Tanya: BB bayi nambahnya minim

Pagi dokter,

Mau tanya anak sy S usia 1m3d.
BB lahir : 3290
1 bulan : 3800
Brrti kira2 naek 500 gram dlm 1 bulan. Apakah ini cukup dok?

Sy memang sampe skrg masih sk merasa kesakitan jika nen’ langsung. Atau kadang bayinya 10 menit sudah tidur. Makanya sy pompa trs kasih ke bayi kurang lebih 300 ml tiap hari.

Jika habis menyusui, puting sy berbentuk spt lipstik (runcing), apakah itu artinya pelekatannya salah ya dok?  Sharusnya ttp bulet kan ya? Brrti dia hanya ngempeng?

Tp kenapa BB nya nambahnya dikit2 bgt ya dok? Apakah ada masalah di penyerapannya?. Atau asi yg masuk kurang? Pdhl pup n pipisnya sih alhmd bagus.

Mohon infonya ya dokter..

Jawab:

Hai Mama S…
Hmm, actually sih tanda kecukupan anak ASI itu usia 6hari n so on minimal BAK 6x/hari atau kenaikan BB 500-600gr/bulan. Tetapi bila masih ada keluhan dan terutama bentuk puting yg runcing sehabis menyusu adalah tanda perlekatan yang kurang baik.

Dimana, perlekatan kurang baik, dapat mengganggu asupan ke bayi juga kurang, dan bila terus-menerus dapat menyebabkan gangguan produksi ASI..

Saran bagaimana bila ibu main-main ke klinik laktasi/temui konselor.. untuk dibantu perlekatannya dan dicari permasalahan selanjutnya untuk dicoba diselesaikan, agar tidak berkepanjangan kedepannya.

Semoga bermanfaat

8 thoughts on “Tanya: BB bayi nambahnya minim

  1. Dok,baby Ά̲̣̥к̲̣̣̥υ̲̣̥ tongue tie n udh insisi 1bln yang lalu..usia baby skr 4bln kurang 1 minggu..trakhir timbang tgl 19 feb bbnya br 4kg,panjang 55cm ..bbl 2,8kg panjang 45cm..msh kurang yah dok 😦 dsa Ά̲̣̥к̲̣̣̥υ̲̣̥ msh ksh support agar Ά̲̣̥к̲̣̣̥υ̲̣̥ tetep ksh asix n ϑï observasi ampe tgl 19 maret pas imunisasi kenaikannya brp..klo msh dikit aJa apakah hrs tmbh sufor mengingat asi Ά̲̣̥к̲̣̣̥υ̲̣̥ jg dikit..tiap pumping < 50ml terus..mohon solusinya -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶

    • Hai Ibu,
      Bayinya diinsisi sudah usia >2minggu ya berarti, dimana dikuatirkan sudah terjadi gangguan pada galaktogenesis (pembentukan ASI) tahap ke3 yaitu sejak bayi usia 72jam – usia 14hari. Kalau boleh saran sedikit, untuk bantu knaikan BB bayi ibu, dapat dibantu dengan suplementasi (isi ASIP, bila ada ASIP sndiri, tidak ada ASIP donor, bila tdk ada juga ya dengan susuformula) .. sambil ibu mengkonsumsi domperidon.
      Suplementasi dan domperidon akan turun bertahap sampai PD ibu memproduksi cukup ASI untuk kebutuhan bayi dilihat dari knaikan BB bayi dan penurunan suplementasi yang ada.
      Baiknya ibu kembali diskusi dgn DSA ibu atau dengan dokter laktasi yang ada.
      Sekian yg dapat saya informasikan, semoga bermanfaat.

      • dok,babyku 1m3d bb 4,1 bbl 3,78,waktu usia 6d ditimbang bb 3,6 kenaikannya trlalu sdkt ya dok? BAK lbh dr 6 kali perhari dok,apa asinya udh ckp?asi 2 ja, skali dok,kdg2 mlh tiap jam, ada yg blg kalo baby lhrnya bsr nmbh bbnya cum sdkt, bnr g dok? Mksh sblmya dok..

      • Hai Ibu,
        naik 300gr ya dalam sebulan hitungannya. Bagaimana latchOn nya?? oke tak .. apakah sudah coba hub KL untuk evaluasi menyusuinya?.. kalau sudah ok, ditunggu saja..karena masih mungkin sedang proses belajar-dan penyesuaiannya ya. Tidak usah berkecil hati, selama BAK min 6x/24jam jernih ya, bayi tidak dehidrasi.

        Semoga bermanfaat

  2. dok, bayi saya cow bbl 3,4kg. Skrg da 5,5 bln bb 6,6kg tb 65cm. apakah bayi saya termasuk kurus? Padahal 2 bulan pertama bisa naik 1kg/bulan. Setelah tu cuma naik 2-4 ons per bulan. Apakah perlu diberi vitamin dok?

    • Hai ibu,
      BAK nya ada minimal 6x/24jam jernih tdk? untuk mengecek tanda kecukupan cairan. Bila ada, cukup kok ASI ibu dan BB bayi. Karena menurut kategori ambang status gizi anak kemenkes, juga masih masuk gizi cukup.

      Semoga bermanfaat

  3. dok putri kecilku umurnya 2m25d klu bobok cepat sekali bangunnya klu mau bobok jga masih rewel, apakah itu wajar dok?
    apakah dia masih lapar dok, soalnya bentar2 minta asi?

    • Hai Ibu,
      Latchonnya gimana? pertumbuhan BB oke ? (patokan growthchart). BAK ada 6x/24jam minimal jernih ? . Ada riwayat Dot/kempeng yang menyebabkan resiko bingungputing sehingga mempengaruhi produksi ga?
      Kalau jawaban oke semua harusnya sih ga ada masalah ya, bila masih ragu..temui KL/ke klinik laktasi yuk.. untuk dibantu permasalahannya yang dikira meragukan.

      Semoga membantu

Leave a comment