Cupfeeding

Jadi, 8 dari 10 bayi ngeDOT/kempeng akan bingungputing. Nah lo, kalo ibu kerja jadi kasi ASIPnya gimana?.. yg disaranin sih pakai cangkir kecil, atau ngetrend dgn nama cupfeeding (pemberian asupan/makanan dengan cawan).

Nanti keselek, anaknya rewel jadi susah, ASIPnya tumpah-tumpah … Ini keluhan atau kekawatiran yang sering kutemukan atau kendala bila aku saranin teman2 melakukan cupfeeding. Kenapa ga pakai sendok aja ?

Yah, jangan mikir susahnya duluuuu… karena semua ada caranya biar cupfeeding berhasil. Pakai sendok gapapa sih, tapi akan ketemu kendala juga dikemudian hari seiring dengan bayi bertambah besar.

Knapa cupfeeding ??..

Jadi gini, inget kan mekanisme menyusui : menyusui itu lidah bayi perah-perah areola.. baru setelah ASInya ada barulah ASI dihisap dan ditelan.

Jadi mekanisme awalnya lidah bayi perah-perah areola itu mirip sama kaya liat kucing minum.. lidahnya gerak2 julurin dengan sedikit dilengkungkan untuk mendapatkan air.

Cara cupfeeding pun mirip, kita akan biarkan bayi julur-julurin lidahnya.

Jadi, bayi posisi setengah duduk, lalu letakkan, pinggir cupfeeder diatas bibir bawah bayi, dibawah lidah.. inget yaaa dibawah lidah.. jadi ASI akan mengalir sedikit2 melalui pinggir lidah ke tenggorokan bayi. Sehingga mencegah bayi tersedak.

cupfeeding3

Setelah meletakkan bibir cangkir dibawah lidah, lalu tunggu sampai bayi menjulurkan lidahnya.. percis spt kucing tadi, baru ASIp disejajarkan dengan lidah.. jadi seperti dituang perlahan.

cupfeeding4

Bila saat bayi menjulurkan lidah, ASIPnya ga ada, bisa marah lho bayinya..

Inilah kejadian repotnya kalo pake sendok..tangan masi ambil ASIP, bayinya uda ga sabar deh..

Dengan cupfeeding kejadian ambil ASIP lagi kalo pake cangkir 30cc, kebutuhan bayi 60cc cm 1x jeda ambil ASIP

Beda sekali dengan spoonfeeding yang harus berulang kali ambil ASIP dr gelas. Dan mekanisme jilat-jilat/julur lidah tdk begitu ada

Bila bayi menarik lidahnya, cangkirpun diturunkan. Disini benar-benar perhatikan, kaptennya bayi ya. Bila saat lidah ditarik oleh bayi, dan kita masi mensejajarkan/menuang sedikit ASIP, ASIP akan tumpah kemana-mana.

Begitu seterusnya..

Oh iya, saran sih berikan susu saat bayi belum lapar benar. Karena bila sudah lapar benar, sudah mengamuk dan menangis, akan jauh lebih sulit memberikan cupfeeding ini. Jadi, misalkan bayi biasanya menyusu setiap 2-2,5jam sekali. Nah, bayi sebaiknya sudah diberikan ASIP setiap 1-1,5jam.

Kalau sudah terlanjur ngamuk gimana?..

Bisa lakukan finger feeding sesaat. Ingat harus jari bersih ya..jd biasakan mencuci tangan bersih sebelum memberikan cupfeeding pada bayi.

jd biasakan mencuci tangan bersih sebelum memberikan asupan pada bayi baik dengan cupfeeding, spoonfeeding, apalagi mau fingerfeeding

Celupkan jari kelingking kira-kira 1 ruas jari, lalu biarkan bayi mengenyotnyotnyot sesaat, sesudah tenang.. cobakan cupfeeding lagi.

Ngamuk lagi, begitu terus sampai tenang sambil terus diberi tau bahwa Ibu bayi sedang pergi, ade’ minum pakai cangkir yaaa.. nanti ibu pulang, ade’ nen ibu lagi…seperti itu.. itu sedikit tehnik pada hypnobreastfeeding.

Butuh penyesuaian ? pasti… tetapi bayi yang tidak pernah kenal DOT/kempeng akan jauh lebih mudah karena bayi hanya mengenal “mekanisme julur lidah dulu baru dapat ASI” dibanding bayi ngeDOT yg juga kenal “mekanisme bikin mulut vakum saja baru dapat ASI” ..

Penyesuaian 2-3 hari ya..tergantung tiap individu, kekonsistenan dan kesabaran keluarga bayi.

Sebetulnya pada bayi sejak usia 3hari saja sudah bisa pake cupfeeding ini misal pada wellbaby yg karena kuning or else, dan tidak bisa menyusu langsung pada ibu.

Dan disarankan pada Ibu bekerja yang  kurang sebulan lagi mau masuk, yuk coba latih dan biasakan bayi minum dengan cupfeeding ini.

1 catatan yg harus diingat, yg melakukan cupfeeding bukan ibu bayi ya.. boleh ayah, eyang, pengasuh dll. Dan ibu bayi ngumpet aja deh jauh-jauh

Karena yang kita tanamkan kepada bayi adalah : bila ibu ada, de’bayi nen langsung sm ibu, bila ibu tidak ada, de’bayi minum dengan cangkir ya..

Ini videonya :

Sekian, bila terus menemui kesulitan, ketemu KL/ke klinik laktasi ya..semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Cupfeeding

  1. Dok, baby ku 7m2w, selama ini blum pernah pake cupfeeding, paling pake sendok aja ato nen langsung. Nah kan skrng udah MPASI, spertinya kurang air putih karna pup nya agak padat. Pake dot boleh ga? Klo mo bli cupfeeding dimana ya? Tq

    • Hai Ibu..
      Wah, uda bagus ga ngeDOT .. sbaiknya sih jangan di DOT in .. krn 8 dari 10 bayi ngeDOT bingungputing..sayang sekali nanti malah masalah sama nenennya. DIcobakan saja dengan gelas sprouten (gimana ya nulisnya?..) yg ada corongnya itu lho.. pelan2 trus agar bisa beralih ke gelas berpegangan. Uda MPASI sih skalian dibelajarin gelas maksudnya..
      Beli dimana ya? ..hmm.. di olshop2 baby gitu sih suka banyak..murah 20ribuan – 50ribuan gt, tergantung merk..

      Semoga bermanfaat

  2. Pingback: Yes, I am a Breastfeeding Mother | drmaharanibayu

  3. Pingback: Dinas Luar Kota | drmaharanibayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s