Anfis Menyusui

Semua ibu hamil bisa menyusui, karena ASI sudah diproduksi bersamaan dg kehamilan
ga ada pengaruh sm bentuk PD dan putting yg bermacam-macam yaa. Mau PD besar kecil PD,  hanya dibedakan oleh jaringan lemaknya, untuk jumlah kelenjar setiap wanita kurang lebih tidak jauh berbeda.
Siklus laktasi lactogenesis (pembentukan ASI) 1 dimulai saat hamil, disini kelenjar PD mulai bertambah dan membesar. Dimulai sejak hamil 20minggu otomatis tanpa kita sadari karena sejalan dengan hormonnya. Pas hamil 7bulan suka ada bercak di baju, gpp ya itu ASI yang keluar. Tapi ASI ga banyak keluar karna ditahan hormon yg ada di plasenta/ari2 bayi

Siklus 2 lactogenesis, saat awal persalinan sampai bayi usia 72jam. Begitu bayi lahir, hormonnya ngedrop langsung, sehingga ASI bs kluar. Kl blm kluar gpp, sebabnya krn ms ada sisa hormon di dalam peredaran darah, dan hilang pas bayi usia 72jam.

Bayi cukup bulan (minimal 38 minggu) sdh dibekali dgn lemak coklat , shg selama 72 jam puasa, gpp ya atau 3 hari pertama kehidupannya. Nah, karena lemak coklat ini dipakai, bila bayi awal2 BB nya turun 7-10% dari BB lahir, ini masi normal.

Usia 14hari BB bayi dengan asupan yang cukup akan kembali, minimal spt berat lahir.
Banyak juga yang keluar ASI, tetapi baru setetes-setetes. Ini sbtulnya sudah cukup untuk bayi. Karena vol lambung bayi asia 1-3hr hanya <5cc,sampai usia 1minggu volume 7-10cc.& sampai usia 10 hr sebesar bola pingpong.

Bola Lambung Bayi 2Selama 72jam ini, untuk memacu produksi dan pengeluaran ASI, adalah  dengan menyusui bayi 2-3jam sekali, slama 15menit-stg jam dengan perlekatanmenyusu yang benar ya tentunya.

Siklus 3 laktasi lactogenesis adalah, sejak bayi usia 72 jam lanjut  sampai bayi usia 14 hari, sehingga bila ada masalah dalam proses menyusui, usahakan diselesaikan sebelum bayi usia 14 hari agar produksi ASI tidak keburu ngedrop. Karena Produksi ASI lactogenesis selanjutnya sangat berpengaruh dengan hisapan bayi untuk mengosongkan PD
Yang musti diingat adalah , menyusu juga memerlukan proses belajar pada bayi seperti merangkak dan berjalan.
Kalau dalam periode belajar ini “diselak” atau “diinterupsi” oleh DOT, bayi lebih sulit menyusu langsung ke PD. noDOT. Bila gagal menyusu langsung dari awal, selain akan mempengaruhi produksi ASI, Bayi juga menjadi bingungputing. Hai ini membuat keberhasilan menyusui lebih sulit.

Sekian, semoga bermanfaat.

8 thoughts on “Anfis Menyusui

  1. Pingback: Mitos Seputar Menyusui | drmaharanibayu

  2. Pingback: BAB – pup/stool pada Bayi ASI | drmaharanibayu

  3. Pingback: ASI | drmaharanibayu

  4. Pingback: Baru Lahiran, ASI belum keluar, musti gimana ? | drmaharanibayu

  5. Pingback: Kok ASI ku ga keluar/produksinya DIKIT ya? | drmaharanibayu

  6. Pingback: No Ngempeng No Gigit PD | drmaharanibayu

  7. Pingback: Yes, I am a Breastfeeding Mother | drmaharanibayu

  8. Pingback: Fakta Ukuran Lambung Bayi | Sekolah Emak-Emak Peradaban

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s