Baru Lahiran, ASI belum keluar, musti gimana ?

Ini pertanyaan dan kekawatiran yang banyak terjadi sama Ibu baru terutama. Di tulisan saya sebelumnya tentang anfismenyusui , sudah saya coba terangkan.

Sekarang, yang penting ibu tenang, ga usah panik, ga usah bingung. Karena, kalo ibu ga tenang, ga happy dapat menghambat pengeluaran ASI juga.

Kalo ibu udah kuat urus baby, dan baby bugar/sehat, minta baby secepatnya rooming in. Usahakan setelah selesai IMD 1 jam-an, trus kan dibersihkan babynya, dikasi baju, dikasi salep mata (untuk yang lahir pervaginam), dikasi vit.K, diukur suhu dll sama nakesnya, <6jam sudah rooming in sama baby yaaaa.. rooming in.

Terusss banyak skin to skin..sekali lagi, skin to skin, bukan skin to bedong, bukan skin to baju, buka skin to gurita. Dan coba susui baby dengan latchOn yang benar, bantu pake positioning yang oke ya.

Lakukan percobaan menyusu ini 8-12x/hari atau gampangnya tiap 2jam sekali, dan setiap periode nyobain menyusu ini kurang lebih 15-30menit yaaa…

Padahal ga ada ASI nya terus disusuin kaya gini ?… IYA, ulangin yaa IIIIYYYAAA

Jadi jangan didiemin aja babynya di box (box ing in) walau uda rooming in/rawat gabung. Percumaaahhhh…

Ini ilmu faal tubuhnya :

Jadi dengan kenyotan bayilah, yang memicu tubuh ibu untuk memproduksi ASI dan mengeluarkan ASI.

Pada tahapan ini disebut laktogenesis II, dimana tahap laktogenesis I adalah sejak kehamilan usia 20minggu.

Pada keadaan stress bayi karena persalinan sulit, persalinan dengan tindakan seperti section, dengan vacuum, forceps, atau persalinan lama, laktogenesis tahap II ini bisa terjadi late/delayed atau >72jam.

Pada persalinan dengan cesar, beberapa bayi juga cenderung sebagai “bayi tidur”..males ngenyot .. trus gimana?

Gapapa, baby tidurin aja tempelan sama ibu. Kembali system skin to skin dilakukan. Ibu cesar, 12jam pertama telentang, yaudah, baby boleh di tidurin di atas dada ibu seperti posisi IMD. Kalo ingin istirahat, boleh baby disamping ibu, dan dibantu jaga keluarga.

Setelah 12 jam ibu  sudah boleh miring-miring, coba saat menyusui, posisi baring dengan dibantu nakes untuk positioning dan latchOn dan keluarga bantu untuk menjaganya. Yak, setelah 24 jam, ibu boleh duduk dan berdiri. Proses skin to skin dan belajar menyusu terus dilakukan.

Lakukan dan tunggu deh biasanya setelah 72jam pasca salin, ASI sampai bancur-bancur. Heuheuheu.. believe me .. bahkan PD bisa sampai  bengkak-bengkak lhoooo …nah loo, bingung lagi deh gimana..Gak koookk.. kalo disusuin terus ke baby, bengkak juga ga akan bengkak yg gimana bangeettt…Baby nya pun akan terhindar demam karena dehidrasi, dan bilirubin cepat dibuang lewat BAB baby karena dilarutkan sama colostrum yg tertelan baby.

Yess Yess, uda bisa terjawab belum ? semoga udah yaaa.. Good Luck.

ASI is about pola pikir dan manajemen laktasi yang baik, setuju yaaaa

8 thoughts on “Baru Lahiran, ASI belum keluar, musti gimana ?

    • Hai Ibu Lely,
      Pada persalinan spontan maupun cesar, bayi mateng (usia kehamilan 37mingguan) sudah dibekali dengan lemak coklat untuk metabolisme hidup 72jam pertama. Jadi bukan ditentukan dengan jenis persalinan ya, tapi pada usia kehamilan.

  1. Pingback: Kok ASI ku ga keluar/produksinya DIKIT ya? | drmaharanibayu

  2. Pingback: No Ngempeng No Gigit PD | drmaharanibayu

  3. Ah, seandainya sebelum melahirkan kmrn saya sudah baca blog dokter, mungkin gak perlu pakai susu tambahan, krn saya sampai 5 hari setelah SC baru keluar ASI nya..
    Tp yang penting sekarang sudah full ASI.. Yeay!
    Dok, kl stay at home mom, tidak perah ASI, hanya menyusui gimana?

    • Hai Ibu,
      Its okay.. forget the past.. yang penting kedepannya yah. Well, kalau tidak ada kepentingan harus stok2 ASI, atau mau memberikan ASIp/mau jadi ibu donor sih amaaannn.. bebas2 aja mau perah atau tidak.
      Intinya selama nenen langsung, Baby tidak kenal dot maupun kempeng, ASI pasti cukup kok yah.

  4. hadu dokter, tempat saya melahirkan dulu, ga diajari cara menyusui. malah divonis asi saya kurang. semoga banyak nakes yang pro asi dan lebih cerdas. aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s