Tanya: Baby lebih suka menyusu di PD kiri, Kenapa & Harus Bagaimana?

Malam dok,saya mau tanya,baby 2m,knapa ya dok dya rewel klo nyusu di PD kanan,baby sedari awal lebih suka menyusu di PD kiri, sehingga membuat ASI di PD kanan saya apa karna dikit ya. Kenapa ya dok?  Tp dari PD kanan  klo sm pencet keluar qo susunya, hanya dya lebih tenang di PD kiri. Gmana caranya ya dok byar kanan kiri sama deresnya? Sy udh coba susuin di kanan tp suka rewel jd nangis,,tks

Jawab:

Hai Ibu,
Masalah PD kiri-kanan bila sedari awal sudah disusui secara bergantian merata sih ya  produksi tidak akan berbeda. Namun bila dikatakan bayi tetap lebih suka menyusu di PD kiri,memang seperti itu untuk sebagian besar baby. Karena, selama ini denyut jantung ibu adalah suara baby paling merdu. Nah bila baby nyusu di kiri, lbh nempel dengan dada kiri ibu dimana ada jantung (letak jantung di kiri kecuali pada case manusia dextrocardia atau jantungnya dikanan-jarang sekali).. sehingga bayi akan mendengarkan denyut jantung yang merdu itu, bayi lebih anteng, dan nyaman. Begitu juga dengan posisi kebiasaan, karena bayi lbh mudah nyaman di kiri, ibu cenderung menjadi lebih pe de untuk menyusui di kiri.
Kalau sudah terlanjur bgini bagaimana? caranya sih tetap susui bergantian kiri – kanan secara merata. Setiap 1 periode menyusu, 1PD saja, agar bayi mendapat foremilk dan hindmilk.. 1jam – 1,5jam lagi bayi minta nyusu atau ganti periode, baru ganti PD 1nya. Begitu terus.
Untuk saat ini, yg bisa disarankan adalah, bagaimana bila baby menyusu dikanan terus saja, PD kirinya diperah-pompa saja, agar baby terbiasa dahulu menyusu dengan PD kanan. Seiring waktu, PD kanan akan produksi sama banyak dgn PD kiri, baru kembali bergantian menyusu PD kanan-kiri.

Ini yang bisa saya informasikan .. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s