayat baby ngedot yang berbeda mekanisme dalam pengambilan susu, maka perlekatan bayi akan berubah. Dimana akan menyebabkan terganggunya produksi ASI, bayi menyusu lepas-lepas dan ogah2an, hingga tidak mau menyusu sama sekali.
      Ibu boleh temui konselor untuk dibantu relaktasi ya bu, langkahnya dapat dibaca disini
      https://drmaharanibayu.wordpress.com/2012/12/22/relaktasi/

      Semoga membantu ya bu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s